Breaking News

10 Mesin Perternakan Modern Sangat Bermanfaat

Perkembangan peternakan di Indonesia sudah semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Banyak masyarakat yang menjadikan usaha ternak sebagai salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Permintaan yang tinggi akan hasil ternak, membuat para peternak semakin memutar otak mencari cara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil ternaknya. Jika membandingkan kondisi peternakan Indonesia dengan negara lain, pastinya masih terbilang belum pesat. Hal ini lah yang membuat kebutuhan domestik akan kebutuhan daging dan hasil peternakan lainnya tidak bisa terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu dengan adanya berbagai mesin peternakan modern dan canggih bisa membantu perkembangan peternakan di Indonesia.

Berikut Ini 10 Mesin Peternakan Modern yang Sangat Bermanfaat

1. Mesin Peternakan Modern Pengunci Ternak

Kandang jepit
Sumber foto : arrahmah.com

Mesin peternakan modern yang satu ini berfungsi untuk memudahkan berinteraksi dan melakukan serangkaian perawatan terhadap hewan ternak. Mekanisme kerja mesin pengunci ternak ini adalah dengan menjepit hewan ternak. Bertujuan agar hewan ternak tidak berlarian dan tidak memberontak. Mesin ini telah didesain dengan bahan yang aman yaitu dari karet yang kuat dan masih elastis sehingga tidak akan menyakiti hewan ternak. Mesin ini dinilai sangat efektif untuk membantu peternak dalam memberikan perawatan khusus bagi hewan ternaknya. Misalnya jika akan mengobati luka pada salah satu hewan ternak atau bisa juga untuk membantu dalam proses memerah susu.

2. Mesin Peternakan Modern Pengumpul Makanan

Pengumpul Makanan ternak
Sumber foto : Jatimtimes.com

Mesin pengumpul makanan banyak peternakan skala besar gunakan dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi pemberian makan ternaknya. Peternakan dengan skala yang besar seringkali memiliki masalah dengan pemberian makan ke pada hewan. Pasalnya jika hanya mengandalkan tenaga manusia maka akan tidak maksimal dan tidak efektif untuk jangka panjang.

Mekanisme kerja mesin pengumpul makanan ini adalah dengan mengumpulkan makanan yang bercecer sehingga bisa terjangkau oleh hewan ternak dari pembatas. Mesin peternakan modern ini bekerja mirip dengan vakum yang bisa memaksimalkan pemberian pakan kepada hewan ternak juga agar tidak banyak pakan yang terbuang sia-sia. Kelebihan lainnya dari pakan ini yaitu bisa terkontrol dalam jarak yang jauh sehingga sangat memudahkan peternak dalam mengoperasikannya.

3. Mesin Peternakan Modern Penghancur Jerami

Mesin Peternakan Modern Penghancur Jerami
Sumber foto : rumahmesin.com

Jika memiliki peternakan yang cukup luas dengan hewan ternak yang banyak mungkin akan kesulitan dalam mengolah pakan ternak. Butuh waktu yang lama dan tenaga yang lebih jika pakan hewan ternak yang berjumlah ratusan bahkan ribuan hanya disiapkan dengan tenaga yang manual. Jika hanya beberapa hari mungkin terasa bisa, namun untuk efek jangka panjangnya perlu pertimbangkan tingkat efektifitasnya. Yang akan berdampak pada produktivitas hewan ternak karena pemberian pakan yang kurang maksimal. Oleh karena itu, mesin penghancur jerami merupakan salah satu mesin peternakan modern yang sangat berguna dalam peternakan.

Mekanisme kerja mesin penghancur jerami yaitu dengan menghancurkan jerami sekaligus menyebarkannya ke kandang-kandang ternak. Mesin penghancur ternak sangat membantu dalam hal pemberian pakan ternak. Sehingga peternakan selalu bisa memantau kualitas dan produktivitas hewan ternak dalam skala yang besar dengan baik.

4. Alat Pemotong Tanduk

alat pemotong tanduk
Sumber foto : vinceapriliyanty.wordpress.com

Biasanya alat ini terdapat pada peternakan hewan skala yang besar. Alat pemotong tanduk biasanya dikenal dengan nama dehorner. Pada beberapa hewan ternak memiliki pertumbuhan tanduk yang terlalu tajam dan panjang. Hal itu bisa melukai ternak lain yang berada pada satu kandang serta bisa memicu perkelahian antar hewan ternak. Akibat yang paling buruk yang bisa terjadi yaitu kematian hewan ternak karena perkelahian dengan ternak lain.

Sebenarnya ada dua metode yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan tanduk yaitu dengan cara disbudding dan dehorningDisbudding merupakan cara menghilangkan tanduk hewan dengan membakar calon tanduk yang akan tumbuh. Sementara, dehorning merupakan cara dengan memotong tanduk pada hewan ternak yang sudah menginjak usia dewasa.

Ada dua jenis mesin yang biasa peternakan gunakan dalam memotong tanduk yaitu alat pemotong tanduk elektrik dan alat pemotong tanduk manual. Untuk alat pemotong tanduk elektrik bisa menggunakan cara berikut :

  • Bersihkan bulu yang ada di bagian tanduk dengan bersih, kemudian cuci bersih daerah tersebut dengan sabun dan keringkan.
  • Bakar pipa besi ke dalam tungku, jika sudah panas lalu tempelkan bara pipa besi ke bagian sekitar tanduk agar tanduk bisa dengan mudah copot. Sehingga tanduk secara permanen tidak akan tumbuh lagi.
  • Perlakuan penempelan bara pipa panas sangat cepat dan hanya berlangsung sekitar dua menit saja. Jika berlangsung lama maka akan berdampak pada kerusakan sel otak ternak.
  • Tunas tanduk yang telah terbakar mudah sekali terkelupas, lalu luka bakar akibat pengelupasa bisa diobati dengan antibiotik.

Untuk alat potong tanduk manual bisa menggunakan dengan cara berikut :

  • Dengan memotong langsung tanduk hewan menggunakan gergaji atau gunting.
  • Sapi yang melakukan pemotongan tanduk harus berusia 6 sampai 10 bulan.
  • Saat proses pemotongan, akan berada di kandang jepit agar tidak memberontak.
  • Kemudian hidung sapi terpasangi dengan alat yang semacam tang. Pemotongan tanduk tepat pada perbatasan pangkal tanduk dengan kepala.
  • Lalu bekas luka pencabutan tanduk akan diolesi dengan aspal atau ter agar menghentikan pendarahan serta mencegah adanya infeksi.

5. Mesin Pemerah Susu

Mesin Pemerah Susu
Sumber foto : alatmesin.com

Pada zaman dulu, peternak memerah susu dengan cara yang masih manual dan tradisional. Yang mengakibatkan kurang maksimalnya susu yang bisa diperoleh. Dengan memerah secara tradisional akan membuang banyak waktu dan tenaga. Untuk memaksimalkan produksi susu dalam suatu peternakan, mereka beralih dari cara yang tradisional ke cara yang lebih modern, efisien, dan tentunya mudah. Yaitu dengan menggunakan mesin pemerah susu. Mesin pemerah susu sangat bermanfaat terutama untuk skala peternakan besar dan susu yang harus diperah juga banyak.

Dengan beralihnya menggunakan cara manual ke cara yang lebih modern akan berdampak baik bagi pemenuhan kebutuhan susu domestik. Terutama saat ini, kebutuhan akan susu nampaknya sudah menjadi bahan pokok kita sehari-hari. Banyak olahan makanan yang terbuat dari susu yang banyak masyarakat sukai.  Mekanisme penggunaan mesin ini yaitu dengan menggunakan tabung penyedot yang terhubung dengan selang yang bisa langsung pemilik pasang ke bagian hewan yang mengeluarkan susu. Mesin ini bisa sangat bermanfaat bagi para peternak, selain terbuat dari bahan yang tahan lama dan aman. Pemerah susu portable ini juga mudah perawatannya.

6. Alat Pemberian Tanda pada Ternak

Alat Pemberian Tanda pada Ternak
Sumber foto : kambingkiloan.com

Alat yang berfungsi untuk memudahkan pendataan atau pencatatan hewan ternak. Dengan adanya pemberian tanda pengenal, bisa memudahkan peternak untuk mengatur hewan ternaknya dan memantau kondisi kesehatan maupun kualitas hewan ternak. Alat yang biasa digunakan dalam penandaan hewan ternak yaitu :

  • Ear tag merupakan sejenis anting yang ada pada hewan ternak dan ada terpasang di bagian daun telinga hewan ternak. Terbuat dari bahan yang aman seperti karet, plastik, atau aluminium sehingga tidak memicu infeksi pada telinga hewan ternak. Ear tag terpasang dengan bantuan alat yang memiliki sebutan ear tag applicator. Ada beberapa ear tag applicator yang biasa peternak gunakan, yaitu :
    • Applicator tang merupakan alat yang berfungsi untuk memasangkan ear tag pada kuping hewan ternak dengan jenis yang bermacam-macam tergantung pada ear tag yang ada.
    • Applicator gun merupakan alat untuk memasang ear tag yang berbentuk pistol. Ada beberapa macam applicator gun seperti rotary tattoo yang berbentuk tang dan memiliki penomoran bermacam-macam dan bisa pemilik atur, outfit tatto merupakan merupakan tang yang memiliki nomor yang bisa terpasang dan keluarkan.
  • Paint Stick merupakan alat untuk melakukan penandaan hewan ternak yang cukup mudah dan simple. Meskipun, cara ini tidak permanen namun cukup awet dalam beberapa waktu dan tidak mudah hilang karena panas dan hujan. Dengan cara menomori atau menandai dengan simbol tertentu pada badan hewan ternak kita agar mudah kita kenali.
  • Electric tattoo merupakan alat penandaan yang memanfaatkan arus listrik untuk menomori hewan ternak.

7. Tractor Roda Empat

Tractor Roda Empat
Sumber foto : youtube.com

Merupakan alat yang berguna dalam peternakan sebagai alat mobilitas hasil peternakan atau untuk mengangkut pakan dan kebutuhan ternak dalam jumlah yang banyak. Selain itu juga berfungsi sebagai pengangkut jerami, bahan penguat konsentrat, limbah peternakan, dan bahan lain yang memiliki volume tinggi. Tractor roda empat memiliki kelebihan karena mampu bekerja optimal di berbagai kondisi lingkungan.

Seringkali peternakan yang masih menganut sistem tradisional memiliki area yang becek dan licin. Tractor roda empat memiliki model ban yang mampu beroperasi di segala keadaan lingkungan, termasuk daerah lumpur. Proses perawatan mesin peternakan modern ini juga tergolong mudah, perawatan dan pemeliharaan mesin berguna untuk menjaga dan memperbaiki kualitas mesin dari waktu ke waktu. Selain itu juga untuk menjaga kelancaran mesin dan memperpanjang umur teknis mesin atau gedung.

Perawatan mesin dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu:

  • Perawatan secara rutin merupakan perawatan yang harus ada tiap harinya atau bersifat sistematis dan berkelanjutan. Pemberlakuan perawatan rutin atau perawatan harian juga bisa kita lakukan antara lain dengan mengecek secara berkala kondisi air radiator pada mesin, menambah oil pelumas dan transmisi jika sudah berada di bawah standar normal, mengisi bahan bakar sampai pada batas maksimum, dan lainnya.
  • Pemberlakuan perawatan secara periodik merupakan perawatan yang ada pada setaip jangka waktu tertentu dan bersifat rutin. Perawatan ini biasanya menyesuaikan aturan traktor tersendiri, biasanya bisa berkala dalam kurun waktu 50 jam, 100 jam, 200 jam, 300 jam, dan lainnya.
  • Perawatan secara terencana merupakan tindakan perawatan yang sudah terencana sebelumnya sehingga bisa berjalan lancar dengan persiapan yang baik dan waktu yang singkat.
  • Pemberlakuan perawatan untuk pencegahan merupakan perawatan yang harus kita lakukan sebelum mesin mengalami gangguan atau kerusakan, perawatan ini berfungsi agar mesin bisa awet dan tahan lama.
  • Tindakan perbaikan mesin yang rusak merupakan tindakan yang bisa kita lakukan setelah mesin mengalami kerusakan sehingga kerusakan yang terjadi nantinya tidak terlanjur parah.

8.  Mesin Pemotong Tulang dan Daging Sapi

Sumber foto : astromesin.com

Merupakan salah satu jenis mesin peternakan modern yang banyak digunakan di peternakan sapi potong. Karena meningkatnya permintaan masyarakat terhadap daging sapi menyebabkan peternak kadang kewalahan dalam memenuhi kebutuhan daging sapi yang sangat tinggi. Jika memotong sapi menggunakan cara manual pastinya akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu sehingga tidak efektif dan efisien.

Pemakaian pisau manual juga tidak akan berumur panjang karena bisa tumpul dalam waktu yang cepat jika terlalu sering kita gunakan. Sehingga hal tersebut secara langsung akan mempengaruhi kualitas daging potong. Adanya mesin pemotong tulang dan daging sapi bisa menghasilkan daging potong dalam jumlah yang banyak dan bentuk yang sesuai. Pemotongan daging sapi dengan bentuk yang rapi akan memudahkan para staf dan chef  terutama dalam memasak steak. 

Pemotongan daging yang rapi dan konsisten akan meningkatkan efisiensi dan daya tarik konsumen. Mesin pemotong tulang dan daging sapi memiliki design yang khusus dan terbuat dari bahan stainless steel yang bisa menjaga higienitas produk daging. Selain itu, mesin ini juga memiliki fitur yang simple sehingga bisa menghemat waktu, tenaga, listrik sehingga lebih efektif dan efisien. Kecepatan operasi mesin ini bisa mencapai 15 m/s.

9. Mesin Penetas Telur

Merupakan mesin peternakan modern yang biasanya terdapat di tempat peternakan ayam . Proses penetasan telur memang alaminya terjadi karena pengeraman dari induk telur. Namun, jika menetaskan telur dengan cara alami akan menghasilkan jumlah keberhasilan dalam penetasan telur yang lebih rendah dan tidak sebanyak jika kita menetaskan telur menggunakan mesin penetas telur.

Berdasarkan jenisnya mesin penetas telur dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

1. Mesin Penetas Telur Traditional

Mesin Penetas Telur Traditional
Sumber foto : kabartani.com

Dalam prosesnya, mesin ini masih menggunakan tenaga manusia secara manual untuk membalikan telurnya. Mesin ini cocok dalam skala produksi yang kecil atau skala rumah tangga. Penggunaan mesin ini juga tidak membutuhkan biaya yang besar dalam pembuatan maupun perawatannya. Sumber panas yang ada biasanya berasal dari lampu bohlam, petromax, ataupun tungku api dari bahan bakar sekam padi. Kapasitar telur yang ada dalam setiap mesin penetas telur traditional ini yaitu sekitar 50 hingga 200 butir telur.

2. Mesin Penetas Telur Semi Otomatis

mesin penetas telur semi otomatis
Sumber foto : majalahinfovet.com

Merupakan mesin penetas telur yang lebih modern dan canggih dari mesin penetas telur tradisional. Mesin ini memiliki tuas pemutar yang ada di luar mesin. Tuas tersebut berguna untuk membalikan telur sehingga tidak perlu membuka ruangan inkubator terlebih dahulu. Kapastitas telur untuk mesin ini juga lebih banyak sekitar 300-1.200 telur dari mesin penetas tradisional, namun kapasitas mesin penetas telur semi otomatis tergantung pada jenisnya.

3. Mesin Penetas Telur Otomatis

Mesin Penetas Telur Otomatis
Sumber foto : jakartafarm.com

Mesin penetas ini memiliki serangkaian fitur di antaranya pengatur suhu, pengatur kelembaban, timer yang otomatis. Dalam mesin penetas telur otomatis memiliki fitur yang dapat membolak balikan telur yang sudah di-setting dalam jangka waktu tertentu. Kapasitas yang ada pada mesin ini juga pastinya lebih banyak dari mesin penetas telur tradisional dan semi otomatis. Biasanya mesin penetas telur ini dimiliki oleh perusahaan peternakan ayam yang berskala besar. Mesin ini bisa bekerja secara otomatis hingga proses penetasan.

10. Mesin Pembuat Pelet Pakan Ternak

Mesin Pembuat Pelet Pakan Ternak
Sumber foto : grahamesin.com

Merupakan mesin yang bermanfaat untuk mencetak pelet ikan dengan kualitas terbaik. Mesin pembuat pelet ini tidak hanya bermanfaat untuk memproduksi pakan ternak ayam saja, tetapi juga bisa bermanfaat untuk pakan kelinci, ikan, hamster, dan unggas lain. Pembuat pelet ini sangat memudahkan peternak dalam pengadaan pakan ternak, membuat pakan dengan jumlah yang banyak dan bisa menghemat alokasi dana untuk pakan ternak. Mesin ini terbuat dari bahan yang aman dan terjamin kebersihannya.

Baca Juga : 10 Mesin Pertanian Modern Wajib Kamu Tahu

Perawatan untuk mesin pembuat pelet pakan ternak juga tidak beda jauh dengan perawatan mesin pada umumnya. Seperti secara rutin untuk memeriksa keadaan mesin sebelum mengoperasikannya, rutin membersihkan mesin setelah mengoperasikannya, dan melakukan pengecekan atau servis secara berkala dalam waktu tertentu.

Itulah 10 daftar mesin peternakan yang wajib kamu ketahui, untuk memaksimalkan fungsi efisiensi dan efektifitas dalam peternakan. Maka mesin-mesin ini sangat membantu peternak dalam meningkatkan mutu dan hasil.

Check Also

Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing

8 Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing, Yang Perlu Dikatahui Para Pecinta Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak disuguhkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini admin bakal mangulas modul mengenai Penyakit Mulut , berikut penjelasannya: Kucing merupakan salah satu dari banyak fauna lucu yang hendak Kamu temui di area. Inilah kenapa banyak orang amat bergairah, sebab binatang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.