Breaking News

Peluang Usaha Peternakan Sapi Perah Hasil Menjanjikan

Peluang usaha peternakan sapi perah kini semakin maju. Karena semakin tingginya permintaan susu masyarakat Indonesia baik untuk pembuatan makanan ataupun konsumsi secara lansung. Manfaat susu yang banyak menjadikannya memiliki prospek yang terbuka lebar. Terutama saat ini banyak terdapat cafe dan restaurant yang seringkali menawarkan menu olahan dari susu sapi. Usaha peternakan kini berkembang dengan pesat seiring luas lahan mulai terbatas, hal ini mendorong untuk melakukan efisiensi dan efektifitas penggunaan lahan, modal, dan faktor produksi lain. Di beberapa daerah tingkat produksi susu murni masih sedikit karena masih sedikitnya jumlah peternak yang ada.

Usaha sapi perah skala rumah tangga bisa memberikan keuntungan jika memelihara minimal 6 ekor setiap pengusaha. Sapi perah merupakan salah satu jenis sapi yang sekarang berkembang pesat di Indonesia. Namun karena keterbatasan biaya, biasanya peternakan skala rumah tangga hanya memelihara 2-3 ekor sapi. Kondisi ini memengaruhi tingkat keuntungan yang peternak peroleh. Semakin sedikit sapi yang ada maka tingkat keuntungan yang akan peternak dapat pun semakin sedikit pula.

Tingkat penghasilan yang rendah akan memengaruhi pada pengelolaan usahanya sementara biaya kebutuhan pemeliharaan saat ini cukup tinggi. Hal ini berimbas pada pengelolaan ternak yang kurang baik. Hal yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan produksi ternak yaitu dengan mempertahankan kualitas bibit sapi perah baik fisik maupun secara non fisik. Bertujuan agar produksi susu tidak menurun. Peluang usaha sapi perah memang cukup menarik dan menguntungkan. Ketertarikan ini karena usaha sapi perah menghasilkan keuntungan yang bersifat harian, sehingga ada kepastian terhadap mekanisme usaha yang jika memiliki sistem manajemen yang baik maka akan cepat balik modal.

Di sisi lain, peternak dituntut harus berpikir kreatif bagaimana cara untuk mengalokasikan sarana dan prasarana produksi yang terbatas seefisien mungkin. Agar mendapat jumlah produksi dan keuntungan yang maksimal. Meskipun untuk memulai usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit mengingat harga sapi perah yang setiap tahunnya naik, bukanlah sebuah penghalang. Dengan melihat prospek usaha sapi perah yang cerah kedepannya dan produknya selalu dibutuhkan dalam jumlah yang tidak sedikit, terutama pabrik-pabrik yang membutuhkan bahan susu.

Usaha peternakan sapi perah
Usaha peternakan sapi perah

Cara Memulai Usaha Peternakan Sapi Perah

Usaha ini merupakan salah satu usaha yang mendatangkan keuntungan besar jika kita memiliki niat dalam menjalankannya. Untuk memulai usaha ini, kita tidak perlu harus langsung membeli puluhan sapi. Jika kita memiliki keterbatasan modal, maka tidak usah khawatir karena kita bisa memulai usaha ini dengan skala kecil dulu. Jumlah sapi minimal yang kita perlukan adalah 6 ekor. Agar bisa mencukupi kebutuhan susu dan olahannya di masyarakat. Untuk tempat usaha pertama kali dengan modal yang terbatas, bisa memanfaatkan lahan dan pekarangan kosong maupun pekarangan rumah.

Pelaku Usaha Peternakan Sapi Perah

Pelaku peternakan sapi perah ini tidak harus oleh lulusan sarjana peternakan saja. Namun semua orang juga bisa terjun menekuni usaha ini, hal penting saat akan menjalankan usaha ini adalah adanya niat dan keseriusan yang tinggi. serta yang paling penting adalah konsisten dan sabar dalam menjalani usaha ini. Karena pasti membutuhkan waktu dan pengorbanan agar usaha ini bisa berkembang menjadi besar.

Konsumen Usaha

Mencari target konsumen usaha ini tidaklah susah karena susu sapi murni hampir diminum oleh seluruh kalangan usia dengan berbagai keadaan sekalipun. Sebagian besar masyarakat pasti menyukai susu murni ataupun olahannya. Melihat dari sisi manfaat yang sangat banyak dan anjuran kesehatan untuk rutin meminum susu merupakan sebuah prospek yang sangat cerah bagi usaha ini. Pelaku usaha tidak perlu susah-susah mempromosikan produknya, bisa menjalin usaha dengan pabrik olahan susu ataupun mitra-mitra yang bisa memasarkan produk susu lebih luas.

Peralatan Bisnis

Ada beberapa peralatan penting yang perlu dipenuhi demi kelancara usaaha sapi perah ini. Peralatan yang harus terpenuhi yaitu pengadaan kandang sapi perah yang baik agar sapi perah merasa nyaman dan tidak merasa stes karena tempat tinggal yang tidak sesuai, pengadaan bibit sapi perah ini merupakan hal yang penting untuk menentukan tingkat produksi susu yang bisa dicapai, terpal, mesin penggiling pakan ternak, selang air, tempat makan dan minum sapi perah.

Pemasaran Produk

Pemasaran produk saat ini nampaknya bukan masalah besar bagi para pelaku usaha, seiring berkembangnya teknologi makin banyak pula kesempatan untuk mempromosikan barang ke banyak orang. Misalnya lewat sosial media, saat ini media promosi yang paling efektif untuk mengembangkan produk adalah sosial media. Ada banyak platform sosial media yang bisa kita pakai saat ini. Kuncinya adalah promosikan produk dengan menarik dan lakukan secara konsisten. Selain itu, pemasaran produk juga bisa secara langsung ke pengepul, menawarkan di pasar-pasar, pabrik-pabrik yang membutuhkan bahan susu murni.

Usaha peternakan sapi perah juga tidak akan efektif apabila tidak menggunakan alat pemerah susu. Alat pemerah susu akan lebih maksimal dan efektif dalam memerah susu dari pada jika kita hanya mengandalkan tenaga manual yang bisa membutuhkan waktu lama. Ada banyak toko alat dan mesin yang menjual alat pemerah sapi ini.

Harga Jual Produk

Untuk menentukan harga susu murni sapi perah bisa dengan melihat patokan harga yang ada di pasaran serta tentunya dengan mempertimbangkan segala faktor dan daerah produksi. Harga susu sapi murni normalnya mulai dari Rp6.000 sampai Rp.8.000 perliter.

Pegawai Usaha Peternakan

Menggunakan pegawai sebenarnya merupakan pilihan bagi setiap pelaku usaha, karena beberapa pertimbangan seperti untuk efisiensi dalam bekerja. Pada awal produksi, bisa menggunakan satu pegawai terlebih dahulu. Karena pegawai juga membutuhkan gaji sehingga jumlahnya pun harus pelaku usaha pertimbangkan dengan baik. Pegawai merupakan orang yang bisa diandalkan, jujur, dan semangat dalam bekerja.

Keuntungan Usaha Peternakan Sapi Perah

Sapi perah merupakan hewan peternakan yang paling mudah dan paling umum. Selain itu dengan permintaan akan susu murni yang semakin harinya tidak terbatas, bisa menjadi kesempatan emas bagi peternak untuk meningkatkan skala bisnisnya. Susu merupakan minuman yang sehat dan dalam bidang kesehatan juga menganjurkan untuk rutin dalam minum susu.

Kekurangan Usaha Peternakan Sapi Perah

Jumlah orang yang menekuni usaha ini termasuk banyak, sehingga menyebabkan persaingan usaha yang ketat dan tinggi. Selain itu, perolehan produk susu yang juga bergantung pada keadaan tiap sapi perah, sehingga tidak pasti berapa banyak kita akan memeroleh susu. Sapi perah juga memiliki risiko terkena berbagai macam penyakit yang menyerang hewan ternak sehingga menyebabkan turunnya jumlah produksi. Kurangnya pengalaman dan ketrampilan peternak dalam memelihara sapi perah juga menyebabkan produksi menurun.

Pada intinya peluang dari usaha peternakan sapi perah ini memang menguntungkan, namun peternak belum mampu mendapatkan keuntungan maksimal dari usaha ini. Karena kebanyakan peternak belum bisa memanfaatkan faktor produksi dan belum memahami dengan baik.

Check Also

Download Preset Lightroom Selebgram Gratis

Download Preset Lightroom Selebgram Gratis, Di cari para Photography Amatir

Hasilbumi.net – Download Preset Lightroom Selebgram Gratis, Di cari para Photography Amatir. Buat kalian yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.