Breaking News

Intip Rahasia Ramuan Mengatasi Hama Wereng yang Manjur!

Hama wereng menjadi salah satu bahaya yang bisa sangat mengancam keberlangsungan pertanian yang Anda miliki. Tidak heran jika banyak petani yang mencari bagaimana cara untuk mengatasi adanya hama ini. Cara yang biasa petani lakukan adalah menggunakan cara teknis atau dengan memanfaatkan ramuan mengatasi hama wereng. Namun sebelum memasuki pembahasan mengenai ramuan untuk mengatasi hama wereng, agaknya Anda harus memahami terlebih dahulu apa dan bagaimana karakteristik dari hama wereng selengkapnya. Inilah informasi selengkapnya.

Hama Wereng: Musuh Utama Para Petani 

ramuan mengatasi hama wereng
(sumber gambar: pestcontrol.jakarta.com)

Pada dasarnya, hama wereng merupakan sejenis hama yang akan sangat mudah Anda jumpai pada tanaman pertanian berupa padi. Hama ini merupakan sejenis serangga atau kepik yang bisa terbang dan bisa menghisap adanya cairan pada tanaman. Hal yang membuat hama wereng menjadi mengkhawatirkan adalah kemampuannya yang bisa bergerak dalam segerombol kawanan yang sangat besar dan bisa berpindah tempat dalam jarak yang sangat jauh bahkan mencapai 100 km.

Tidak hanya jarak perpindahannya yang jauh, perkembangbiakan dari hama wereng juga tergolong cepat. Inilah yang membuat para petani bisa sangat kewalahan jika hama wereng sudah berkembang biak di area persawahan dan menguasai area persawahan tersebut dengan epat dan meluas. Bahkan, perlu petani tau bahwa hama wereng juga memiliki kemampuan untuk beradaptasi yang sangat baik dan kuat.

Suatu jenis hama wereng saja bisa menghasilkan sekelompok keturunan yang memiliki resistensi atau ketahanan terhadap kondisi tertentu. Inilah yang sangat mengkhawatirkan bagi para petani apabila pengendalian dan pemusnahan hama wereng yang mereka lakukan gagal.

Jenis Hama Wereng dan Bahayanya

Tidak hanya terdiri dari 1 (satu) jenis saja, nyatanya hama wereng juga memiliki beberapa jenis yang berbeda. Hama wereng terbagi menjadi 3 (tiga) jenis yang berbeda. Pertama adalah wereng hijau. Kedua, adalah wereng punggung putih, dan yang ketiga adalah wereng coklat. Ketiga jenis hama wereng ini sama-sama memiliki tingkat bahayanya masing-masing dan bisa merusak hasil panen padi petani. Padi yang terkena hama wereng akan memiliki kualitas yang buruk dan mengurangi nilai ekonomis dari padi itu sendiri.

Coba kita ambil saja salah satu jenis hama wereng yang terbilang berbahaya yaitu wereng coklat. Jika suatu area persawahan padi terkena wereng coklat, maka hasil dari penurunan panen bisa sangat serius. Akibat serangan dari 1 sampai 4 jumlah wereng coklat pada satu batang padi yang masih berusia anakan saja bisa menurunkan kualitas padi hingga 35% sampai 77%.

Sementara itu, jika hama wereng coklat berhasil menyerang persawahan padi yang sudah memasuki masa bunting, maka penurunan panen juga tidak kalah besarnya. 1 sampai 4 wereng coklat saja bisa menurunkan presentase kualitas padi hingga 20% sampai 37%. Terakhir, serangan wereng coklat yang menyerang area persawahan padi pada masa pematangan padi bisa membuat kualitas panen menurun hingga 28%.

Meski terlihat tidak besar, namun angka penurunan kualitas ini bisa sangat merugikan para petani padi. Hasilnya, kualitas dan harga padi bisa sangat turun drastis. Oleh karena itu, para petani padi memang membutuhkan ramuan mengatasi hama wereng yang efektif dan bisa menghilangkan wereng dengan optimal.

Beberapa ciri-ciri tanaman padi yang terkena hama wereng diantaranya adalah:

  1. Tanaman padi berubah warna dari hijau segar menjadi kuning
  2. Setelah menjadi kuning, tanaman padi akan berubah menjadi berwarna coklat jerami
  3. Pada akhirnya, seluruh tanaman padi akan memiliki warna kuning coklat dan mengalami kekeringan atau hopperburn 
  4. Bukan tidak mungkin, serangan hama wereng bisa menyebabkan terjadinya gagal panen atau puso. 

Penyebab Ledakan Hama Wereng Pada Area Persawahan

Salah satu hal yang menyebabkan ledakan populasi hama wereng adalah penggunaan satu jenis varietas padi yang berjalan terus menerus. Solusinya, para petani harus dengan telaten melakukan pergiliran tanaman dan serta varietas tanaman padi yang mereka tanam. Tujuannya, adalah untuk memutuskan rantai hidup hama wereng. Tidak hanya itu, para petani juga bisa melakukan kegiatan penjarangan pada jarak tanam agar serangan hama wereng bisa berkurang.

Tidak hanya itu, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan terjadinya serangan hama wereng. Contohnya saja adalah wereng coklat. Faktor tersebut antara lain:

  1. Ketahanan varietas yang lemah dalam waktu yang lama
  2. Pola tanaman padi dan faktor ketersediaan air yang kurang
  3. Adanya musuh alami dari hama wereng berupa patogen, predator, dan parasit
  4. Tidak menggunakan pestisida secara bijaksana (tidak menggunakan prinsip tepat sasaran, waktu, dosis, cara, tepat, dan jenis)
  5. Kondisi lingkungan yang tidak menentu. Contohnya saat sudah memasuki musim kemarau tapi nyatanya masih turun hujan

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Bungkil Inti Sawit Menjadi Pakan Ternak

Pengendalian Ekosistem, Pencegahan, dan Ramuan Mengatasi Hama Wereng 

ramuan mengatasi hama wereng
(sumber gambar: dari.ngawikab.id)

Meski terdengar sangat menakutkan, namun bukan berarti hama wereng tidak bisa petani kalahkan. Untuk membasmi hama wereng yang sangat merugikan ini, petani bisa menggunakan beberapa cara untuk membasmi hama wereng, salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan mengatasi hama wereng. Selain itu, pengendalian dan pencegahan hama wereng juga bisa petani lakukan. Berikut adalah cara selengkapnya:

1. Menjaga Ekosistem Persawahan 

Selain ramuan mengatasi hama wereng, ekosistem persawahan padi sangat memegang peranan yang sangat penting supaya hama wereng tidak merusak pertanian. Dalam hal ini, rantai makanan alami harus benar-benar terjaga. Sebisa mungkin petani harus menjaga keberadaan predator alami yang akan memakan hama wereng. Beberapa predator tersebut adalah kumbang, kepik yang ada di permukaan air, belalang bertanuk, dan laba-laba. Adanya predator ini bisa mengendalikan adanya hama wereng secara alami.

Petani sebisa mungkin harus menjaga tempat hidup dari para predator tersebut yang biasanya berada pada gulma. Hal ini termasuk dalam kegiatan berupa kultur teknis yang bertujuan mengatasi hama wereng. Namun, apabila cara ini masih gagal untuk mengatasi hama wereng, maka petani harus melakukan cara berupa mekanis. Caranya adalah dengan menggunakan perangkap lampu di malam hari.

2. Pencegahan Sebelum Hama Wereng Menyerang 

Petani juga bisa melakukan persiapan berupa pencegahan sebelum hama wereng menyerang. Salah satunya adalah dengan menanam varietas padi yang memang memiliki ketahanan terhadap hama wereng yang kuat. Tujuannya, agar meski ada hama wereng, kualitas panen padi yang petani hasilkan tetap bagus.

Selain itu, para petani juga harus menghindari penanaman padi dengan jenis atau varietas yang sama secara berkesinambungan. Pasalnya, hama wereng adalah jenis serangga yang memiliki kemampuan untuk membentuk daya tahan tubuh atau biotipe yang kuat untuk menyesuaikan diri dengan jenis padi yang Anda tanam. Hal inilah yang akan sangat merugikan Anda sebagai petani jika hanya menanam satu varietas padi saja.

3. Ramuan Mengatasi Hama Wereng 

Cara terakhir untuk mengatasi hama wereng adalah dengan menggunakan ramuan mengatasi hama wereng. Untuk ramuan ini, terbuat dari campuran bawang putih dan daun sirsak.  Bawang putih yang Anda campurkan dengan daun sirsak ternyata bisa menjadi bahan ramuan untuk mengatasi hama wereng yang efektif. Alat dan bahan yang harus Anda siapkan adalah:

  • 20 siung bawang putih
  • 20 liter air
  • 1 genggam rimpang jeringau
  • 20 gram sabun colek
  • 1 genggam daun sirsak

Setelah semua bahan siap, maka segera buat ramuan mengatasi hama wereng seperti berikut:

  1. Awali dengan menumbuk 1 genggam daun sirsak, 1 genggam daun rimpang jeringau, dan juga 20 siung bawang putih. Tumbuk semua bahan tersebut sampai benar-benar halus
  2. Jika sudah, silahkan campurkan tumbukan bahan tersebut dengan 20 gram sabun colek yang sudah Anda siapkan sebelumnya
  3. Apabila semua bahan sudah tercampur dengan rata, silahkan rendam semua bahan tersebut dengan menggunakan air sebanyak 20 liter. Rendam selama kurang lebih 2 hari supaya semua bahan benar-benar tercampur secara merata.
  4. Setelah 2 hari, silahkan saring larutan semua bahan tadi dengan menggunakan kain halus
  5. Untuk pemakaiannya, setiap 1 liter dari larutan bahan tersebut, bisa Anda campurkan lagi dengan 15 liter air.

Untuk pengaplikasian ramuan mengatasi hama wereng ini juga tergolong mudah. Anda hanya perlu untuk menyemprotkan larutan ramuan ini ke tanaman padi yang sedang terserang hama wereng. Lakukan proses penyemprotan secara rutin sampai hama wereng benar-benar hilang. Meski sangat mudah untuk Anda buat, namun memang ramuan alami dari bawang putih ini tidak seinstan menggunakan pestisida alami.

Itulah informasi seputar ramuan mengatasi hama wereng dan tentang hama wereng itu sendiri. Semoga dengan informasi ini, Anda bisa mendapatkan cara penanaganan hama wereng terbaik untuk pertanian Anda agar terbebas dari bahaya wereng ya!

Check Also

Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing

8 Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing, Yang Perlu Dikatahui Para Pecinta Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak disuguhkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini admin bakal mangulas modul mengenai Penyakit Mulut , berikut penjelasannya: Kucing merupakan salah satu dari banyak fauna lucu yang hendak Kamu temui di area. Inilah kenapa banyak orang amat bergairah, sebab binatang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.