Rahasia Ramuan Penggemuk Sapi yang Alami dan Efektif

  • Whatsapp
ramuan penggemuk sapi

Sobat agribisnis, tahukah Anda jika ada ramuan penggemuk sapi? Ya, agar ternak sapi bisa menghasilkan bobot sapi yang gemuk dan besar, peternak memang bisa memberikannya ramuan atau jamu. Pemberian jamu ini juga sudah lama menjadi salah satu tambahan asupan yang peternak berikan. Tentunya bersama dengan pemberian pakan dan konsentrat untuk sapi. Nah, jika Anda adalah salah satu peternak sapi, Anda juga bisa membuat sendiri ramuan ini. Sebab bahan-bahan pembuatannya juga terbilang mudah Anda jumpai. Yuk, simak cara pembuatannya!

Penggunaan Ramuan Alami Agar Sapi Gemuk

ramuan penggemuk sapi
(sumber gambar: beritasatu.com)

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ramuan untuk sapi, agaknya perlu Anda ketahui lebih dulu bahwa akan ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi penggemukan sapi. Mulai dari pakan, kondisi kesehatan sapi, usia, kandang, dan lamanya proses penggemukan. Berbagai faktor ini saling berkaitan dan tidak bisa Anda abaikan untuk mendapatkan sapi yang gemuk.

Umumnya proses menggemukkan sapi akan memakan waktu sekitar 4 sampai 6 bulan. Selain waktu yang lama, biaya untuk menggemukkan sapi juga tidak sedikit. Sebab akan ada banyak hal yang harus peternak berikan dan siapkan untuk sapi. Nah, pemberian ramuan adalah salah satu cara penggemukan yang biasa peternak sapi gunakan. Dengan adanya jamu ini, proses agar sapi gemuk bisa menjadi lebih optimal.

Pada dasarnya, sapi akan mendapatkan asupan jamu atau ramuan alami yang bertujuan membuatnya menjadi lebih gemuk, sehat, dan berkualitas. Pemberian ramuan ini terutama akan sangat ramai mendekati momen Idul Adha (Hari Raya Kurban). Sebab, sapi yang memiliki kesehatan prima dan bertubuh gemuk pasti akan lebih pembeli sukai.

Membuat Ramuan Penggemuk Sapi

Anda bisa menemukan banyak sekali suplemen untuk menggemukkan sapi. Meski begitu, jika Anda lebih menyukai cara yang alami, ramuan penggemuk sapi ini bisa Anda buat sendiri. Bahan-bahan dan cara pembuatannya juga terbilang mudah Anda temukan dan tidak sulit untuk Anda buat. Berikut langkah pembuatannya:

1. Persiapan Bahan dan Alat

Untuk langkah awal, Anda harus menyiapkan beberapa bahan pembuatan jamu, seperti berikut:

  1. Jahe 125 gram
  2. Kunyit 125 gram
  3. Kencur 250 gram
  4. Kayu manis 62,5 gram
  5. Bawang putih 250 gram
  6. Lempuyang 100 gram
  7. Temu lawak 200 gram
  8. Sirih 62,5 gram
  9. Lengkuas 125 gram
  10. Molasses 250 gram
  11. EM4 250 gram
  12. Sambiloto 250 gram

Setelah bahan-bahan siap, Anda juga perlu menyiapkan beberapa peralatan, seperti:

  1. Alat untuk menumbuk atau menggiling
  2. Saringan
  3. Gayung plastik
  4. Alat untuk mengaduk
  5. Timbangan kecil
  6. Ember yang memiliki tutup

2. Proses Pembuatan

Setelah peralatan dan bahan sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah membuat ramuan tersebut. Urutan pembuatan ramuan penggemuk sapi adalah:

  1. Silahkan tumbuk dan giling sampai halus 8 (delapan) bahan A yang meliputi jahe, bawang putih, kayu manis, kencur, kunyit, temu lawak, lengkuas, dan lempuyang yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Untuk bahan lainnya jangan Anda haluskan lebih dulu
  2. Jika sudah halus, campur dengan air bersih sebanyak 7,5 liter dan peras sampai airnya keluar semua dan hanya menyisakan ampas
  3. Selanjutnya, bahan B lain yang meliputi sambiloto dan sirih bisa Anda rebus menggunakan air bersih sebanyak 2,5 liter. Jika sudah mendidih, tiriskan dan kemudian saring
  4. Lanjutkan dengan mencampur air hasil perasan bahan A dan bahan B tadi dalam sebuah wadah besar yang bisa menampung semua cairan tersebut
  5. Selanjutnya, yang harus Anda alkukan adalah mencampurkan cairan jamu tadi dengan menggunakan molasess dan juga larutan EM4. Kedua bahan ini berfungsi sebagai starter dan aktivator mikroba dan bisa meningkatkan kesukaan sapi terhadap jamu tersebut. Jika Anda tidak menemukan molasses maka Anda bisa menggantinya menggunakan larutan gula merah
  6. Setelah itu silahkan melanjutkan proses fermentasi selama kurang lebih 10 hari. Pakai ember yang memiliki tutup dan lapisi dengan kain bersih sebagai wadah fermentasi agar ramuan jamu bisa lebih cepat jadi
  7. Ketika proses fermentasi, jangan lupa lakukan pengadukan cairan setiap hari minimal 1 kali agar bisa terfermentasi secara merata
  8. Setelah 10 hari, maka jamu untuk sapi sudah siap Anda gunakan

3. Dosis Pemberian Ramuan Penggemuk Sapi

Pemberian ramuan jamu untuk sapi tidak bisa Anda lakukan secara sembarangan. Tetap ada aturan dosis yang harus Anda perhatikan agar tidak berlebihan. Dosis ini berlaku berdasarkan berat badan sapi. Inilah dosis tersebut:

  • 200 kilogram sapi, dosis jamu 100 ml per hari
  • 300 kilogram sapi, dosis jamu 150 ml per hari
  • 400 kilogram sapi, dosis jamu 200 ml per hari

Untuk memberikannya pada sapi, Anda bisa mencampurkan jamu ini dengan air minumnya atau bisa juga mencekokkan ramuan pada sapi secara langsung. Berikan pada 10 hari setelah jamu selesai Anda buat secara berturut-turut. Setelah 10 hari, berikan jamu sebanyak 2 kali seminggu saja.

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Konsentrat Sapi Potong Lengkap

Manfaat Ramuan Jamu untuk Kesehatan Sapi

ramuan penggemuk sapi
(sumber gambar: media.suara.com)

Ketika memberikan ramuan alami tambahan, maka akan ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. Manfaat yang pertama adalah bisa meningkatkan dan merangsang nafsu makan sapi menjadi lebih tinggi lagi. Kedua, kesehatan sapi menjadi lebih optimal karena bahan-bahan alami dari ramuan jamu yang Anda buat. Akibatnya pertumbuhan sapi juga menjadi lebih optimal.

Ketiga, dengan memberikan ramuan jamu ini, aroma atau bau daging sapi menjadi berkurang tingkat amisnya. Selain itu, kadar lemak yang ada pada daging juga bisa berkurang dengan meminum jamu. Keempat, sapi juga bisa menjadi lebih cepat beradaptasi jika ada perubahan pakan yang Anda berikan. Terakhir, pemberian jamu juga bisa membantu mengurangi bau tidak sedap pada kandang sapi.

Tips Lain Agar Penggemukkan Sapi Berjalan Lancar

Selain menggunakan ramuan jamu untuk menggemukkan sapi, Anda juga bisa melakukan beberapa cara lain. Dengan kombinasi pemberian jamu dan tips lain ini, Anda bisa menggemukkan sapi dalam kurun waktu yang lebih cepat. Beberapa tips lainnya adalah:

1. Menjaga Kebersihan Kandang

Salah satu faktor yang berperan penting untuk kesehatan sapi adalah kebersihan kandang. Anda harus berusaha semaksimal mungkin agar kandang sapi tidak terlalu kotor dan kumuh yang bisa menyebabkan munculnya bakteri atau kuman penyebab penyakit. Perhatikan kebersihan lantai kandang, kebersihan lingkungan, serta sistem pembuangan tinja atau kotoran sapi. Dengan kesehatan sapi yang terjaga, maka penggemukkan sapi juga akan lebih optimal.

2. Minum untuk Sapi

Sapi juga membutuhkan minum agar kadar air di tubuhnya tetap terjaga. Anda bisa memberikan minum untuk sapi sebanyak 3 kali sehari pada pagi hari, siang hari, dan sore hari. Gunakan air bersih dan bisa juga Anda campurkan dengan ramuan penggemuk yang sudah Anda buat tadi.

3. Beri Kesempatan Sapi Bergerak

Agar daging sapi lebih padat, maka sapi harus mendapatkan kesempatan untuk menggerakkan tubuhnya. Anda bisa menyiapkan lahan rumput kosong atau kandang sapi yang agak luas agar ruang gerak sapi bisa terjaga. Jangan sampai membiarkan sapi bermalas-malasan dan hanya Anda biarkan diam saja tanpa bergerak sedikitpun. Sebab, cara ini memang bisa membuat sapi gemuk tapi akan penuh penyakit karena peredaran darah pada sapi menjadi tidak lancar.

Dengan bergerak, aliran darah pada sapi bisa menjadi lebih lancar dan otot sapi bisa berkembang dengan baik. Lemak berlebihan yang ada pada tubuh sapi juga bisa terbakar dengan alami jika sapi memiliki kesempatan untuk bergerak. Hasilnya proses penggemukkan sapi juga bisa berjalan dengan lancar.

4. Memberi Pakan Sapi yang Berkualitas

Anda juga harus memberikan kualitas pakan yang baik agar sapi bisa tumbuh sehat dan gemuk. Pastikan pakan yang Anda berikan bersih dan bebas dari bahan-bahan yang berpotensi membahayakan kesehatan sapi. Pakan utama sapi terbaik adalah jenis rumput hijau seperti rumput gajah, rumput benggala, rumput raja, gamal, tanaman lamtoro, centro, dan juga kaliandra.

Anda juga bisa menambahkan konsentrat bagi sapi agar nutrisinya terpenuhi. Namun, tetap pakan utama akan berperan paling besar terhadap kesehatan sapi. Untuk itu, meskipun Anda memberikan konsentrat tambahan, pakan utama sapi tetap harus bersih dan berkualitas ya.

Nah, itulah cara membuat ramuan penggemuk sapi yang bisa Anda praktekkan. Bagaimana, cukup mudah bukan cara membuatnya? Dengan mengetahui cara pembuatan jamu ini, semoga ternak sapi yang Anda lakukan bisa menjadi lebih lancar, sehat, dan berbadan besar. Tentunya badan besar yang sehat dan berkualitas tinggi!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *