Breaking News

5 Makanan Tupai dan Cara Memberikannya yang Baik dan Benar

Meski lebih familiar sebagai hewan liar dan tinggal di pepohonan, namun tidak sedikit orang yang memelihara tupai. Alasan orang menyukai hewan ini adalah ukurannya yang kecil dan bentuknya yang lucu. Namun sudah tahukah Anda apa saja makanan tupai? Sebab, selama ini banyak orang yang masih bingung makanan favorit dari tupai. Jika belum, inilah daftar makanan yang bisa Anda paling tupai sukai sekaligus cara memberikannya. Yuk, simak sampai akhir! 

Daftar Makanan Tupai yang Paling Favorit 

makanan tupai
(sumber gambar: woodlandtrust.org)

Ketika Anda memutuskan untuk memelihara tupai, maka tidak perlu khawatir untuk memberikan makanan khusus. Pasalnya, tupai termasuk jenis hewan yang mudah untuk makan apa saja. Bahan makanan tersebut juga tergolong mudah Anda temui dan dapatkan. Akan tetapi, pahami jika tupai sangat mudah bosan apabila tidak ada variasi pada makanannya. 

Alih-alih memakan, jika ia bosan maka ia bisa mencari makanan baru selain yang sudah Anda berikan. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Untuk itu, inilah beberapa pilihan dan variasi makanan yang bisa Anda berikan untuk tupai kesayangan: 

1. Sayuran 

Salah satu makanan favorit bagi tupai adalah sayuran. Ia sangat menyukai ini karena banyaknya kandungan air di dalamnya. Dalam sayuran juga terkandung banyak sekali nutrisi sehat seperti vitamin yang membuat tupai selalu sehat. Untuk memberikan sayuran, Anda juga tidak perlu mengolah atau mengubahnya menjadi bentuk lain. Cukup berikan sayuran mentah yang sudah berada dalam keadaan yang bersih. 

Beberapa jenis sayuran yang bisa Anda berikan adalah bayam, asparagus, terong, tomat, kubis, selada, dan seledri. Selain itu, sayuran wortel juga sangat tupai sukai karena teksturnya yang keras sehingga bisa membantu stimulasi pada giginya. 

2. Buah Jenis Berry 

Tidak hanya manusia yang menyukai berbagai buah berry, pasalnya bagi tupai ini juga merupakan makanan favorit bagi mereka. Anda bisa memberikan beberapa berry mulai dari strawberry, raspberry, blackberry, mulberry, dan juga cherry. Buah-buahan ini juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tupai. Pasalnya, berry memiliki antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas. Selain itu, adanya berbagai vitamin juga bisa membuat tubuh tupai menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. 

3. Kacang-kacangan 

Makanan tupai yang paling ia sukai adalah kacang-kacangan. Sebab, di alam liar tupai merupakan hewan yang suka sekali memanjat pohon terutama untuk mencari kacang. Jika Anda melihat film kartun atau tayangan tupai di TV, pasti seringkali melihatnya sedang memakan kacang pinus bukan? Nah, tidak heran jika ia memang menyukai makanan ini. 

Tupai memang sangat menyukai kacang hingga tidak ragu untuk membawanya pulang ke rumah. Biasanya tupai akan meletakkan kacang di dalam mulutnya hingga penuh lalu di bawa ke rumah. Memberikan kacang pada tupai juga memiliki banyak manfaat, karena adanya kandungan protein di dalamnya. Pertumbuhan tupai bisa menjadi lebih maksimal dengan konsumsi kacang. Beberapa jenis kacang yang bisa Anda berikan adalah kacang almond, kacang pinus, kacang-kacangan, kenari, kacang macadamia, hingga kacang hazel.  

4. Biji-bijian 

Makanan tupai selanjutnya adalah biji-bijian. Ya, selain kacang tupai juga sangat suka dengan biji-bijian yang enak. Beberapa jenis biji-bijian yang bisa Anda berikan untuk tupai adalah biji labu, jagung, hingga biji bunga matahari. Tentu berbagai jenis biji ini sangat mudah untuk Anda temukan bukan? Jadi tidak perlu khawatir kesulitan untuk mencarinya.  

5. Buah-buahan 

Makanan tupai yang terakhir adalah buah-buahan. Di alam liar, selain mengonsumsi kacang tupai juga seringkali mencari pohon yang menghasilkan buah. Buah juga bisa memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tupai. Ketika memberikan buah, maka jangan kupas bagian kulitnya ya. Sebab, tupai akan lebih menyukai buah-buahan yang masih berkulit supaya naluri berburunya masih tetap terjaga. 

Akan tetapi, jika Anda ragu bahwa kulit tersebut aman dan bisa tupai peliharaan Anda makan, maka silahkan untuk mengupasnya lalu potong dalam bentuk yang kecil-kecil. Semuanya kembali sesuaikan dengan kebiasaan tupai yang Anda pelihara saja. Beberapa jenis buah yang bisa Anda berikan adalah apel, kiwi, anggur, mangga, persih, plum, pisang, nektarin, hingga buah semangka. 

Baca Juga: Jenis Kura-Kura Darat untuk Dipelihara dan Tips Merawatnya

Lalu, Bagaimana dengan Minuman? 

Selayaknya makhluk hidup lain, tupai juga membutuhkan asupan air agar tidak dehidrasi atau kekurangan cairan. Tupai juga tergolong hewan yang mudah untuk meminum apa saja, selama itu bersih dan juga cocok baginya. Beberapa jenis minuman yang bisa Anda berikan adalah air kelapa muda, susu murni, madu, dan air putih. 

Air kelapa muda sangat tupai sukai karena rasanya yang manis. Tupai juga menyukai susu dan bisa Anda berikan untuk minumannya. Namun hindari untuk memberi susu sapi karena kurang baik untuk pencernaannya. Susu yang baik untuk tupai adalah susu murni berupa susu kedelai dan susu kambing etawa. 

Tupai juga menyukai madu dan bisa Anda berikan untuk campuran air putih. Rasa madu yang manis jelas akan sangat tupai sukai, sekaligus bisa membantu memelihara kesehatannya. Karena memang madu bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh tupai. Terakhir, Anda bisa memberikan tupai air putih biasa. Yang terpenting, pastikan air putih untuk tupai benar-benar bersih dan bebas dari racun apapun. Berikan minum untuk tupai secara rutin sebagai pendamping makanannya. 

Cara Memberikan Makanan Pada Tupai 

makanan tupai
(sumber gambar: dailynews.lk)

Sebenarnya memberikan makanan pada tupai bukanlah tugas yang sulit. Sebab, pada dasarnya tupai merupakan hewan yang mudah percaya dan dekat dengan manusia. Bahkan jika Anda berhasil membangun kedekatan dengan mereka, tupai tidak akan ragu untuk makan secara langsung dari tangan Anda lho. 

Selain itu, tupai adalah hewan kecil yang cerdas dan pintar, apabila ia merasa makanannya terancam oleh keberadaan hewan lain maka ia akan dengan segera melindungi makanan tersebut dan langsung mengusir hewan lain. Akan tetapi, tupai bukanlah hewan yang pelit untuk berbagi. Di alam liar, tupai akan dengan senang hati membagi makanan mereka pada tupai lain yang membutuhkan. Apabila ia menemukan bayi tupai yang tidak punya induk, ia bahkan bisa memberinya makan seperti anak sendiri. 

Dari fakta singkat ini, bisa Anda ketahui bahwa tupai sebenarnya merupakan hewan yang ramah. Jadi jika Anda ingin memberikan makanan pada tupai, langsung saja lakukan langkah seperti berikut: 

1. Siapkan Makanan Tupai 

Langkah pertama, silahkan pilih dan siapkan makanan apa yang akan Anda berikan pada tupai. Tidak harus selalu 1 macam saja, karena Anda bisa mencampur beberapa bahan makanan. Misalnya, dengan mencampurkan biji-bijian dengan buah-buahan, atau mencampur sayuran dengan kacang-kacangan. Kombinasi makanan ini memang bisa dilakukan supaya gizi dan nutrisi yang masuk untuk tupai menjadi lebih seimbang. 

2. Cuci Bersih dan Potong 

Selanjutnya silahkan cuci sampai benar-benar bersih bahan makanan yang ingin Anda berikan. Untuk buah atau sayur yang memiliki ukuran yang besar, maka Anda boleh memotongnya terlebih dahulu. Akan tetapi, jika Anda berniat memberikan buah atau sayuran bersamaan dengan kacang, maka dahulukan untuk memberi tupai dengan sayuran dan buah sebelum kacang. 

Hal ini karena buah dan sayur akan lebih mudah untuk membusuk dibandingkan kacang. Jadi, biarkan tupai mengonsumsi sayur dan buah dahulu, baru setelah itu berikan kacang. Dengan begitu, jika tupai sudah kenyang dan tidak ingin memakan sisa makanannya, kacang tidak akan basi dan bisa Anda berikan lagi selanjutnya. 

3. Taruh Dalam Wadah dan Berikan 

Untuk tupai peliharaan yang memang memiliki kandang, Anda hanya tinggal memasukkan makanannya ke dalam wadah pakan. Setelah itu, silahkan letakkan makanan tersebut di dalam kandang tupai atau di sebelah kandang. Nantinya tupai akan muncul dan mengambil sendiri makanan tersebut. 

Akan tetapi jika Anda ingin memberi makan tupai liar yang ada di pohon, maka caranya akan sedikit berbeda. Silahkan letakkan makanan di dekat pohonnya atau bisa menggantungnya dengan menggunakan ranting kayu pohon kecil. Dengan cara ini, tupai akan bisa mencium aroma makanan dan kemudian menghampiri makanan yang sudah Anda siapkan. 

Nah, itulah beberapa makanan favorit tupai sekaligus cara untuk memberikannya. Bagaimana, ternyata tupai merupakan hewan yang ramah dan mudah untuk makan apa saja bukan? Jadi, apakah Anda juga tertarik untuk memelihara tupai? 

Check Also

8 Tipe Sakit Mata Pada Kucing

8 Tipe Sakit Mata Pada Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak dihidangkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini aku hendak mangulas modul mengenai Sakit Mata, selanjutnya uraiannya: Di Indonesia sendiri, aku apalagi sudah memandang beberapa besar kucing serta pengkhususan lokal aku berkeliaran. Banyak orang kekurangan tipe ini ataupun tidak menyukainya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.