Breaking News

Mengenal Sapi Wagyu: Penghasil Daging Premium dari Jepang

Jika Anda adalah penggemar daging dan masakan Jepang, maka daging wagyu tentu bukan hal yang asing bagi Anda. Jenis daging ini terkenal akan rasanya yang luar biasa lezat, empuk, lembut, dan kaya rasa. Ciri khas dari daging wagyu adalah permukaannya yang marbling atau terlihat seperti marble. Mengenal sapi wagyu perlu Anda lakukan karena dari sapi jenis inilah daging premium asal Jepang ini bisa Anda dapatkan. 

Mengenal Sapi Wagyu dan Sejarahnya 

mengenal sapi wagyu
(sumber gambar: Cloudinary.com)

Tahap awal mengenal sapi wagyu bisa Anda mulai dari mengetahui sejarah sapi ini. Istilah wagyu sebenarnya merujuk dari bahasa asli Jepang yang memiliki arti sapi Jepang. “Wa” adalah Jepang, sementara “”Gyu” adalah Sapi. Jadi, arti dari wagyu adalah sapi yang berasal dari Jepang. Di negara asalnya, sapi wagyu juga mendapatkan keistimewaan dari teknik pemeliharaannya. Tidak heran jika harga daging sapi ini menjadi sangat mahal.  

Terdapat sejarah panjang mengapa jenis sapi ini memiliki harga dan keistimewaan yang luar biasa. Melansir dari Wikipedia, sapi wagyu mendapatkan perlakuan yang luar biasa karena dataran Jepang yang memang aslinya tidak rata dan terisolasi. Hal ini terkadang membuat sapi-sapi berkurang nafsu makannya dan berdampak pada kualitas daging yang mereka hasilkan. 

Sebagai solusi, para peternak Jepang akhirnya mencoba berbagai teknik perkembangbiakan bagi sapi-sapi wagyu. Mulai dari menambahkan sake atau bir ke pakan sapi, hingga memberikan treatment berupa pemijatan kepada sapi-sapi tersebut. Mengenal sapi wagyu juga harus Anda ketahui dari jenis rasnya. 

Di Jepang sendiri terdapat 4 (empat) ras sapi wagyu. Diantaranya adalah Sapi Hitam Jepang (Kuroge washu), Sapi Tanpa Tanduk Jepang (Mukaku washu), Sapi Coklat Jepang (Akage washu), dan yang terakhir adalah Sapi Tanduk Pendek Jepang (Nihon Tankaku washu). Diantara berbagai ras ini, sapi hitam adalah jenis terbanyak yang bisa Anda temukan di Jepang. 

Apa yang Membuat Sapi Wagyu Menjadi Mahal?

Anda juga pasti sudah mengenal sapi wagyu sebagai sapi yang bisa menghasilkan daging kualitas premium dan mahal. Selain memang karena teknik perawatannya, masih ada berbagai hal lain yang membuat sapi ini menjadi mahal. Inilah beberapa alasan tersebut: 

1. Jenis Sapi yang Hidup dengan Sangat Sehat 

Anda belum mengenal sapi wagyu jika belum tahu bahwa hidup sapi ini sangat sehat. Berbeda dari jenis sapi lainnya, sapi ini tidak memakan jerami biasa. Sebaliknya, sapi wagyu akan memakan sayuran, buah-buahan, rumput hijau, bahkan peternak sapi wagyu juga biasa menambahkan vitamin tambahan agar tubuh sapi wagyu senantiasa sehat. Tidak hanya vitamin, sapi wagyu juga sering mendapatkan asupan kalsium tambahan lho!

2. Daging Wagyu Kaya Nutrisi dan Baik untuk Kesehatan 

Meski selama ini Anda mengenal sapi wagyu bisa menghasilkan jenis daging yang berlemak, namun jangan salah. Sebab, nutrisi dalam daging wagyu tergolong sangat tinggi dan baik untuk kesehatan. Di dalam daging wagyu, Anda bisa mendapatkan sejenis asam lemak yang memiliki nama Shimofuri. Asam lemak ini memiliki kandungan kolesterol baik dan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. 

Selain itu, kandungan lemak tak jenuh dalam daging wagyu juga ternyata 30% lebih tinggi daripada daging sapi biasa. Inilah yang membuat rasa daging wagyu menjadi sangat gurih dan lezat ketika Anda santap. Konsumsi daging wagyu juga ternyata bisa membuat otot menjadi lebih sehat dan bisa membakar lemak tubuh. Omega-3 dan omega-6 yang ada pada daging wagyu juga membuat melancar metabolisme kolesterol dan truglycerides.

3. Teknik Perawatan yang Luar Biasa dan Rumit 

Anda juga sudah pasti mengenal sapi wagyu dari teknik perawatannya yang luar biasa. Ya, memang faktor penting mengapa harga sapi ini menjadi sangat mahal adalah teknik perawatannya. Sapi wagyu oleh para peternaknya mendapatkan perlakukan seperti “raja”. Sapi wagyu harus tinggal di daerah yang sejuk, jauh dari keramaian, dan bebas stress. 

Selain itu, para peternak juga harus menjaga suhu kandang supaya tidak terlalu dingin atau terlalu panas, sehingga sapi wagyu selalu nyaman. Peternak sapi wagyu juga sering memainkan musik klasik agar sapi wagyu bisa merasa rileks dan tidak stress. Terakhir, pijatan hingga teknik akupuntur juga peternak lakukan supaya sapi sehat dan jauh dari keluhan stress. Inilah yang membuat kualitas dagingnya sangat jempolan dan memiliki harga yang sangat mahal.

Baca Juga: Peluang Usaha Peternakan Sapi Perah Hasil Menjanjikan 

Tips Agar Budidaya Sapi Wagyu Berhasil 

mengenal sapi wagyu
(sumber gambar: finedininglovers.com)

Setelah mengenal sapi wagyu mulai sejarah dan yang membuat harganya menjadi mahal, apakah Anda tertarik untuk membudidayakan jenis sapi ini? Untuk melakukan ternak sapi wagyu memang bukanlah hal yang mudah. Karena kembali lagi, memang ada banyak hal yang harus Anda penuhi dan lengkapi supaya sapi wagyu senantiasa sehat dan berkualitas. Inilah tips budidaya sapi wagyu yang bisa Anda ikuti:

1. Harus Menyiapkan Lokasi Budidaya yang Tepat 

Di negara Jepang, daerah yang cocok untuk tempat budidaya sapi wagyu adalah di Kepulauan Kyushu, tepatnya di daerah Kumamoto. Daerah tersebut minim polusi, masih asri, sejuk, dan masih berupa pedesaan. Apabila Anda ingin melakukan budidaya sapi wagyu, maka usahakan pula untuk memilih lokasi yang seperti ini. 

Jauh dari keramaian, polusi, ataupun segala hal yang bisa menyebabkan sapi wagyu menjadi stress. Pasalnya, apabila sapi wagyu stress, kualitas daging wagyu juga akan menurun drastis. Maka dari itu, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat ya.

2. Membuat Kondisi Kandang Senyaman Mungkin 

Tips selanjutnya supaya budidaya sapi wagyu berhasil adalah dengan menciptakan suasana senyaman mungkin pada kandang sapi wagyu. Sama seperti lokasi hidupnya, kandang yang tidak nyaman akan membuat sapi wagyu stress dan menurunkan kualitas dagingnya. Maka dari itulah, kenyamanan dalam kandang harus sangat Anda perhatikan dan tidak bisa Anda samakan pada jenis sapi biasa. 

Buat kandang yang memang bisa melindungi sapi dari panas maupun hujan. Suhu kandang juga harus seimbang tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin. Anda juga harus membersihkan kandang secara rutin agar senantiasa bersih dan nyaman. Pastikan juga bahwa kandang aman dari serangan predator atau aman dari bahaya apapun.

3. Perhatikan Kualitas Pakan Sapi Wagyu 

Anda juga harus mengenal sapi wagyu dari jenis pakan yang mereka makan. Berbeda dari jenis sapi lainnya, sapi wagyu tidak hanya makan jerami. Justru, makanan dari sapi wagyu ini sangat beragam. Anda bisa memberikan sayuran, gandum berkualitas tinggi, buah-buahan. Tidak jarang peternak di Jepang menambahkan vitamin dan tambahan kalsium untuk tumbuh kembang sapi wagyu. 

Kebersihan air minum juga harus Anda perhatikan. Jangan sekali-kali memberikan sapi wagyu air yang kotor atau tidak higienis. Padalnya, hal ini bisa membuat sapi tidak sehat dan tidak ingin minum. Sapi wagyu akan menyukai air yang masih segar, bersih, dan sejuk. Maka dari itu, usahakan untuk memenuhi kriteria air minum ini.

4. Ganti Tanah Kandang dan Berikan Pijatan untuk Sapi 

Selain persoalan pakan dan minuman, sapi wagyu juga harus mendapatkan penggantian tanah kandang. Tanah kandang umumnya akan mudah kotor karena air kencing dan feses sapi wagyu. Untuk itulah perlu mengganti tanah supaya tetap bersih dan kesehatan sapi tidak terganggu karena kandangnya yang tidak bersih. Setidaknya, ganti tanah kandang setiap 2 bulan sekali. 

Anda juga harus melakukan pemijatan pada sapi wagyu. Sama seperti di negara asalnya, sapi wagyu harus mendapatkan pijatan secara rutin agar terbebas dari stress. Pijat bagian tubuh dan kaki sapi wagyu supaya otot-ototnya lemas dan tidak kaku karena minimnya bergerak di dalam kandang. Peternakan sapi wagyu yang ada di luar Jepang, contohnya seperti Australia juga menerapkan cara ini. Hasilnya, kualitas daging wagyu unggulan memang bisa didapatkan dengan optimal. 

Itulah informasi yang bisa Anda ketahui untuk mengenal sapi wagyu. Pada dasarnya, jenis sapi ini adalah penghasil daging premium yang tidak bisa sembarangan dalam perawatannya. Meski membutuhkan teknik dan cara budidaya yang rumit, tentunya akan sebanding dengan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari ternak sapi wagyu. Apalagi harga daging sapi wagyu masih sangat tinggi. Jadi, apakah Anda tertarik untuk ternak sapi wagyu juga? 

Check Also

5 Cara Menanam Buah Bit agar tumbuh baik

Bit adalah bagian akar dari tanaman bit yang umum dikenal di Kanada dan Amerika Serikat. Bit memiliki warna buah merah seperti bawang merah saat dimasak. Jadi bagaimana bit Anda bisa tumbuh? Kali ini, hasilbumi akan berbicara tentang bagaimana Anda bisa menanam tanaman bit. Cara menanam bit yang ringkas dan sederhana, sehingga mudah dipahami bagi pemula. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *