Intip Super Megatank Irfan Hakim yang Dihuni Ribuan Ikan

mega tank irfan hakim
sumber gambar: instagram.com/irfanhakim75/

Irfan Hakim merupakan salah satu artis yang terkenal sebagai pecinta hewan. Tidak hanya hewan darat saja, namun juga hewan laut seperti ikan. Terhitung Irfan Hakim telah mengoleksi puluhan bahkan ratusan jenis ikan. Untuk menampung ikan hias miliknya, Irfan Hakim pun membuat beberapa akuarium megatank.

Presenter kondang ini bahkan menggunakan satu ruangan khusus untuk tempat megatanknya. Pembuatan super megatank Irfan Hakim bersamaan dengan pembangunan rumah barunya. Super megatank yang Irfan Hakim miliki menggunakan kaca optic clear yang memiliki tebal 1,5 cm x 3 cm.

Bacaan Lainnya

Irfan Hakim tidak hanya memiliki satu megatank saja, namun ada beberapa megatank yang bahkan sudah memiliki desain khusus menyesuaikan desain rumahnya. Masing-masing megatank miliknya memiliki desain dan tema yang berbeda, ada yang bertemakan laut, sungai, dan pemandangan lainnya.

Bahkan, Irfan Hakim juga memakai hiasan ranting-ranting, karang hidup, dan tumbuhan laut lainnya. Untuk pemeliharaannya, Irfan Hakim menyesuaikan makanan ikan yang dia pelihara. Seperti ikan-ikan kecil, udang, atau pakan ikan biasa. Namun, Irfan Hakim juga rutin untuk mempuasakan ikan-ikan peliharaanya demi kesehatan ikan-ikan yang dia pelihara.

Jenis Ikan yang Ada Di Megatank Irfan Hakim

1. Ikan Pari

ikan pari
tirto.id

Ikan pari merupakan salah satu ikan yang memiliki tulang rawan yang merupakan Cartilaginous. Pari memiliki bentuk yang unik karena badannya yang gepeng dan memiliki mulut yang terletak di bawah mulutnya. Habitat alami ikan pari ini biasanya bisa kita jumpai di daratan berpasir, berlumpur, karang, dan berbatu.

Ikan pari tidak hanya  hidup di air laut saja namun bisa juga hidup di air tawar dan air payau tergantung dari jenis ikan pari. Beberapa jenis pari masih dilindungi oleh pemerintah, contohnya ikan pari manta yang tidak boleh kita pelihara.

2. Ikan Arwana

ikan arwana
rumah.com

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai tinggi. Jenis ikan ini masuk dalam salah satu ikan purba yang sudah hidup sejak zaman dahulu. Arwana terdiri atas beberapa jenis dan spesies. Ikan ini juga memiliki nama sebutan sebagai ikan naga karena bentuknya sekilas mirip seperti naga.

Memiliki habitat hidup di sekitar sungai yang banyak memiliki pohon seperti pohon engkana, putat, dan rasau. Pohon-pohon itu memiliki akar yang menancap ke dalam air dan daun yang rimbun di atas. Di habitat aslinya, ikan arwana ini memakan insekta, ikan kecil, krustasea, dan tumbuh-tumbuhan.

3. Fire Eel

fire eel
ikanesia.id

Fire eel atau belut api merupakan salah satu hewan yang hidup di air yang merupakan omnivora yang memiliki tubuh panjang. Belut ini berhabitat asli di kawasan Asia Tenggara. Banyak orang yang memelihara fire eel ini di dalam akuarium. Belut ini memiliki warna asli coklat tua atau abu-abu dan bagian perutnya memiliki warna yang lebih terang.

Hewan ini termasuk dalam hewan nokturnal di mana lebih aktif beraktivitas di malam hari. Fire Eel memiliki habitat asli di daerah sungai yang memiliki arus lambat dan dataran yang berlumpur. Fire eel biasanya akan memakan ikan yang lebih kecil atau bahan tanaman.

Untuk memelihara fire eel ini di sebuah akuarium maka bisa menambahkan dekorasi yang bisa menjadi tempat persembunyian fire eel. Fire Eel merupakan hewan yang sangat suka bersembunyi. Jangan lupa untuk menambahkan substrat pasir agar keadaan lingkungan akuarium semakin mirip dengan aslinya. Fire Eel memiliki jumlah populasi yang cukup banyak sehingga aman saja apabila kita juga ingin turut memeliharanya.

4. Ikan Aligator

ikan aligator
suara.com

Ikan aligator juga merupakan salah satu ikan primitif yang sudah hidup dari ratusan juta yang lalu. Sehingga tidak heran apabila ikan aligator memiliki harga yang cukup fantastis. Memiliki julukan aligator, ikan ini memang memiliki moncong yang panjang seperti buaya dengan gigi-gigi yang tajam di setiap sisinya.

Ikan aligator merupakan salah satu ikan soliter yang biasa hidup sendiri dan menyergap mangsanya dengan rakus. Sehingga untuk pemeliharaan ikan aligator, memerlukan perlakukan yang khusus. Di habitat aslinya, ikan aligator banyak memakan kepiting dan ikan-ikan kecil. Meskipun memiliki biaya perawatan yang lumayan untuk jenis ikan hias, ikan aligator ini masih banyak diminati oleh kolektor ikan hias.

5. Kuda Laut

kuda laut
idntimes.com

Merupakan ikan laut yang berasal dari golongan Hippocampus. Hewan ini memiliki ukuran yang bervariasi yaitu antara 16 mm hingga 35 cm. Kuda laut merupakan salah satu spesies yang memiliki keunikan karena jantannya dapat hamil. Bagian tubuh dari kuda laut tidak terlapisi oleh sisik melainkan hanya tertutup oleh lapisan keping tulang yang menyerupai perisai. Bagian tubuh kuda laut memiliki segmen dan satu sirip punggung.

Kuda laut memiliki spesies yang berwarna transparan sehingga tidak mudah dilihat. Saat ini populasi kuda laut memang sudah banyak berkurang karena banyaknya penangkapan yang berlebihan. Di seluruh perairan, kira-kira terdapat 54 jenis kuda laut yang masing-masing memiliki penampilan yang unik.

Pengertian Megatank

megatank
id.wikipedia.org

Megatank merupakan akuarium besar dengan kapasitas besar yang bisa menampung bahkan ribuan ikan dalam berbagai jenis. Megatank juga memiliki desain yang mirip dengan habitat asli ikan. Dalam megatank juga memiliki pengaturan sistem sendiri, untuk ukuran akuarium megatank maka memerlukan pompa yang berukuran besar.

Megatank biasanya terbuat dari komponen kaca yang mempertimbangkan tekanan air. Penggunaan kaca pada megatank juga memiliki keuntungan karena jika kita bandingkan dengan material akrilik sebagai bahan pembuatan megatank. Material kaca memiliki beberapa keistimewaan yang membuat megatank menjadi unik.

Kelebihan penggunaan bahan kaca pada megatank :

  1. Material kaca memiliki tekstur yang flatness dari material lain.
  2. Memiliki sifat resisten terhadap baretan atau goresan.
  3. Memiliki penampilan yang lebih glossy, namun harus diperhatikan pemilihan kaca yang akan kita pakai.

Baca Juga : 10 Daftar Tanaman Hias Termahal Di Dunia

Beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam pemilihan kaca untuk bahan pembuatan megatank :

  1. Ketebalan dan ukuran maksimum kaca, karena megatank merupakan sebuah akuarium besar sehingga penggunaan bahan dan material juga harus memperhatikan ketebalan, ukuran kaca, dan tekanan air yang berada di dalam megatank. Kita juga harus mempertimbangkan spesifikasi serta ukuran maksimal dari mesin dan mesin laminated.
  2. Berat kaca, komponen yang harus kita perhatikan dalam pembuatan megatank ini yaitu berat kaca yang kita pakai. Mempertimbangkan berat kaca untuk kemampuan logistik dan kepentingan pemasangan kaca pada megatank. Untuk mengukur berat kaca kita bisa menggunakan formula menghitung berat kaca. Dengan berpatokan pada 2,5 kg per meter persegi
  3. Warna Kaca, bedakan penggunaan kaca optic clear dengan kaca crystal. Untuk pembuatan megatank atau akuarium, biasanya akan menggunakan lebih baik menggunakan kaca extra clear. Kaca optic clear atau extra clear memiliki warna kaca yang lebih terang dan jernih dari pada kaca crystal. Kaca optic clear juga bisa tahan terhadap goresan. Sedangkan Kaca crystal memiliki warna hijau sehingga jika kita aplikasikan pada akuarium akan menghasilkan efek warna hijau. Untuk itu lebih baik menggunakan kaca optic clear atau extra clear untuk pemasangan akuarium atau megatank.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.