10 Mesin Pertanian Modern Wajib Kamu Tahu

Mesin Pertanian
Mesin Pertanian

Pertanian merupakan salah satu sektor mata pencaharian masyarakat Indonesia. Sehingga sektor pertanian ini sangat penting bagi Indonesia sebagai negara agraris. Berbagai jenis hasil pertanian bermanfaat untuk makanan pokok masyarakat juga untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Namun seiring berjalannya waktu, lahan pertanian di Indonesia semakin menyempit karena pembangunan yang semakin marak terjadi. Indonesia masuk ke dalam wilayah Asia Tenggara. Sehingga tidak heran jika memiliki kesuburan tanah yang bisa menghasilkan berbagai macam jenis tumbuhan. Sebagai penopang keadaan ekonomi Indonesia, diharapkan sektor pertanian bisa berkembang dan mencapai tingkat produktivitas yang tinggi. Tingkat produktivitas bisa terpengaruh oleh adanya alat mesin pertanian modern dan canggih.

Pertanian Indonesia masih memiliki kendala dari luar maupun dalam negeri. Di antaranya berkaitan dengan kualitas sumberdaya manusia, pengaturan optimalisasi, skala usaha yang nampaknya masih berada di bawah standar internasional, dan lainnya. Penciptaan usaha pertanian yang tepat sangat diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas usaha pertanian. Pertanian Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Hasil perkebunan yang terkenal dari Indonesia antara lain karet, kelapa sawit, kakao, teh, kopi. Sayangnya, kemajuan teknologi pertanian Indonesia masih belum merata terutama untuk wilayah yang ada di luar Jawa.

Berikut ini 10 Mesin Pertanian Modern yang Wajib Kamu Tahu

1. Traktor

Traktor
Sumber foto : yanmar.com

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan mesin traktor yang biasa digunakan dalam bidang pertanian. Pada awal abad ke-20, traktor masih menggunakan mesin uap untuk sumber utama tenaga traktor. Perkembangan mesin traktor ini mencapai puncaknya pada tahun 1960-an dengan penggunaan mesin diesel untuk traktor. Kontruksi utama yang ada dalam traktor antara lain, transmisi daya, alat penggerek, dan mesin yang berguna sebagai sumber penggerak.

Mesin diesel keunggulan karena lebih hemat bahan bakar dari mesin bensin. Saat ini fungsi traktor sekarang telah menggantikan fungsi tenaga hewan untuk pengolahan tanah, seperti kerbau atau sapi. Bahan bakar pada traktor saat ini ada bermacam-macam bahan bakar misalnya minyak tanah, bensin, solar atau bahan bakar kerosin. Perbedaan kondisi tanah pada lahan pertanian juga mempengaruhi perbedaan spesifikasi yang berbeda-beda.

2. Garu Piring

garu piring
Sumber foto : 4muda.com

Merupakan salah satu mesin pertanian modern yang memiliki untuk pengolahan tanah terutama saat akan melakukan penanaman bibit. Garu piring merupakan salah satu perkembangan teknologi pertanian modern yang sangat bermanfaat bagi petani. Memiliki bentuk mesin yang serupa dengan traktor namun bedanya memiliki piringan dengan ukuran dan kecekungan tertentu. Menggunakan berbagai macam piringan sesuai dengan kebutuhan yang petani perlukan.

Mesin ini memiliki fungsi untuk membersihkan atau membuang tanaman yang akan mengganggu proses pertumbuhan tanaman baru. Mesin ini juga berfungsi ini menutup kembali benih yang sudah tertanam dengan menggunakan lapisan tanah di atasnya. Pada umumnya garu piring terbagi menjadi dua macam yaitu :

  • Garu piring tipe tarik (trailing disk harrow)
  • Garu piring tipe angkat (mounted disk harrow)

Dalam pengoperasiannya, garu piring bisa beroperasi dengan satu arah (single action) yaitu hanya melempar pada satu arah saja saat garu piring memotong tanah. Selain itu, garu piring juga bisa beroperasi dalam dua arah (double action) yaitu bisa melempar pada dua arah saat garu piring beroperasi.

3. Bajak Rotari

bajak rotari
Sumber foto : petaniquick.com

Merupakan salah satu mesin pertanian modern yang terdiri dari pisau-pisau yang saling berputar berfungsi untuk penggemburan tanah. Bajak rotari ini juga biasa dikenal dengan sebutan bajak piringan karena adanya semacam pisau yang berbentuk piring yang bisa mencangkul tanah dan bergerak karena adanya motor penggerak. Bajak ini biasanya ada pada lahan penanaman padi. Ada beberapa jenis bajak rotari yang biasa petani gunakan, yaitu :

  • Bajak rotari yang menggunakan mesin penggerak PTO (pull power take off driven rotary plow). Bajak jenis ini memiliki alat penarik berupa motor khusus untuk menggerakkan bajak dan gerak maju yang ditarik oleh traktor.
  • Jenis Bajak rotari dengan tipe penggerak pribadi (self propelled type rotary plow), biasanya terdapat pada traktor roda dua. Bajak ini bergerak oleh adanya rantai atau sabuk, sehingga berfungsi juga sebagai penggerak yang bergandeng pada tiga titik. Untuk mengoperasikan bajak ini memanfaatkan daya dari as PTO traktor.
  • Bajak rotari dengan tipe kebun penggerak tambahan (pull auxiliary rotaryengine), bajak dengan tipe ini memiliki motor khusus untuk menggerakan bajak.

4. Mesin Penanam Padi atau Rice Transplanter

Rice Transplanter
Sumber foto : ekbis.sindonews.com

Biasanya padi ditanam langsung ke sawah dengan melalui tahap penanaman secara manual. Namun hal ini lama kelamaan terasa kurang efektif serta membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Jika kita lihat luas wilayah sawah di Indonesia cukup luas sedangkan jumlah petani yang tidak mencukupi. Di sisi lain, permintaan akan beras setiap tahun semakin meningkat membuat pemerintah cukup pusing. Nasi telah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia sejak zaman dulu. Dan adanya stigma masyarakat yang menyebutkan kalau makan tanpa nasi rasanya belum kenyang.

Oleh karena itu, saat ini teknologi modern sudah menapaki dunia pertanian. Adanya mesin penanam padi otomatis atau rice transplanter menjadi teknologi alternatif yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi. Jika penanaman hanya mengandalkan tenaga manusia maka ada kemungkinan tertundanya waktu panen yang tidak serempak. Dengan menggunakan mesin penanam padi maka akan menghasilkan penanaman bibit padi yang memiliki jumlah, jarak, kedalaman yang seragam.

Meningkatnya produktivitas pertanian dapat memberikan peluang yang besar untuk mengembangkan varietas-varietas unggul yang dan mencukupi kebutuhan masyarakat akan beras serta memungkinkan peningkatan produksi beras dalam negeri sehingga bisa melakukan ekspor ke luar negeri yang berakibat positif bagi pendapatan devisa negara.

5. Mesin Penanam Kentang

pemanen kentang
Sumber foto : blog.tanijoy.com

Kentang merupakan salah satu komoditas yang cukup menjanjikan. Kentang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan juga menjadi makanan pokok bagi sebagian masyarakat Indonesia. Dalam suatu kegiatan pertanian pastinya memiliki kendala pada bidang tertentu. Untuk pertanian kentang  kendala yang biasanya terjadi yaitu benih, varietas, pengendalian penyakit dan hama, pengelolaan panen dan pasca panen yang masih terbatas.

Jika mengandalkan tenaga manusia saja maka tidak akan bisa mencapai target produksi kentang yang ada. Waktu dan tenaga juga akan terbuang dua kali lipat dan kualitas kentang juga tidak meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, adanya mesin pertanian modern akan sangat membantu dalam penanaman kentang ini. Keterbatasan tenaga pekerja membuat mesin penanam kentang ini sangat bermanfaat. Dengan lahan pertanian yang cukup luas nampaknya tidak memungkinkan jika melakukan penanaman secara manual.

Komponen yang ada dalam mesin penanam kentang ini merupakan sistem transmisi mesin, penggerak mesin, dan sistem penanaman yang terdiri dari penakaran benih, distribusi, dan pembenaman tanah. Memiliki sistem mesin self propelled yang beroperasi dalam pergerakannya. Dengan peningkatan penggunaan mesin penanam kentang diharapkan dapat meningkatkan pula jumlah produksi kentang.

6. Mesin Penanam Tebu

penanam tebu
Sumber foto : mekanisasi.litbang.pertanian.go.id

Salah satu mesin pertanian modern yang berguna untuk menanam tebu dan memasang dripline. Mesin ini merupakan salah satu mesin hasil inovasi terbaru yang berhasil BBP Mektan (Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian) buat. Modernisasi mesin ini menunjukan bahwa pertanian Indonesia mulai menuju ke proses kemajuan yang pesat. Mesin ini memiliki teknologi canggih dengan mampu beroperasi untuk menanam tebu dan memasang dripline untuk kepentingan irigasi dalam satu kali operasi.

Pemasangan dripline sangatlah penting dalam penanaman tebu, dengan adanya dripline berguna untuk pola irigasi tanaman tebu dan sistem pengeluaran aliran air ke permukaan tanah. Dripline juga bermanfaat untuk sistem pemupukan tanaman tebu. Jika mengandalkan tenaga manual, maka harus melakukan pembenaman dripline di dalam tanah dengan panjang 15 cm sampai 17 cm. Memiliki sistem filtrasi kotoran agar tidak menyumbat dripline serta penggunaanya bisa menyesuaikan kebutuhan dan luas lahan penanaman. Dengan adanya mesin pertanian modern alat penanam tebu ini bisa meningkatkan efisiensi dan produktifitas pertanian tebu. Serta bisa menjadikan tanaman tebu menjadi komoditas yang memiliki hasil produksi yang tinggi dan menjanjikan.

7. Mesin Pemanen Tebu

pemanen tebu
Sumber foto : id.wikipedia.org

Mesin pertanian modern ini sebenernya telah berkembang sejak tahun 1920-an namun terus mengalami modifikasi dan perbaikan bentuk serta fungsinya. Untuk lahan pertanian tebu yang luas, biasanya menggunakan mesin pemanen tebu dalam proses panennya. Mekanisme kerja mesin ini adalah dengan memotong daun pada tebu dan memisahkan batang dan daun tanaman tebu. Untuk beberapa mesin pemanen tebu juga ada yang memotong tebu menjadi beberapa potongan yang lebih pendek.

Mesin ini bekerja dengan adanya tarikan dari traktor. Pemotongan tebu berada pada bagian yang hampir mendekati tanah dan langsung memasukan batang tebu ke keranjang pengumpul. Dengan adanya mesin ini bisa sekaligus memanen beberapa pohon tebu dalam sekali jalan. Sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian tebu. Karena jika hanya mengandalkan tenaga manusia maka akan mencapai waktu yang lama dan tenaga yang digunakan juga tidak sedikit.

Penggunaan mesin pemanen tebu ini juga merupakan sebuah investasi bagi para petani. Pasalnya bisa menghemat waktu panen dan mengalokasikan waktu yang tersisa untuk hal-hal lainnya. Dengan perawatan yang tepat mesin pemanen tebu ini akan terus beroperasi dengan baik. Bagian daun yang telah terpisah dengan batang akan terdekomposisi dan menjadi pupuk yang berguna bagi penanaman tebu selanjutnya.

8. Mesin Pengupas Biji Kopi

 

Kopi merupakan salah satu komoditas hasil pertanian yang sangat menjanjikan. Sejak zaman penjajahan, Indonesia sudah menjadi penghasil kopi yang terkenal di dunia. Komoditas kopi asal Indonesia terkenal memiliki mutu dan kualitas yang tinggi. Biji kpi yang berkembang di Indonesia di antaranya adalah kopi robusta dan arabica. Salah satu mesin yang berperan penting dalam proses produksi kopi yaitu mesin pengupas biji kopi.

Mesin pengupas biji kopi merupakan salah satu mesin pertanian modern yang sangat bermanfaat karena bisa menghasilkan produk pertanian kopi yang rapi dan dalam waktu yang cepat. Sehingga bisa meningkatkan produksi dan efisiensi kopi. Mesin pengupas kopi ini memiliki rol untuk mengupas kopi. Mesin ini bergerak dengan bantuan tenaga diesel dan bergerak dengan bantuan motor listrik. Memiliki pisau pengupas yang sudah dirancang sedemikian rupa agar bisa mengupas kulit kopi dengan bentuk yang sesuai.

Mesin akan bekerja secara otomatis untuk memisahkan kulit kopi dalam keadaan basah. Kulit kopi yang terbuang merupakan kulit tipis yang memiliki kulit tipis. Spesifikasi mesin menawarkan kekuatan sampai 2200 watt dan kapasitas kopi yang bisa terkupas yaitu sebanyak 600 kg kopi dalam setiap jamnya.

9. Mesin Pemanen Singkong

pemanen singkong
Sumber foto : id.aliexpress.com

Salah satu komoditas pertanian yang sering terkenal sebagai bahan makanan pokok di beberapa daerah dan bahan baku camilan tradisional. Berguna sebagai makanan alternatif bagi masyarakat Indonesia. Singkong atau ubi kayu merupakan salah satu tanaman yang lumayan banyak menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Pasalnya tanaman ini cukup mudah untuk ditanam di berbagai kondisi tanah dan tidak memerlukan perawatan yang khusus dan mahal dalam menanamnya.

Proses produksi singkong meliputi beberapa tahapan di antaranya tahap persiapan lahan, penanaman, pengelolaan lahan, dan pemanenan. Permintaan akan singkong yang semakin meningkat menyebabkan para petani singkong harus menggunakan metode yang lebih modern dan canggih. Salah satu mesin pemanen singkong yaitu mesin jenis WH-CM4000 Cassava Combine Harvester yang memiliki beberapa sistem pengoperasian.

Sistem pengoperasian yang ada pada mesin ini di antaranya yaitu tipe penggalian mesin, tipe tarik, tipe kombinasi penggalian dan penarikan. Mesin pertanian pemanen singkong dapat beroperasi dengan menggali, mengangkut, mencengkeram, memisahkan batang singkong dan bisa beroperasi sekaligus dalam sekali jalan. Sehingga sangat efisien dan mengurangi biaya produksi.

10. Mesin Penyiram Tanaman Otomatis

penyiram otomatis
Sumber foto : cakrawalamedia.co.id

Salah satu cara untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang mandiri pangan adalah dengan meningkatkan produktivitas pertanian. Petani Indonesia sebagian besar masih menggunakan cara tradisional dalam mengelola lahan pertaniannya. Berbeda dengan negara lain yang sudah maju, mereka sudah menggunakan berbagai macam teknologi dan mesin modern. Untuk menyiram tanaman yang jumlahnya banyak dengan lahan yang luas secara rutin tiap harinya terasa kurang efektif.

Untuk tanaman tertentu jumlah penyiraman dalam sehari juga berbeda-beda. Oleh karena itu adanya mesin penyiram tanaman otomatis sangat bermanfaat bagi para petani. Karena mesin ini bisa menyiramkan air dengan waktu yang telah petani tentukan sehingga air akan tersebar merata dan tidak menyebabkan layu pada tanaman. Mekanisme kerja alat penyiram otomatis adalah dengan memanfaatkan sensor kelembaban sehingga bisa memperkirakan dan mengukur kelembaban tanah.

Baca Juga : 10 Mesin Perternakan Modern Sangat Bermanfaat

Kategori yang bisa teridentifikasi dari mesin ini ada dua yaitu tanah yang memiliki keadaan kering dan tanah yang memiliki keadaan lembab. Dengan adanya mesin ini juga untuk menghemat air karena hanya akan menyiram tanaman yang memiliki keadaan kering dan kurang air. Sehingga air tidak terbuang secara sia-sia.

Cara kerja mesin penyiram tanaman otomatis antara lain yaitu :

  • Terdapat sensor kelembaban yang sudah tertanam di dalam tanah sehingga dari sensor tersebut akan teridentifikasi tanah yang kelembabannya mulai menurun.
  • Mesin penyiram tanaman otomatis akan mendapat dua kategori tanah, yaitu tanah dengan keadaan kering dan tanah dengan kelembaban yang basah.
  • Jika mesin sudah mengidentifikasi maka akan otomatis menyiramkan apabila tanah dalam kondisi kering, jika tanah berada pada kondisi basah maka mesin secara otomatis akan dalam mati.
  • Untuk penyiraman secara rutin juga bisa petani atur, nantinya mesin ini akan menyiramkan secara teratur sesuai jadwal.

Itulah 10 daftar mesin pertanian modern yang wajib kamu tahu. Dengan adanya pembaharuan mesin pertanian modern diharapkan bisa meningkatkan tingkat produktivitas dan efisiensi pertanian terutama pertanian dalam negeri. Serta mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri bahkan mampu bersaing di tingkat ekspor.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.