Daftar Sayuran yang Bisa Ditanam Sekitar Rumah, Mudah dan Murah

  • Whatsapp

Apakah kamu sedang bingung mencari sayuran yang ditanam dirumah dengan mudah? Dimana mereka memanfaatkan berbagai cara, untuk bisa tetap menanam sayuran di rumah tanpa menggunakan lahan berikut ini akan kita bahas. Dalam artikel mengenai daftar sayuran yang ditanam di rumah yang mempermudah kamu, untuk melakukan kegiatan bercocok tanam tanpa perlu harus pergi ke kebun ataupun sawah.

Apakah Memungkinkan Menanam Sayur Dirumah?

Saat ini kendala yang sering kali dihadapi oleh masyarakat Indonesia adalah keterbatasan lahan. Sehingga mereka hanya memiliki halaman ataupun ruang terbuka hijau yang sedikit.

Bacaan Lainnya

Begitupun bagi kamu yang memutuskan untuk menanam sayuran di rumah dan mengalami keterbatasan lahan. Sebenarnya masalah ini sudah diselesaikan oleh pemerintah Jepang. 

Umumnya ketika kita berbicara mengenai budidaya sayur maka kita menganggap bahwa hal yang dibutuhkan adalah lahan yang luas, disertai dengan tanah yang subur padahal. Teknologi sudah semakin canggih banyak perkembangan yang bisa dilakukan dengan budidaya sayuran.

Dengan cara yang sederhana atau bahkan dengan trik yang bisa diaplikasikan oleh kamu yang tinggal di perkotaan. Salah satunya dengan memanfaatkan botol ataupun ember untuk menjadi area tempat menanam sayuran. Walaupun kecil, namun sayuran tetap bisa tumbuh dan juga dipanen dengan rasa yang tidak kalah enak.

Daftar Sayuran yang Ditanam Dirumah

Kamu juga bisa memanfaatkan sistem hidroponik, yaitu memanfaatkan air untuk bisa mengembangbiakan sayuran. Lalu jenis sayuran apa saja yang bisa ditanam di rumah? terutama dengan beberapa metode diatas? Langsung simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Sawi Hijau

Sawi hijau merupakan komoditi pertama yang bisa ditanam dirumah. Karena harganya sangat murah. Sawi hijau bisa langsung ditanam di pot kecil ataupun botol bekas yang telah diisi oleh pupuk dan juga tanah yang dicampurkan. Perbandingannya 2:1:1, yakni antara tanah sekam dan juga pupuk kandang.

Nantinya perawatan dilakukan setiap hari dengan cara disiram dan juga dipindahkan ke pot yang lebih besar. Apabila sudah tumbuh kamu juga bisa menanam langsung di tanah dan diolah dan sudah ditanami oleh sekam dan juga pupuk. Untuk usia tanamnya tidak lama yakni berkisar antara 15 hingga 30 hari saja. Selain itu, sawi juga bisa dikonsumsi atau dijual saat panen tiba.

2. Tomat

Sayuran selanjutnya yang bisa ditanam dan sangat berguna terutama bagi ibu rumah tangga adalah tomat. Media tanam yang cukup mudah, yakni dengan perbandingan 2 banding 1 banding 1 serupa dengan sawi hijau. Kombinasinya antara tanah arang sekam dan juga kompos.

Selain itu untuk bisa mendapatkan tomat dengan rasa yang manis. Umumnya terpengaruhi oleh kondisi tanah yang subur dan juga curah hujan yang cukup tinggi. Namun jangan khawatir kamu juga bisa menanam berbagai tomat, yang bisa diolah untuk masakan umumnya tomat hijau ataupun tomat merah yang berukuran kecil.

Namun berbeda dengan sawi hijau tomat harus disemai terlebih dahulu di tempat yang kecil. Agar tumbuh menjadi bibit, setelah itu baru dipindahkan ke pot. Waktu penanaman hingga panen kurang lebih 100 hari atau 3 bulan.

3. Sayuran yang Ditanam Dirumah, Terong Hijau/Ungu

Apabila kamu tinggal di kota ataupun area yang cukup panas. Maka sayuran yang bisa ditanam selanjutnya dalam terong, khususnya terong hijau. Karena tanaman yang satu ini membutuhkan cuaca dengan curah hujan yang tidak terlalu tinggi,  Agar buahnya tidak busuk.

Sayuran ini sangat mudah untuk ditanam kamu bisa mendapatkannya dengan cara mengeringkan biji yang ada pada terong, ataupun membeli belinya di toko pertanian. Setelah itu kamu tanam di tanah secara langsung ataupun pot dengan ukuran yang besar.

 Karena termasuk dalam salah satu sayuran dengan tinggi tanaman medium. Sehingga tidak akan bisa menggunakan botol ataupun ember yang kecil waktu panen terong, kurang lebih 70 hingga 80 hari. Untuk penyiramannya kamu bisa melakukan 2 hari sekali saja.

4. Selada

Selada menjadi sayuran lain yang bisa ditanam di rumah dengan bahan seadanya. Sayangnya bagi kamu yang tinggal di area cukup panas, selada akan sulit tumbuh dan mudah layu, sehingga bisa digunakan pot kecil atau botol dan menanam di area seperti teras rumah atau taman.

Untuk selada memang harus diperhatikan penyiramannya agar tetap segar dan bisa dipanen dalam waktu yang pas. Waktu panen dari sayuran ini memakan waktu kurang lebih 65 hingga 150 hari tergantung varietas dan jenis seladanya.

5. Sayuran yang Ditanam Dirumah, Kangkung

thespruceats
thespruceats

Selanjutnya ada sayuran kangkung yang bisa ditanam dirumah bahkan di budidayakan dan menghasilkan. Sayur memiliki ciri khas yakni tanaman air, seluruh akarnya harus terendam sehingga kamu bisa menyediakan kolam atau ember di halaman belakang untuk menanam kangkung. 

Gunakan atau manfaatkan botol atau gelas air mineral bekas agar kangkung tidak tenggelam. Teknik dan budidaya ini bahkan sering dipadukan dengan ternak ikan seperti lele ataupun ikan nila. Nantinya kamu bisa mengembangkan sayuran yang bisa dikonsumsi, bahkan dalam jumlah banyak bisa dijual dan menjadi pemasukan.

6. Bawang Merah

Tidak punya sisa tanah atau lahan untuk menanam sayuran? jangan bingung karena sayuran yang ditanam dirumah bisa tetap dilakukan dengan menanam bawang merah. Jenis bawang-bawangan biasanya tidak memerlukan lahan yang luas, misalnya saja bawang merah hanya membutuhkan botol yang berisi air.

Tunas tersebut nanti akan tumbuh dan berakar, jika sudah seperti ini baru bisa dipindahkan ke tanah yang telah disiapkan di pot. Bawang merah mudah ditanam dan murah. Setelah panen bisa dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga untuk bumbu dapur. Selain mudah hemat bukan?

Selain keenam sayuran diatas, ada beberapa komoditi lain seperti cabai, bawang putih, bayam, daun bawang dan juga kubis yang bisa ditanam dirumah. Terutama jika kamu memiliki lahan cukup luas untuk tanaman.

Tips Menanam Sayuran Dirumah dengan Murah

Selain memilih sayuran yang tepat, kamu juga harus pastikan bahan dan alat pendukung tersedia. Tidak perlu mahal, kamu bisa sediakan barang bekas yang ada dirumah. Sebut saja ember air yang bisa dimanfaatkan untuk jenis sayuran air, selain itu bisa juga memanfaatkan pipa bekas yang tidak digunakan untuk bisa dijadikan sebagai tempat sayuran segar.

Ditambah lagi, ada juga botol bekas, gelas air mineral, bahkan botol kaca bening sehingga sayuran bisa mendapatkan tempat yang menarik dan bagus. Namun pastikan menggunakan tanah ataupun sekam yang mengandung bahan penyubur. Bisa menggunakan pupuk kandang ataupun urea alami, lebih bagus apabila organik agar hasil sayuran lebih alami dan tanpa bahan kimia.

Tips lainnya jangan lupa bahwa sayuran membutuhkan penyiraman rutin dan banyaknya hama/gulma yang menyerang jika tidak dirawat dengan baik. Nah jadi tidak bingung lagi bukan? memilih sayuran untuk bisa ditanam dirumah.  Dengan adanya Daftar Sayuran yang Bisa Ditanam Sekitar Rumah, kamu bisa lebih hemat dan menemukan aktivitas untuk bisa menanam sayuran dirumah.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *