Tips Melatih Ayam Aduan Muda Dijamin Sukses

  • Whatsapp
Melatih Ayam Aduan Muda
Cnnindonesia.com

Aduan ayam muda merupakan salah satu tradisi yang sudah ada sejak zaman dulu. Sehingga melatih ayam aduan sudah merupakan hal yang kebanyakan masyarakat lakukan. Proses aduan ayam yaitu dengan mengadu kedua ayam muda yang sudah terlatih hingga satu ayam akan kabur atau kalah, bahkan paling parahnya apabila ada salah satu yang sampai mati. Dulu, aduan ayam erat hubungannya dengan perjudian yang tak jauh dari arena aduan ayam. Ayam yang paling kuat dan bisa bertahanlah nantinya yang akan menjadi juara. Tentunya, agar ayam aduan muda bisa menang dalam peraduan harus melewati proses pelatihan terlebih dahulu.

Melatih Ayam Aduan Muda
Cnnindonesia.com

Melatih ayam aduan muda sebaiknya ketika usia ayam sedini mungkin. Namun, ada beberapa hal yang harus kita ketahui. Ayam aduan muda memiliki faktor genetik dari induknya juga, sehingga kita hanya perlu melatih ayam aduan muda ketika usianya telah mencapai 3-4 bulan. Sebab, jika kita melatih ketika sudah berumur 1 bulan maka pertumbuhan ayam menjadi tidak maksimal. Pada umur 1 bulan, ayam aduan muda sedang mengalami pertumbuhan. Oleh karena itu, kita harus memaksimalkan masa pertumbuhan dan kecukupan nutrisi ayam aduan muda ketika masih berada di bawah umur 5 bulan. Sehingga waktu yang paling tepat untuk melatih ayam aduan muda yaitu ketika menginjak usia 4-6 bulan.

Beberapa Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Merawat Ayam Aduan Muda

  • Kondisi kandang yang kurang ideal dan kotor sehingga dapat memengaruhi tumbuh kembang dan mental yang tidak memberikan kenyamanan bagi ayam aduan. Hal ini akan berpengaruh pada bertambahnya tingkat stress pada ayam aduan.
  • Pemilihan pakan yang kurang tepat dan tidak berkualitas sehingga menyebabkan pertumbuhan yang tidak ideal pada ayam.
  • Menyatukan kandang ayam muda dengan ayam dewasa. Hal ini harus kita hindari karena seringkali ayam aduan dewasa akan mendiskriminasi ayam aduan muda yang membuat ayam muda memiliki lemah mental dalam pertempurannya.
  • Menyatukan ayam aduan muda dengan ayam muda lainnya. Hal ini akan memicu perkelahian yang berakibat kematian pada ayam aduan muda.
  • Proses pengawinan ayam aduan muda yang terlalu cepat ketika umur yang mereka miliki belum matang.

Cara Melatih Ayam Aduan

1. Mempersiapkan Kondisi Fisik Ayam Aduan

melatih ayam aduan
m.merdeka.com

Fisik merupakan salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi ayam aduan muda bisa memenangkan aduan. Untuk kekuatan otot pada ayam bisa kita latih dengan melatih menggunakan klitter atau treadmil. Latihan dengan menggunakan metode renang juga bisa kita lakukan terutama bila lingkungan sekitar cukup dekat dengan saluran air.

Melatih ayam aduan bermanfaat untuk kebugaran badan ayam. Untuk meningkatkan kualitas fisik bisa dengan mempraktikan berjemur di pagi hari sekitar 1 hingga 2 jam saja. Hal ini berguna utnuk mengencangkan otot ayam aduan dan membentuk struktur badan ayam aduan muda yang lebih bugar.

2. Melatih Mental Ayam Aduan

ayam aduan muda
shopee.co.id

Mental merupakan salah satu kunci pondasi utama agar ayam mampu bertarung dengan berbagai jenis ayam aduan lawan. Untuk melatih mental ayam aduan bisa dengan memberikan sekat ataupun memisahkan kandang yang satu dengan yang lain agar mental ayam terjaga. Sebab apabila ayam berada di satu kandang dengan ayam lain terutama ayam yang lebih tua maka akan rawan diganggu dan terjadi perkelahian. Untuk ayam aduan jantan muda bisa sesekali berada di satu kandang dengan betina dan supaya tingkat kejantanannya lebih bagus.

Untuk pakan juga harus kita perhatikan agar tidak merusak mental ayam aduan. Pemberian pakan dengan kualitas dan kuantitas yang baik serta bisa juga dengan penambahan jamu sebagai energi ayam aduan. Pakan harus mengandung karbohidrat, protein dan vitamin.

3. Mengatur Kekuatan Nafas Ayam Aduan

Tahap perawatan dalam mempersiapkan perawatan ayam sangat berpengaruh besar terhadap ayam yang memiliki nafas panjang. Pola nafas pada ayam aduan akan menentukan tingkat keoptimalan ayam aduan tersebut. Cara untuk melatih pola nafas ayam aduan yaitu dengan cara tersebut :

  1. Mandikan ayam aduan setiap pagi lalu jemurlah di bawah sinar matahari hingga ayam sudah mengering bulu-bulunya dan terlihat lelah.
  2. Penjemuran ayam bisa kita lakukan selama 1 hingga 2 jam tergantung keadaan wilayah kita sendiri.
  3. Untuk membentuk pola nafas yang kuat, kita bisa melatih dengan menggunakan aplikasi latian kliter, treadmil, dan paruh.
  4. Pemberian jamu herbal dan vitamin juga sangat mempengaruhi stamina ayam aduan.

4. Melatih Kekuatan Pukulan Kaki Ayam

pukulan kaki ayam
destiku.net

Pukulan merupakan salah satu kunci kekuatan pada saat aduan ayam. Ayam yang memiliki kekuatan pukulan besar akan dengan mudah mengalahkan lawannya. Untuk menghasilkan pukulan ayam aduan yang keras pastinya juga harus melewati pelatihan khusus yang bertujuan untuk melatih kekuatan kaki ayam. Latihan bisa kita lakukan dengan melakukan latihan yang menggunakan kekuatan kaki, badan, dan kepalanya.  Metode pelatihan bisa dengan mempraktikan kecepatan pukul dan lompatan seperti dengan membuat lintasan latihan dengan rintangan dan tantangan yang harus ayam aduan lalui. Sedangkan untuk latihan kaki pada ayam bisa dengan menekan punggung ayam ke arah bawah sambil mendorongnya ke depan dan lakukan sebanyak 30 kali dalam sehari.

5. Melatih Leher dan Sayap Pada Ayam

Latihan leher bisa kita lakukan dengan cara memutar leher beserta badan ayam ke kanan dan kiri masing-masing selama 30 kali putaran dengan durasi satu detik perputaran. Latihan pada leher ayam bisa juga kita lakukan dengan memijat bagian kepala ayam. Bertujuan untuk menjadikan leher ayam semakin lentur sehingga mudah menekuk ketika menghindari serangan lawan dan mencari kepala ayam lawan serta badan ayam menjadi lebih lincah ketika dilakukan aduan ayam. Untuk melatih bagian sayap ayam bisa dengan mengangkat setinggi-tingginya ayam menggunakan kedua tangan. Kemudian lepaskan satu tangan dan letakan di bagian dada ayam serta tangan yang sau lagi akan ikut turun ke bawah searah dengan jatuhnya ayam. Hal ini akan memicu ayam mengepakan sayapnya. Lakukan secara rutin selama 5 hingga 10 kali.

Baca Juga : Kupas Tuntas Budidaya Jangkrik Mudah Hasil Maksimal

6. Melakukan Latihan Sparing dengan Ayam Aduan Muda Lain

sparing ayam
suarabamega25.com

Untuk membentuk mentalitas dan keterampilan ayam aduan muda dalam aduan. Maka kita bisa dengan melakukan sparing antar ayam aduan muda. Hal ini bisa kita lakukan beberapa menit saja sekitar 5 sampai 10 menit dan bertambah lama dari waktu ke waktu. Bertujuan agar dapat mengasah mentalitas dan teknik ayam untuk terbiasa akan aduan dan respon terhadap ayam lain saat diadu. Setelah melakukan sparing antar ayam, lakukan istirahat selama 2 minggu, dan pastikan ayam tetap mendapatkan perawatan yang baik. Seperti mandikan ayam, keringkan di bawah sinar matahari, berikan pakan secara rutin, serta rawat bekas luka setelah sparing. Setelah beristirahat selama 2 minggu, ayam aduan bisa kita lakukan sparing lagi dengan ayam aduan lagi dengan durasi yang lebih lama yaitu 15 menit. Jangan terburu-buru langsung memasangkan dengan ayam dewasa. Namun, harus kita sesuaikan dengan perkembangan mental ayam aduan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *