Breaking News

Manfaat Probiotik untuk Ayam Agar Semakin Sehat dan Berkualitas

Sobat agribisnis, pernahkah Anda menjumpai ayam probiotik? Ya, pemberian probiotik untuk ayam memang bukanlah hal yang aneh saat ini. Jika selama ini probiotik mungkin Anda hanya dengar untuk kesehatan pencernaan manusia, namun kini ayam juga bisa menggunakannya. Tujuan penggunaan probiotik ini juga terbilang baik dan tidak berbahaya bagi ayam itu sendiri. Inilah berbagai hal yang harus Anda tahu tentang probiotik yang bisa bermanfaat untuk pertumbuhan ayam.

Apa Itu Probiotik untuk Ayam?

probiotik untuk ayam
(sumber gambar: sociolla.com)

Pada dasarnya, probiotik adalah sebuah suplemen atau makanan yang memiliki kandungan bakteri hidup. Pemberian probiotik ini memang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Meski begitu, probiotik juga bisa Anda berikan untuk hewan agar pencernaannya juga semakin sehat. Tujuan dari pemberian probiotik adalah untuk menggantikan atau menambah jumlah bakteri baik yang ada di dalam pencernaan.

Seperti yang Anda tahu bahwa makhluk hidup dalam hal ini adalah manusia dan hewan pasti memiliki milyaran bakteri di dalam pencernaan. Adanya bakteri ini memiliki peran yang berbeda-beda dan saling bersaing agar mendapatkan ruang serta supan makanan di dalam usus.

Nantinya, jumlah bakteri dan jenis bakteri bisa berubah dan berbeda pada masing-masing hewan. Mengapa bisa berubah? Karena bisa saja hewan tersebut terpapar atau mendapatkan jenis bakteri baru yang masuk ke pencernaannya.

Dari sekian banyak bakteri yang masuk, memang kebanyakan bukanlah jenis yang berbeda. Meski begitu, bukan berarti tidak ada bakteri jahat sama sekali. Tetap ada potensi bakteri jahat di dalam pencernaan. Misalnya bakteri Salmonella atau E-coli yang memang jahat untuk pencernaan.

Akan tetapi, jumlah bakteri jahat tersebut tidak terlalu banyak sehingga tidak berbahaya untuk tubuh hewan itu sendiri. Jumlah dari bakteri jahat ini juga akan kalah dengan bakteri yang baik supaya tidak merusak kesehatan pencernaan. Karena jika jumlah bakteri jahat lebih banyak, maka hewan bisa mengalami masalah pencernaan.

Penggunaan Probiotik Sebagai Pengganti Antibiotik

Dulunya, untuk menghasilkan ayam broiler yang siap potong dan memiliki bobot yang mantap maka akan ada kegiatan penyuntikkan hormon. Hormon tersebut memiliki kandungan antibiotik yang bisa mempercepat pertumbuhan ayam maupun jenis unggas lainnya. Akan tetapi, karena adanya ancaman resistensi antimikroba maka banyak peneliti yang berusaha untuk mencari bahan aditif lain yang bisa memacu pertumbuhan unggas namun tetap aman.

Di kawasan Eropa, peraturan tentang pelarangan penggunaan antibiotik tercantum dalam regulasi EC Council Regulation No. 1804/99. Sementara itu di Indonesia, larangan penggunaan antibiotik ini tercantum dalam Peraturan Menteri Pertanian No. 14 Tahun 2017 mengenai Klasifikasi Obat Hewan. Adanya peraturan ini jelas menjadi bukti bahwa pemerintah juga berupaya untuk mengendalikan adanya resistensi antimikroba pada hewan ternak.

Dari hasil penelitian untuk mencari bahan aditif bagi pertumbuhan ayam, maka hasilnya probiotik bisa menjadi pilihan tepat. Supplementations probiotic yang di dalamnya terdapat bakteri Bifidobacterium sp dan Lactobacillus sp, ternyata bisa membantu pertumbuhan ayam dan menggantikan hormon antibiotik pada hewan ternak. Bakteri Bifidobacterium sp dan Lactobacillus sp bisa memberikan efek positif terhadap jumlah bakteri di dalam saluran pencernaan hewan dan memperbaikinya.

Baca Juga: Cara Membuat Konsentrat Ayam Alami, Super Mudah!

Waktu Terbaik Pemberian Probiotik

Pemberian probiotik juga harus mempertimbangkan waktu terbaiknya. Pada dasarnya, ketika Anda bertujuan memperbaiki saluran pencernaan ayam dan meningkatkannya, maka waktu paling pas untuk memberi probiotik adalah ketika ayam masih berusia kecil. Mengapa?

Sebab ketika memberikan probiotik ketika sudah besar, maka dalam pencernaan dan usus ayam itu sudah akan ada bakteri baik dalam jumlah yang cukup. Hasilnya, ketika Anda menambahkan probiotik maka tidak akan ada perubahan signifikan untuk kesehatan ayam tersebut. Selain itu, Anda justru akan mengubah keseimbangan populasi bakteri yang ada pada pencernaan ayam.

Sebaliknya, jika Anda memberikan probiotik ketika ayam masih kecil maka hasilnya akan lebih signifikan untuk kesehatannya. Pasalnya, anak ayam yang baru lahir belum memiliki kondisi usus yang sempurna dan belum punya cukup waktu mendapatkan bakteri yang baik. Akibatnya jumlah bakteri jahat yang ada di dalam pencernaan mereka tentu bisa jadi lebih banyak.

Darimana asal bakteri jahat itu? Yaitu dari wadah makanan maupun minuman yang bisa menjadi sarang bakteri jahat. Nah, jika dari usia yang kecil Anda sudah memberikan probiotik untuk ayam, maka peran probiotik dalam memperbaiki dan meningkatkan kesehatan pencernaan ayam tentu akan jadi lebih besar. Hasilnya, pertumbuhan dan kesehatan ayam bisa terjadi secara alami dan lebih efektif untuk menghasilkan ayam probiotik yang berkualitas dan sehat.

Manfaat Pemberian Probiotik Pada Ternak Ayam

probiotik untuk ayam
(sumber gambar: vitasean50.com)

Karena terbukti bisa memberikan efek yang baik untuk pencernaan ayam tanpa harus suntik hormon, maka semakin banyak pelaku ternak ayam yang beralih menggunakan probiotik. Tidak heran jika saat ini muncul jenis ayam probiotik selain ayam broiler dan ayam organik. Jenis ayam ini pun juga sudah semakin banyak dan mudah Anda jumpai di supermarket-supermarket besar.

Pada dasarnya, untuk mendapatkan ayam probiotik maka pencernaan ayam akan mendapatkan pasokan bakteri baik berupa Lactobacillus. Tidak hanya itu, ayam juga akan mendapatkan tambahan jamu-jamuan berupa temulawak, kunyit, brotowali, hingga jahe.

Penggunaan hormon suntik bagi ayam broiler akan cenderung memberikan efek buruk bagi ayam. Mulai dari membuat ayam lebih stres, cedera kaki, kesulitan bernapas, dan kondisi jantung yang kurang baik. Karena berdampak buruk, maka penggunaan hormon sunti antibiotik ini memang sangat baik apabila segera Anda ganti.

Probiotik akan membuat kondisi pencernaan ayam menjadi semakin baik dan sehat. Selain itu kandungan lendir, lemak, dan minyak alami yang ada di ayam juga akan jauh berkurang daripada ayam broiler biasa. Akibatnya, kadar kolesterol yang ada di ayam jenis probiotik menjadi lebih rendah. Sebaliknya, jumlah kandungan protein akan menjadi lebih tinggi dan ayam jadi jauh lebih sehat untuk Anda konsumsi.

Cara Membuat Probiotik Sendiri

Saat ini, Anda bisa dengan mudah mencari sumber probiotik sehat yang bisa Anda berikan untuk ternak ayam. Baik membelinya di toko peternakan terdekat atau bisa secara online. Anda juga bisa membuat probiotik untuk ayam sendiri. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah:

  • Yakult 2 botol
  • Ragi tape 1 butir
  • Air bersih 9 liter
  • Molasses (gula merah/gula jawa/tetes tebu)  : 1/2 liter
  • Air kelapa murni : dari 1 butir kelapa

Siapkan juga 1 jerigen kapasitas 10 liter untuk tempat probiotik. Setelah semua bahan dan peralatan siap, Anda bisa langsung membuatnya dengan urutan:

  1. Masukkan air bersih ke dalam jerigen dan campurkan dengan 2 botol yakult, 1 butir ragi, dan juga air kelapa murni
  2. Encerkan molasess dengan cara dipanaskan kemudian masukkan juga dalam campuran bahan
  3. Setelah itu kocok jerigen selama kurang lebih 1-2 menit sampai semua bahan tercampur dengan rata
  4. Simpan jerigen di dalam tempat yang teduh selama kurang lebih 7 hari supaya proses fermentasi berjalan dengan sempurna
  5. Dalam proses fermentasi, buka jerigen setiap 1-2 hari sekali agar gas fermentasinya keluar
  6. Probiotik yang siap untuk Anda gunakan akan berubah warna menjadi coklat dan memiliki aroma alkohol yang kuat

Manfaat Mengonsumsi Daging Ayam Probiotik

Tanda bahwa ayam memiliki tambahan probiotik bisa Anda perhatikan dari tubuhnya. Daging ayam ini akan memiliki tekstur yang lebih kesat namun tetap lembut. Warna kulit ayam juga akan berwarna pink dan lebih segar daripada ayam broiler biasa. Ketika merebus ayam, Anda juga akan tidak menjumpai banyak buih sehingga kuah kaldu ayam bisa menjadi lebih alami dan sehat untuk membuat berbagai macam sayur.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi ayam jenis ini. Beberapa manfaat tersebut adalah:

  • Sistem kesehatan tubuh menjadi lebih kuat
  • Bisa mencegah terjadinya penyakit radang usus
  • Membuat fungsi saluran pencernaan Anda menjadi lebih optimal
  • Bisa mencegah kenaikan berat badan yang drastis
  • Energi bisa lebih maksimal asupannya
  • Mencegah eksim dan psoriasis
  • Kadar kolesterol yang rendah bisa membuat jantung lebih sehat

Ayam probiotik memang cenderung lebih mahal daripada ayam broiler biasa. Akan tetapi, kandungan protein alami yang tinggi dan kolesterol yang rendah membuatnya sangat baik untuk Anda konsumsi. Tentunya tidak masalah bukan untuk merogoh uang lebih dalam jika memang kesehatan tubuh bisa lebih terjaga?

Nah, itulah informasi mengenai probiotik untuk ayam sekaligus manfaat dan cara membuatnya. Cukup mudah bukan? Semoga dengan informasi ini Anda bisa beralih untuk memberikan probiotik pada ayam ternak agar lebih sehat ya!

Check Also

8 Tipe Sakit Mata Pada Kucing

8 Tipe Sakit Mata Pada Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak dihidangkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini aku hendak mangulas modul mengenai Sakit Mata, selanjutnya uraiannya: Di Indonesia sendiri, aku apalagi sudah memandang beberapa besar kucing serta pengkhususan lokal aku berkeliaran. Banyak orang kekurangan tipe ini ataupun tidak menyukainya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *