Breaking News

Pilihan dan Cara Membuat Sendiri Makanan Kucing Kampung yang Mudah

Bagi para pemilik kucing, khususnya kucing kampung makanan menjadi hal yang harus Anda perhatikan. Pasalnya makanan akan sangat mempengaruhi kesehatan kucing itu sendiri. Maka dari itu, Anda tidak bisa memberikan makanan kucing kampung dengan asal-asalan. Berikut ini kami berikan beberapa pilihan dan cara membuat makanan yang aman dan sehat bagi kucing kesayangan. Yuk, simak sampai akhir!

Pilihan Makanan Kucing Kampung yang Murah dan Sehat

makanan kucing kampung
(sumber gambar: independent.ie)

Pada dasarnya, makanan kucing harus mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan. Mulai dari protein, asam amino, asam lemak, mineral, vitamin, dan juga air. Beberapa pilihan pakan yang bisa Anda berikan adalah:

1. Telur Ayam

Jenis pakan pertama yang murah dan aman untuk kucing kampung adalah telur ayam. Selain sehat dan bernutrisi bagi manusia, telur juga sangat baik untuk kesehatan ayam. Anda bisa memberikannya sebagai opsi makanan yang sehat dan kaya akan kandungan protein.

Adanya protein yang tinggi di dalam telur ayam membuat bulu kucing menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Karena pada dasarnya, semakin terpenuhi protein dalam tubuh kucing maka akan semakin sehat pula bulu-bulunya. Meski begitu, pastikan bahwa Anda memberikan telur yang sudah matang ya. Karena telur mentah akan mengandung bakteri Salmonella yang bisa mengganggu kesehatan pencernaan kucing.

2. Nasi

Anda mungkin sudah sering melihat pemilik kucing kampung memberikan nasi bagi anabulnya. Namun sebenarnya, apakah nasi boleh untuk kucing? Maka jawabannya adalah boleh namun tidak berlebihan. Jika memang Anda ingin memberikan nasi, maka harus Anda selingi dengan makanan kucing lain yang memiliki kandungan protein tinggi agar nutrisi bagi kucing tetap seimbang.

Pasalnya, nasi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Sementara kucing membutuhkan nutrisi yang lebih dari sekedar karbohidrat saja. Untuk itu usahakan untuk memberikan makanan kucing lainnya dengan seimbang. Bila perlu batasi pemberian nasi untuk kucing kampung Anda.

3. Makanan Kucing Siap Pakai (Kemasan)

Jenis makanan kucing kampung yang paling ideal adalah makanan kemasan yang praktis. Pasalnya, makanan kucing ini sudah melalui proses pembuatan yang matang dan juga melalui pertimbangan ahli gizi. Kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan kemasan jauh lebih seimbang dan cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anabul dengan baik dan maksimal.

Anda bisa memberikan dry food (makanan kecing) maupun wet food (makanan basah). Jika memang memiliki budget terbatas, Anda bisa memilih merk yang murah saja karena nutrisinya juga sudah cukup untuk kucing. Tinggal tambahkan alternatif makanan lain supaya nutrisinya tidak kalah seimbang dengan makanan kemasan yang mahal.

4. Ikan dan Daging

Mengingat kucing adalah hewan karnivora, maka makanan berupa daging dan ikan jelas menjadi menu andalan bagi mereka. Anda bisa memberikan daging seperti ayam, sapi, maupun olahan daging lainnya. Protein yang ada di dalam daging bisa membantu memperkuat indera pengelihatan, fungsi jantung, dan sistem reproduksi kucing.

Meski begitu, pastikan Anda memberikan daging yang sudah matang ya. Tujuannya agar kucing terhindar dari bakteri yang bisa mengganggu pencernaannya. Hal ini berlaku pula pada ikan. Anda bisa memberikan beberapa ikan yang harganya terjangkau, seperti ikan pindang.

Anda bisa mengukus ikan terlebih dahulu baru diberikan untuk kucing. Omega 3 yang ada di dalam ikan akan membantu kucing menjadi lebih sehat dan kekebalan tubuhnya lebih terjaga. Jadi, pastikan Anda memberikan asupan ikan maupun daging bagi kucing ya. Tidak harus setiap hari, namun minimal dalam 1 minggu ada asupan daging yang Anda berikan.

5. Minuman dan Pantangan Makanan

Lalu bagaimana dengan minuman? Sama seperti makhluk hidup lainnya, kucing juga membutuhkan asupan air minum yang cukup. Anda bisa memberikan air bersih pada kucing agar tidak dehidrasi dan kadar airnya selalu terpenuhi. Namun pastikan bahwa air yang Anda berikan sudah matang dan rajin Anda ganti supaya tetap terjaga kualitasnya.

Selain air putih biasa, Anda juga bisa memberikan kucing susu khusus hewan yang bisa Anda beli di toko hewan peliharaan atau petshop. Jangan asal memberikan susu sapi untuk kucing karena kandungan laktosa yang ada di dalamnya tidak bisa kucing cerna dan bisa menyebabkan kucing muntah, diare, bahkan berat badannya justru menurun.

Anda juga harus tahu bahwa kucing juga memiliki makanan pantangannya tersendiri. Beberapa makanan ini berbahaya dan berpotensi mengganggu kesehatan kucing kampung. Makanan tersebut adalah coklat, anggur, kismis, bawang, roti, alkohol, hingga pemanis buatan. 

Baca Juga: Jenis dan Tips Memilih Kandang Kucing Terbaik untuk Pemula

Cara Membuat Makanan untuk Kucing Kampung Sendiri

makanan kucing kampung
(sumber gambar: tenlives.com.au)

Berikut ini adalah beberapa resep makanan yang bisa Anda buat sendiri untuk kucing kesayangan:

1. Olahan Puding untuk Kucing

Tidak hanya untuk manusia, Anda juga bisa menambahkan agar-agar atau puding sebagai makanan untuk kucing. Di dalamnya harus Anda tambahkan daging ayam, ikan, maupun labu supaya kandungan nutrisinya lengkap. Beberapa bahan yang harus Anda siapkan adalah:

  • 1 kilogram ikan laut atau daging ayam yang segar
  • 200 gram labu kuning
  • 1 bungkus agar-agar plain (tanpa rasa)
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus labu kuning dan daging ikan atau ayam dengan air kurang lebih 10 menit. Jika sudah tiriskan dan tunggu sampai keduanya dingin
  2. Setelah dingin pisahkan daging ikan dengan kepala dan juga bagian durinya. Jika menggunakan ayam, pisahkan daging ayam dengan tulangnya. Hancurkan daging sampai menjadi bagian kecil dan labu menjadi lembut
  3. Masukkan daging dan labu yang sudah Anda haluskan ke dalam panci dan tambahkan bubuk agar-agar tanpa rasa serta tuang air secukupnya
  4. Setelah mendidih, masukkan ke dalam wadah dan tunggu sampai mengeras
  5. Jika sudah mengeras potong menjadi beberapa bagian dan berikan ke kucing. Anda bisa menyimpan sisanya di dalam kulkas (freezer) dan bisa bertahan 3-4 hari

2. Olahan Tempe & Tahu

Selain agar-agar Anda juga bisa memberi kucing olahan makanan dari tempe dan tahu. Kedua bahan ini mengandung banyak protein yang baik untuk kucing. Beberapa bahan yang harus Anda siapkan adalah:

  • 100 gram tahu atau tempe
  • 100 gram ikan tanpa duri dan tulang
  • 1 butir telur ayam (hanya bagian kuningnya saja)
  • Minyak ikan secukupnya

Cara membuat:

  1. Silahkan rebus tempe atau tahu dengan ikan sampai teksturnya lunak dan bisa Anda haluskan
  2. Setelah matang silahkan tiriskan dan tunggu hingga dingin terlebih dahulu
  3. Hancurkan kedua bahan sampai lembut dan campur sampai benar-benar rata
  4. Tambahkan kuning telur ayam dan minayk ikan secukupnya supaya muncul bau dan citarasa amis
  5. Jika sudah, silahkan berikan ke kucing dalam porsi secukupnya. Sayangnya olahan ini tidak bisa Anda simpan dalam waktu yang lama sehingga harus segera Anda berikan ke kucing sampai habis. Jadi pastikan membuatnya dengan takaran yang pas dan tidak terlalu banyak ya.

3. Olahan Hati Ayam

Makanan kucing kampung lain yang bisa Anda olah sendiri di rumah dengan mudah adalah hati ayam. Apalagi bahan ini juga memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kucing. Bahan yang harus Anda siapkan adalah:

  • 1/4 kilogram jantung ayam
  • 1/2 kilogram hati ayam tanpa ampela
  • 1 bungkus agar-agar plain (tanpa rasa)
  • Air secukupnya

Cara membuat: 

  1. Cuci hingga benar-benar bersih jantung dan hati ayam, kemudian kukus kedua bahan sampai matang
  2. Jika sudah tiriskan dan tunggu sampai dingin lalu potong-potong menjadi bagian kecil
  3. Siapkan panci dan masukkan 3 gelas air bersih dan rebus sampai mendidih
  4. Masukkan serbuk agar-agar tanpa rasa ke dalam panci dan masukkan hati dan jantung ayam yang sudah Anda potong kecil-kecil sebelumnya. Aduk sampai rata dan tunggu sampai mendidih
  5. Jika sudah mendidih, masukkan semua bahan ke dalam 1 wadah pendinginan
  6. Tunggu sampai agar-agar mengeras dan dingin
  7. Setelah dingin berikan pada kucing dan sisa olahannya bisa Anda masukkan ke dalam wadah tertutup dan bisa tahan 3 sampai 4 hari di dalam kulkas

Nah itulah beberapa pilihan dan cara membuat sendiri makanan kucing kampung yang mudah. Pada dasarnya, makanan kucing tidak bisa Anda remehkan dan berujung memberi kucing makanan sembarangan. Pasalnya, makanan akan sangat menentukan kesehatannya. Tidak perlu yang mahal, karena Anda juga bisa mengolah sendiri makanan tersebut dengan murah dan mudah. Jadi pastikan Anda memberikan makanan terbaik untuk anabul kesayangan Anda di rumah ya sobat agribisnis!

Check Also

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

Hasilbumi.net – La mayoría de los artrópodos tienen antenas, que son órganos sensoriales móviles ubicados …

Leave a Reply

Your email address will not be published.