Breaking News

Panduan Cara Membuat Probiotik dari Yakult

Bidang peternakan cukup banyak menyita perhatian kalangan pengusaha. Pasalnya, usaha di bidang peternakan bisa terbilang cukup menjanjikan. Namun dalam menjalaninya, terdapat satu hal penting yang harus mendapat perhatian lebih yaitu tentang pakan. Karena pakan ini nantinya yang akan mempengaruhi hasil kualitas dan produktivitas ternak. Salah satu pakan tambahan yang bisa digunakan adalah Probiotik. Tidak hanya probiotik herbal, membuat probiotik dari yakult pun bisa menjadi pilihan.

Tentang Probiotik

Probiotik berasal dari bahasa Yunani yang artinya for life. Sehingga probiotik merupakan satu atau beberapa mikroba hidup yang berguna sebagai pakan tambahan yang berpengaruh positif terhadap fisiologi dan juga kesehatan saluran pencernaan inangnya. Penggunaan probiotik mulai banyak karena mampu menghasilkan enzim pencernaan seperti amilase, protease dan juga lipase yang bisa memperbaiki mikroorganisme alami dalam saluran pencernaan hewan ternak. Sehingga hal tersebut bisa membuat sangat terlihat berdampak nyata terhadap pertumbuhan ternak. Selain itu, harapannya probiotik bisa meningkatkan produksi telur, menurunkan kadar kolesterol telur dan kolesterol serum, serta mampu untuk menurunkan nitrogen non protein dalam darah, konsentrasi asam urat, amonia, dan juga urea dalam darah.

Karena probiotik diharapkan bisa memiliki strain yang terus hidup hingga mencapai usus dalam jumlah yang cukup, maka keamanan probiotik harus menjadi perhatian. Terdapat beberapa karakteristik probiotik yang aman yaitu (Gaggia, 2010):

  1. Nontoksik dan nonpatogenik.
  2. Mempunyai identifikasi taksonomi yang
    jelas
  3. Dapat hidup dalam spesies target
  4. Dapat bertahan, berkolonisasi dan
    bermetabolisme secara aktif dalam target
    yang ditunjukkan dengan:
    a. Tahan terhadap cairan pencernaan dan
    empedu
    b. Persisten dalam saluran pencernaan
    c. Menempel pada ephitelium atau mucus
    d. Berkompetisi dengan mikroflora inang
  5. Memproduksi senyawa antimikrobial
  6. Antagonis terhadap patogen
  7. Dapat merubah respon imun
  8. Tidak berubah dan stabil pada waktu
    proses penyimpanan dan lapangan
  9. Bertahan hidup pada populasi yang tinggi
  10. Mempunyai sifat organoleptik yang baik.

Probiotik dari Yakult

Sebagai produk yang berasal dari bakteri baik, penggunaan jenis bakteri tidak sembarangan. Bakteri yang biasa digunakan sebagai probiotik adalah bakteri Lactobacillus, Bifidobacterium, Bacillus spp, Streptococcus, yeast, dan Saccharomyces cereviceae.  Karena bisa menstimulasi respon imun dan menghambat patogen. Bakteri yang paling umum adalah Lactobacillus. Probiotik yang berasal dari bakteri asam laktat ini juga disebut Probiotik Rabal. Probiotik Rabal memang sudah banyak beredar. Namun jenis probiotik ini bisa dibuat sendiri dengan bahan sederhana, yaitu dari Yakult. Karena Yakult mengandung bakteri baik Lactobacillus dan memiliki peran yang hampir sama dengan pupuk EM 4 yang mengandung sintetik dari bakteri asam laktat.

Cara Membuat Probiotik dari Yakult

Membuat probiotik dari Yakult bukanlah kegiatan yang sembarangan, karena sudah teruji dengan penelitian oleh peneliti dari Balai Budidaya Air Payau Provinsi Aceh. Sehingga tidak hanya murah, pembuatan probiotik dari Yakult ini juga sangat sederhana. Berikut ini merupakan bahan-bahan serta proses pembuatan probiotik dari Yakult untuk pakan hewan ternak.

A. Alat dan Bahan

  1. 1 botol Yakult
  2. 20 gram Gula pasir / molasses
  3. 25 gram Tepung beras
  4. 1 butir besar Ragi tape
  5. 500 ml atau 1 butir Air kelapa
  6. 5 liter Air mineral / air bersih
  7. 1 buah Ember / baskom
  8. 1 buah Wadah / jurigen / botol bekas air mineral
  9. Pengaduk

B. Cara Membuat Probiotik dari Yakult

  1. Larutkan tepung beras ke dalam air kelapa & tambahkan gula / molases, kemudian aduk sampai rata
  2. Haluskan ragi dan masukkan yakult dan ragi tersebut ke dalam adonan, lalu aduk kembali sampai benar-benar tercampur rata
  3. Setelah semua adonan tercampur rata, masukkan 5 liter air bersih ke dalam adonan, aduk sampai rata hingga adonan tampak encer
  4. Simpan campuran tersebut ke wadah yang tertutup, dan simpan hingga sekitar 5-7 hari agar proses pembuatan probiotik dari yakult menghasilkan produk yang sempurna
  5. Setiap hari, buka wadah sebentar agar gas fermentasi bisa keluar dan aduk 3 sampai 5 kali, lalu tutup rapat kembali setiap selesai melakukan pengadukan
  6. Setelah 5-7 hari, dengan ciri-ciri terdapat perubahan warna menjadi kecoklatan dan mengeluarkan bau seperti alkohol, Probiotik sudah siap.

Tidak semua probiotik dari Yakult bisa berhasil. Jika hasil probiotik yang telah dibuat menampakkan ciri-ciri seperti yang telah disebutkan sebelumnya, maka proses tersebut berhasil. Namun jika tidak menampakkan ciri-ciri tersebut, maka proses pembuatan probiotik gagal terfermentasi. Terdapat tanda atau ciri dari probiotik yang  gagal yaitu seperti mengeluarkan aroma seperti alkohol, berubah warna menjadi hijau kebiruan dan merah yang terlalu pekat, terdapat endapan di bawah campuran bahan fermentasi, pH air terlalu masam, terdapat busa, dan warna air menjadi putih keruh.

Probiotik dari Yakult yang sudah jadi disebut Biofet. Jika melihat dari alat dan bahan tersebut, pastinya tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya dalam pembuatannya. Untuk itu kegiatan tersebut sangat disarankan bagi peternak untuk meningkatkan kualitas hewan ternaknya.

Cara Aplikasi Probiotik dari Yakult

Tidak hanya cara pembuatannya, cara aplikasi probiotik dari Yakult juga perlu untuk diketahui. Karena setiap hewan ternak memiliki takaran yang berbeda akibat dari kebutuhan nutrisi setiap hewan ternak yang berbeda beda. Pada hewan ternak ikan seperti lele, nila, belut, gurame, dan sebagainya, memerlukan probiotik rabal sebanyak 2-3 tutup botol setiap m3 kolam ikan. Atau bisa dengan takaran 2 ml setiap liter air minum yang kemudian menuangkannya ke kolam. Tidak hanya langsung ke kolam, pemberian probiotik juga bisa  pada pakan pelet dengan takaran 1 kg pelet dengan 2-3 tutup botol probiotik, dan setengah liter air hangat. Campurkan sampai merata dan mendiamkannya selama 15 menit, dan pakan telah siap.

Pada unggas seperti ayam, itik, bebek, burung puyuh, dan sebagainya, bisa memberikan probiotik dari Yakult ini dengan mencampurkan 2 tutup botol probiotik dengan 1 liter air minum. Selain itu juga bisa dengan mencampurkan 2 tutup botol probiotik pada setiap kilogram pakan unggas.  Sedangkan pada ternak domba, pemberian probiotik bisa dengan cara mencekokkan probiotik dengan takaran 5 ml probiotik pada setiap liter airnya.

Ternyata, probiotik dari Yakult ini tidak hanya bisa bermanfaat untuk hewan ternak, namun juga bisa sebagai pupuk tambahan tanaman pertanian. Jika pada hewan ternak bisa berpengaruh positif terhadap pencernaannya, karena mengandung mikroorganisme fermentasi dan sintetik yaitu bakteri asam laktat / Lactobacillus. Pengaplikasian probiotik  pada tanaman bisa meningkatkan kesuburan tanah dan tanaman. Untuk tanaman pangan, bisa menambahkan 5 ml probiotik setiap liter airnya dan menyemprotkannya ke setiap tanaman. Dan untuk tanaman hortikultura, dengan takaran yang sama bisa mengaplikasikannya dengan cara mengocorkannya.

Setelah mengetahui cara dan manfaat dari probiotik ini, peternak atau petani sebaiknya bisa mengaplikasikannya secara intensif, karena bisa memberikan efek yang sangat baik bagi hewan ternak bahkan tanaman pertanian. Memang probiotik sudah banyak tersedia di pasaran, namun tidak ada salahnya jika menggunakan cara seperti ini karena pembuatannya yang mudah dan bahan yang murah.

Check Also

8 Tipe Sakit Mata Pada Kucing

8 Tipe Sakit Mata Pada Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak dihidangkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini aku hendak mangulas modul mengenai Sakit Mata, selanjutnya uraiannya: Di Indonesia sendiri, aku apalagi sudah memandang beberapa besar kucing serta pengkhususan lokal aku berkeliaran. Banyak orang kekurangan tipe ini ataupun tidak menyukainya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.