Referensi Obat Penyakit Snot Ayam, 100% Manjur!

  • Whatsapp
obat penyakit snot ayam

Melakukan ternak atau memelihara ayam memang membutuhkan perawatan yang baik. Sebab, ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang ayam, contohnya seperti snot. Sebenarnya, ada beberapa obat penyakit snot ayam dan cara pencegahan yang bisa Anda lakukan agar ayam tidak terkena penyakit ini. Lalu, apa saja obat dan cara pencegahan tersebut? Dan sebenarnya, seperti apa sih penyakit snot itu?

Sekilas Tentang Penyakit Snot Ayam

obat penyakit snot ayam
(sumber gambar: solusindosukowati.com)

Penyakit snot atau Infeksius coryza adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang area pernafasan pada unggas. Mulai dari ayam, bebek, dan lain sebagainya. Penyebab dari penyakit snot adalah adanya infeksi darii bakteri Haemophillus gallinarum yang langsung menginfeksi saluran pernafasaan.

Penyakit ini sangat penting untuk peternak waspadai karena bisa bersifat akut dan cenderung berbahaya. Pada saat awal terinfeksi, mungkin belum berbahaya untuk ayam. Akan tetapi, jika tidak segera Anda tangani, bisa menjadi penyakit yang kronis dan akut serta berpotensi menularkan pada ayam lain dengan cepat. Penyebaran penyakit ini umumnya sering terjadi pada saat udara sedang tidak baik atau saat musim dingin.

Penyakit Snot juga umumnya akan mudah menyerang ayam yang berusia kurang dari 16 minggu atau 4 bulan. Tingkat kematian unggas yang bisa penyakit snot timbulkan mencapai angka 30% sehingga memang cukup berbahaya. Untuk itu Anda sebagai peternak atau pemilik ayam harus benar-benar mewaspadai penyakit ini.

Gejala Penyakit Snot Ayam

Seperti penyakit lainnya, snot ayam juga memunculkan gejala dan ciri-ciri yang bisa terlihat pada ayam. Inilah beberapa gejala tersebut:

  1. Ayam akan bersin-bersin dan cenderung menggeleng-gelengkan kepala ke arah akan dan kiri dengan cepat karena tidak nyaman dan hidung yang tersumbat
  2. Ada cairan seperti ingus yang muncul di hidung ayam. Awalnya, cairan tersebut masih cair namun lama kelamaan cairan tersebut akan berubah menjadi kental
  3. Ingus mengeluarkan bau yang busuk dan tidak sedap
  4. Bagian mata ayam menjadi bengkak dan lebam
  5. Ayam mengeluarkan suara yang seperti mengorok
  6. Nafsu makan ayam menjadi turun dan cenderung lemas dan tidak aktif
  7. Muncul penyakit lain apabila penyakit tidak segera Anda tangani

Jika ayam Anda sudah menunjukkan tanda-tanda ini, maka Anda harus segera mengambil tindakan dengan mengobatinya. Jika tidak, hal ini bisa berakibat buruk pada kesehatan ayam Anda dan berpotensi menularkan ke ayam lainnya. Lalu, apa saja obat penyakit snot ayam itu?

Baca Juga: Kupas Tuntas Cara Budidaya Udang Galah Sukses Panen

Referensi Obat Penyakit Snot Ayam yang Manjur

obat penyakit snot ayam
(sumber gambar: finance.detik.com)

Sebenarnya, obat penyakit snot ayam bisa Anda dapatkan dari bahan alami ataupun bahan kimia. Keduanya sama-sama bisa Anda gunakan untuk pengobatan yang optimal. Tergantung pada preferensi Anda saja ingin menggunakan jenis obat yang mana. Inilah ulasan dari kedua jenis obat tersebut:

1. Obat Snot Ayam dari Bawang Putih

Bawang putih memang bisa menjadi obat herbal dari banyak penyakit. Bagi manusia, obat herbal dari bawang putih memang sudah sangat banyak. Sementara untuk hewan, snot ayam bisa Anda obati juga dengan bawang putih. Untuk cara pengobatannya sendiri cukup mudah.

Anda hanya cukup mencampurkan bawang putih dengan pakan ayam yang biasanya Anda berikan. Untuk takarannya adalah 3% dari total keseluruhan pakan. Siapkan bawang putih, kupas, kemudian parut sampai halus. Setelah itu campurkan dengan pakan dan bisa langsung Anda berikan pada ayam.

2. Obat Snot Ayam dari Bawang Merah

Tidak hanya bawang putih, bawang merah juga bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu obat penyakit snot ayam yang ampuh. Fungsi dari bawang putih ini adalah untuk menurunkan gejala pilek yang muncul pada ayam. Dengan begitu, kondisi ayam bisa menjadi lebih baik setelah mendapat obat dari bawang merah ini.

Cara pengaplikasian bawang merah juga tergolong mudah. Anda cukup memarut beberapa siung bawang merah sampai benar-benar halus. Setelah itu, oleskan pada ayam terutama pada bagian hidung ayam.

Tujuannya agar ayam merasa hangat dan gejala pileknya menjadi berkurang. Tapi, Anda harus berhati-hati jangan sampai mengoleskannya terkena bagian mata. Sebab hal itu bisa membuat ayam menjadi tidak nyaman karena rasa panas yang muncul.

3. Obat Snot Ayam Menggunakan Jahe

Salah satu rempah lain yang berguna sebagai obat penyakit snot ayam adalah jahe. Memang jahe adalah rempah yang sangat ampuh untuk melawan banyak penyakit, baik pada manusia ataupun hewan. Untuk aplikasinya, Anda cukup menyiapkan beberapa ruas jahe saja kemudian cuci jahe sampai benar-benar bersih.

Setelah itu, memarkan jahe yang sudah Anda siapkan. Siapkan 1 liter air dan juga gula batu sebesar kurang lebih 5 cm. Campurkan air, gula batu, dan jahe dalam 1 wadah dan kemudian rebus selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah mendidih, angkat dan tunggu sampai dingin terlebih dahulu.

Jika sudah dingin, saring air rebusan itu sampai yang tersisa adalah air rebusan saja. Kemudian tambahkan lagi 10 liter air dan gula batu. Setelah itu aduk rata dan siap untuk Anda gunakan. Berikan minum ayam dengan menggunakan ramuan ini secara rutin. Dengan pemberian yang rutin, maka kondisi snot bisa membaik dan pernafasan ayam bisa pulih kembali.

4. Obat Penyakit Snot Ayam Herbal Kombinasi

Untuk obat yang satu ini adalah perpaduan dari rempah berupa kunyit, jahe, dan kencur. Ketiga rempah ini apabila Anda kombinasikan juga bisa menjadi obat yang cukup manjur mengatasi snot ayam. Cara membuat obat ini juga sangat mudah lho. Cukup siapkan saja 100 gram jahe, 100 gram kencur, dan 200 gram kunyit.

Setelah itu, haluskan semua rempah tersebut menggunakan blender atau parut. Jika sudah, tambahkan sedikit air agar campuran rempah lebih encer dan mudah Anda aplikasikan. Anda bisa memberikan obat ini pada ayam dengan menggunakan metode cekok ayam langsung atau memberikan air minum yang sudah Anda campur dengan ramuan ini.

5. Obat Snot Ayam Menggunakan Bahan Kimia

Tidak hanya menggunakan bahan herbal atau alami saja, penyakit snot ayam juga bisa Anda atasi dengan menggunakan obat berbahan dasar kimia atau obat pabrikan. Anda bisa menggunakan obat-obatan ini jika kondisi ayam memang sudah cukup parah. Ini terkait dengan adanya efek samping yang mungkin bisa obat kimia berikan kepada ayam. Untuk itu, jika memang menggunakan obat herbal saja sudah membaik, Anda bisa tidak memberikan obat kimia.

Ada banyak sekali obat kimia yang bisa Anda pakai. Beberapa contohnya adalah Streptomisin, Sulfametasin, Sulfatiasol, hingga Sulfamerasin. Selain itu, masih ada banyak jenis obat lain yang bisa Anda berikan. Anda bisa mendatangi toko obat peternakan terdekat dan berkonsultasi terkait kondisi ayam Anda. Untuk pemberiannya, pastikan mengikuti dosis yang sudah ada pada kemasan obat ya. Jangan sampai melebihi dosis dan aturan pemakaian yang sudah ada.

Pencegahan Penyakit Snot Ayam

Sebagai negara yang memiliki kondisi iklim tropis, perubahan cuaca memang bisa terjadi dengan mudah di Indonesia. Untuk itu, Anda perlu melakukan pencegahan dengan optimal supaya saat terjadi pancaroba, ayam bisa tetap sehat dan tidak terkena snot ayam. Beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Memberikan makanan yang baik untuk ayam. Baik dari segi kualitas maupun nutrisinya sehingga kesehatan ayam bisa lebih terjaga
  2. Pola makan ayam harus senantiasa terjaga dan bila perlu berikan tambahan vitamin ketika pancaroba tiba agar kekebalan tubuh ayam meningkat
  3. Secara rutin menjaga kebersihan kandang ayam. Caranya bisa dengan membersihkan kandang secara rutin dan menyemprotkan cairan disenfektan secara menyeluruh agar tidak ada bakteri atau virus yang berbahaya
  4. Membangun kandang yang bisa terkena sinar matahari. Sebab, hal ini sangat penting untuk menghindari kondisi kandang yang lembap. Kandang yang lembap bisa membuat ayam semakin rentan terkena penyakit.
  5. Selalu pastikan tempat pembuangan kotoran ayam atau litter selalu kering. Sebab litter yang lembap bisa menjadi sarang bakteri dan virus yang berpotensi membahayakan kesehatan ayam.

Itulah beberapa referensi obat penyakit snot ayam sekaligus cara pencegahan yang bisa Anda lakukan. Mengingat penyakit ini bisa berakibat serius pada ayam, maka jangan sampai Anda membiarkan jika ada ayam yang Anda miliki terkena penyakit ini ya. Segera tangani dengan baik agar tidak menyebar dan menularkan penyakit ke ayam lain yang masih sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *