Breaking News

Rahasia Cara Menanam Bunga Matahari Paling Mudah

Bunga matahari adalah jenis bunga yang memiliki warna kuning cerah yang sangat indah. Nama latinnya adalah Helianthus annuus L dan termasuk dalam suku kenikir-kenikiran. Banyak orang yang tertarik untuk menanam bunga matahari karena selain indah, Anda bisa mendapatkan biji dan minyak yang bermanfaat dari jenis bunga ini. Nama bunga matahari memang bisa mencerminkan bentuk dan warnanya yang indah, mirip matahari. 

Umumnya, ukuran kepala bunga ini bisa mencapai 30 cm. Sebetulnya, bunga matahari adalah jenis bunga yang majemuk. Maksudnya bunga matahari tersusun dari ratusan sampai ribuan bunga kecil yang berkumpul dan bergabung pada satu bongkol yang sama. 

Nama matahari juga mencerminkan perilakunya. Bunga ini memiliki kecenderungan yang khas yaitu selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Saking indahnya, bunga matahari juga menjadi bunga resmi dari negara bagian Kansas, Amerika Serikat dan menjadi bunga nasional dari Negara Ukraina. 

Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah 

Dengan keindahan dan ciri khasnya, tidak heran jika banyak orang yang penasaran bagaimana cara untuk menanam bunga matahari. Pada dasarnya, jenis bunga ini tidak sulit untuk Anda tanam. Asalkan mengikuti referensi yang tepat, Anda juga bisa menanam bunga ini di rumah. Inilah langkah yang harus Anda ikuti:

1. Perhatikan dan Penuhi Syarat Hidup Bunga Matahari 

menanam bunga matahari
(sumber gambar: idntimes.com)

Sama seperti jenis tanaman lain, pertumbuhan bunga matahari juga akan lebih optimal jika syarat hidupnya sudah Anda penuhi. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah:

a. Kondisi Lingkungan Tanam 

Usahakan lokasi penanaman adalah tempat yang teduh dan bebas dari potensi atau bahaya terkena atap roboh. Lokasi yang Anda pilih juga harus mendapatkan intensitas cahaya matahari yang cukup. Dengan begitu, pertumbuhan bunga matahari bisa menjadi lebih optimal.

b. Tingkat Keasaman Tanah

Bunga matahari juga akan tumbuh subur pada tingkat pH tertentu. Tingkat keasaman tanah terbaik untuk bunga matahari adalah sekitar 6,0 sampai 7,5.

c. Pengairan untuk Bunga Matahari 

Sistem drainase dengan pengairan yang cukup juga bisa menunjang pertumbuhan bunga matahari. Maka dari itu, usahakan lokasi menanam bunga matahari bisa mengakomodasi kebutuhan airnya.

2. Pilih dan Siapkan Benih Bunga Matahari yang Berkualitas

Untuk menanam bunga matahari, Anda bisa memilih jenis yang sesuai dengan selera Anda. Umumnya varietas teddy bear atau velvet queen adalah jenis yang paling populer untuk budidaya bunga matahari. Untuk mendapatkan benih bunga yang berkualitas, Anda bisa langsung membelinya di toko pertanian atau toko bibit bunga. 

Perhatikan kondisi benih bunga dan tanggal kadaluarsanya. Jangan membeli benih yang berkualitas buruk yang bisa Anda tandai dari kondisinya yang tidak bagus. Selain itu, hindari juga membeli benih bunga matahari yang memiliki tanggal kadaluarsa sudah lewat dari tanggal pembelian. Untuk memastikan kualitasnya, Anda juga bisa bertanya langsung pada penjual apakah memiliki sertifikat keaslian atau kualitas.

Baca Juga: Rahasia Budidaya Tanaman Anggrek dan Potensi Usahanya

3. Penyemaian Benih Bunga Matahari 

Cara menanam bunga matahari selanjutnya adalah penyemaian. Sebelum dapat Anda tanam ke dalam pot, biji bunga matahari perlu Anda semai terlebih dahulu. Media penyemaian ini adalah tray atau wadah semai bibit yang memiliki lubang pembuangan air pada bagian bawahnya. Tray ini bisa Anda beli di berbagai toko pertanian atau toko online. 

Jika sudah menyiapkan wadah penyemaian, maka Anda bisa mengisi tray tersebut dengan media tanam. Media tanamnya berupa tanah halus yang terlebih dahulu harus Anda campurkan dengan pupuk kandang. Usahakan kedua bahan ini benar-benar halus supaya bisa lebih memudahkan biji bunga matahari tumbuh. Anda bisa mengayak kedua bahan ini terlebih  dahulu supaya benar-benar halus. 

Masukkan campuran tanah dan pupuk ke dalam tray lalu padatkan. Setelah itu, taburkan benih bunga matahari. Jika sudah, siram benih secukupnya menggunakan botol spray yang sudah Anda isi air. Siram setiap hari benih ini selama 2 minggu, setelah itu barulah bibit bunga matahari bisa Anda pindahkan ke pot.

4. Pemindahan Bibit Bunga Matahari 

Cara menanam bunga matahari bisa Anda lakukan dalam pot ataupun lahan yang luas. Inilah proses pemindahan bibit bunga matahari sesuai lahan yang Anda pakai:

a. Menggunakan Pot 

Apabila menggunakan pot, maka usahakan untuk memakai pot yang terbuat dari bahan tanah liat. Kemudian campurkan pupuk kandang halus yang sudah Anda ayak dengan tanah. Masukkan bahan campuran tanah dan pupuk ke dalam pot tanah liat, lalu diamkan selama 1 minggu terlebih dahulu sebelum proses pemindahan bibit bunga matahari. Itu artinya, ketika menunggu benih selesai penyemaian, Anda sudah bisa menyiapkan pot untuk menanam. 

Jika sudah 1 minggu, siram tanah di pot menggunakan air. Setelah itu, barulah buat lubang tanam. Anda bisa membuat lubang tanam dengan menggunakan jari telunjuk. Caranya, gunakan jari telunjuk untuk melubangi tanah dan pastikan kedalamannya hanya setinggi 2 ruas jari saja, jangan lebih.

Setelah lubang tanam siap, Anda bisa memasukkan bibit bunga matahari yang tumbuhnya baik. Kemudian tutup kembali lubang tanam dan siram dengan air secukupnya. Maksimal dalam 1 pot bisa Anda tanami sebanyak 4 bibit bunga matahari. Setelah itu, letakkan pot ke ruangan yang teduh namun tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jangan letakkan pot di dalam ruangan ya, karena pertumbuhannya bisa tidak optimal.

b. Menanam Bunga Matahari di Lahan Terbuka 

Tempat ideal untuk menanam bunga matahari sebenarnya adalah lahan terbuka. Pasalnya, dengan lahan yang terbuka, sinar matahari bisa masuk dengan optimal pada bunga. Tidak harus luas, pekarangan rumah atau samping rumah sudah cukup untuk Anda jadikan tempat menanam bunga matahari. 

Pastikan lahan yang Anda pakai memiliki pH sekitar 6-7,5, subur, bisa menyerap air dengan baik, dan gembur. Apabila memang jenis tanahnya kering, Anda bisa menggemburkan tanah terlebih dahulu dengan membasahinya menggunakan air dan tambahkan pupuk kandang. Dengan cara itu, tekstur tanah bisa menjadi lebih gembur dan tidak terlalu kering. 

Setelah lahan siap, buat lubang tanam dengan ukuran 1,5 cm. Beri jarak antar lubang tanam yaitu sekitar 45 cm. Anda bisa mengisi 1 lubang dengan 2 benih bunga matahari sekaligus. Selanjutnya, timbun kembali dengan tanah dan siram secukupnya. Jika pertumbuhan berjalan lancar, bunga matahari akan tumbuh setelah 2 minggu.

5. Perawatan dan Penyiangan Bunga Matahari 

menanam bunga matahari
(sumber gambar: jawapos.com)

Menanam bunga matahari juga membutuhkan perawatan yang tepat. Jika Anda menanam ketika musim kemarau, maka usahakan untuk menyirami bunga matahari secara rutin. Tujuannya supaya tidak terlalu kering dan membuat bunga layu atau mati. Namun, jika menanam pada saat musim hujan maka tidak perlu sering menyiramnya. 

Cukup saat kondisi tanah terlihat kering dan butuh air. Penyiraman bisa Anda lakukan 2 kali saat pagi dan sore hari. Anda juga bisa menambahkan pupuk supaya pertumbuhan bunga matahari makin optimal. Pupuk yang bisa Anda gunakan adalah pupuk ZA (25 gram per tanaman) atau  pupuk NPK (25-30 gram per tanaman). Pupuk kandang juga bisa Anda gunakan supaya unsur hara tanah semakin kaya. 

Pengendalian hama dan penyakit, juga bisa Anda lakukan dengan bantuan obat kimia. Tujuannya untuk menghindarkan bunga dari serangan hama ataupun penyakit. Selain itu, penyiangan bunga matahari juga harus Anda lakukan saat usia bunga matahari sudah mencapai 3 bulan.

Tujuan penyiangan adalah untuk memilih dan menghilangkan bagian kuntum bunga yang tidak tumbuh dengan baik. Caranya dengan memangkas kuntum tersebut. Dengan cara ini, nutrisi yang bunga matahari dapatkan bisa fokus untuk kuntum yang sehat saja. Setiap tangkai, paling tidak harus menyisakan 1 atau 2 kuntum.

6. Bunga Matahari Berbunga 

Langkah menanam bunga matahari akan selesai jika kepala bunganya sudah muncul. Umumnya dalam masa tanam 5-6 bulan, bunga matahari sudah akan muncul. Setelah itu, Anda bisa memangkas bunganya untuk bunga hias, mengambil biji bunga matahari untuk menjadi kuaci, atau membiarkannya tumbuh sebagai tanaman hias. 

Itulah cara menanam bunga matahari yang mudah. Jenis bunga ini tidak sulit untuk Anda tanam dan benihnya sangat mudah dan murah untuk Anda beli. Bunga ini juga bisa menjadi tanaman hias yang sangat indah ketika Anda pandang. Jadi, apakah Anda juga tertarik untuk menanam bunga indah yang satu ini? Selamat mencoba tutorial menanam ini ya!

Check Also

ciri-ciri ikan nila

Inilah Berbagai Sifat dan Ciri-ciri Ikan Nila yang Harus Anda Tahu!

Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia, khususnya untuk kebutuhan konsumsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.