Breaking News

Manfaat Susu Kuda Liar untuk Kesehatan dan Potensi Bisnisnya

Halo sobat agribisnis! Adakah dari Anda yang sudah pernah mencicipi susu kuda liar? Meski tidak sepopuler jenis susu lain seperti sapi atau kambing, namun jenis susu ini ternyata menyimpan banyak manfaat lho. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan untuk kesehatan maupun dari segi bisnis. Lalu, apa saja manfaat tersebut?

Sekilas Tentang Susu Kuda Liar

Selama ini jika menyebutkan susu kuda liar, maka jenis kuda yang dimaksud adalah yang berasal dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Meski memiliki istilah “liar” namun sebenarnya kuda yang digunakan berasal dari peternakan khusus. Akan tetapi memang proses ternaknya dengan cara lepas di alam bebas dan baru masuk ke kandang pada ketika hari sore.

Ada banyak sekali pelaku usaha susu ini yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Salah satu keunggulan dari jenis susu ini adalah bisa bertahan hingga beberapa bulan meski tanpa pengawet. Awetnya susu ini berasal dari proses fermentasi alami.

Tentunya fermentasi alami ini berbeda dengan yang terjadi pada jenis susu lain, seperti misalnya dari sapi. Susu sapi harus melalui proses pemanasan atau pasteurisasi terlebih dahulu agar bisa awet. Proses fermentasi alami yang terjadi merupakan hasil dari anti mikroba alami yang ada di dalamnya.

Anti mikroba inilah yang bisa membunuh bakteri yang menyebabkan susu menjadi cepat basi. Setidaknya susu ini bisa bertahan hingga 5 sampai  bulan pada suhu ruangan. Proses fermentasi biasanya akan terjadi setelah susu tersimpan selama 2×24 jam lamanya. Nantinya, rasa susu akan berubah asam seperti yoghurt. Fermentasi alami jugalah yang membuat khasiat susu menjadi jauh lebih bagus.

7 Manfaat dari Susu Kuda Liar

susu kuda liar
(sumber gambar: liputan6.com)

Salah satu manfaat paling terkenal dari jenis susu kuda adalah kemampuannya untuk meningkatkan vitalitas atau gairah seksual pria. Hal ini juga sudah banyak dipercaya oleh masyarakat. Sayangnya, manfaat ini belum terbukti secara ilmiah. Namun Anda tidak perlu khawatir karena manfaat susu ini untuk kesehatan lainnya sudah terbukti. Inilah berbagai manfaat tersebut:

1. Memiliki Banyak Kandungan Sehat, Mirip ASI

Manfaat yang pertama adalah memiliki banyak kandungan nutrisi yang sehat. Bahkan susu kuda memiliki nilai gizi yang paling mirip dengan ASI dari manusia. Fakta ini tentu sangat baik dan bisa membuat susu kuda menjadi salah satu alternatif minuman yang sehat.

Beberapa kandungan yang bisa Anda temukan adalah asam lemak yang berupa omega 3 dan omega 6, berbagai kandungan vitamin (A, C, D, E, dan K), riboflavin, protein, niasin, sampai karbohidrat. Semua kandungan ini tentu sangat baik untuk perkembangan tubuh bayi. Bahkan banyak sekali rumah sakit, khususnya rumah sakit bersalin yang ada di Perancis menggunakan susu dari hasil kuda liar lho. 

Pemberian susu ini khususnya untuk membantu meningkatkan kekebalan bayi baru lahir, termasuk bayi prematur. Sayangnya, penggunaan susu kuda untuk menggantikan ASI ini mulai turun setelah perang dunia kedua selesai.

2. Membantu Membangun Massa Otot

Salah satu komposisi paling kuat yang bisa Anda temukan dalam susu yang berasal dari kuda liar adalah kandungan whey protein. Bahkan kandungannya jauh lebih tinggi dari susu sapi. Protein ini akan berperan dalam pembentukan massa otot, sehingga ketika Anda mengonsumsinya Anda bisa memiliki tubuh yang lebih padat. Karena secara tidak langsung, lemak tubuh Anda juga berkurang.

3. Alternatif Konsumsi Susu

Manfaat lain dari susu ini adalah bisa menjadi alternatif konsumsi susu, khususnya bagi Anda yang memilliki intoleransi laktosa atau alergi susu sapi. Pasalnya, di dalam susu ini memiliki kandungan protein kasein yang lebih rendah daripada yang ada pada sapi. Protein kasein yang rendah, membuat susu ini menjadi lebih mudah untuk tubuh cerna daripada susu lainnya.

Oleh karena itu, susu ini bisa menjadi pilihan konsumsi bagi anak-anak maupun orang dewasa yang memiliki intoleransi laktosa. Selain itu, kualitas protein yang ada di dalam susu jenis ini juga terbilang lebih lengkap daripada susu sapi biasa.

4. Untuk Merawat Kecantikan

Ternyata, manfaat dari susu yang berasal dari kuda liar juga tidak hanya untuk kesehatan saja, melainkan untuk kecantikan. Susu ini bisa bekerja sangat baik untuk perawatan kulit. Hal ini berasal dari adanya kandungan anti bakteri yang ada di dalamnya.

Anda bisa menggunakan susu ini untuk pelembap alami yang memperlambat reaksi penuaan dini. Selain itu kulit juga bisa menjadi lebih sehat karena proses regenerasinya terbantu dengan kandungan yang ada di dalam susu. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa penyembuhan beberapa masalah kulit seperti neurodermatitis, psoriasis, dan eczema juga terbantu dengan susu ini.

5. Baik untuk Pencernaan

Kesehatan sistem pencernaan memang sangat penting untuk Anda jaga. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi susu yang berasal dari kuda liar. Berbagai penyakit akibat bakteri jahat seperti diare bisa Anda tangkal dengan susu ini. Hal ini berasal dari kandungan lysozyme dan juga lactoferrin yang bisa menahan pertumbuhan bakteri jahat yang ada di dalam usus.

Akibat adanya anti mikroba ini, susu yang Anda konsumsi akan berperan seperti probiotik sehat. Biasanya hal ini bisa Anda temukan dalam berbagai jenis minuman seperti yakult dan yoghurt. Pertumbuhan bakteri baik dalam pencernaan juga akan sangat terbantu dengan konsumsi susu ini.

Baca Juga: Langkah Budidaya Domba Garut Lengkap dari Awal Sampai Berhasil

6. Rendah Kalori

Anda sedang diet dan ingin mengonsumsi susu? Maka susu ini bisa menjadi alternatif yang sangat cocok. Pasalnya, susu ini terkenal dengan kandungan kalorinya yang rendah. Setiap 100 gram dari susu yang berasal dari kuda liar, hanya terdapat sekitar 44 kalori di dalamnya. Jumlah kalori ini tentu jauh lebih rendah daripada sapi yang berjumlah 64 kalori.

Kandungan kalori yang rendah, membuat Anda bisa mengonsumsi susu dan tidak mudah gemuk. Tidak hanya itu, adanya lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalamnya juga bisa membantu mengurangi kandungan kolesterol jahat dalam tubuh. Bagi para penderita kolesterol bisa mengonsumsi susu ini namun dengan catatan harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Dengan begitu, konsumsi susu bisa menjadi lebih aman.

7. Membantu Mencegah Penyakit Lain

Manfaat terakhir yang bisa Anda peroleh adalah mencegah adanya penyakit lain. Penyakit tersebut adalah yang bersifat penyakit dalam dan juga kanker. Jika Anda mengonsumsi secara rutin, maka manfaatnya baru akan terasa. Konsumsinya juga bisa membantu memperlambat penuaan dini, mempercepat penyembuhan asma, demam berdarah, diabetes, memilihkan kondisi akibat stress, dan lain sebagainya.

Potensi Bisnis dari Susu Kuda Liar

susu kuda liar
(sumber gambar: bobo-grid.id)

Dengan berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, tidak heran jika susu ini menjadi komoditi yang sangat bernilai. Dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat susu ini sudah sangat terkenal hingga berbagai daerah di Indonesia. Di daerah asalnya, susu ini juga menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan.

Banyak sekali pelaku usaha yang meraih kesuksesan ketika menjual susu ini. Di berbagai desa dan daerah juga sudah banyak sekali kelompok usaha. Kuda liar akan menghasilkan susu selama 6 bulan dalam 1 tahun, yaitu setelah melahirkan anak. Apabila dalam 1 hari kuda bisa menghasilkan 3 liter susu, maka dalam 6 bulan bisa mengumpulkan 540 liter susu.

Selain itu, cara ternak kuda liar juga terbilang cukup mudah khususnya di perbukitan maupun padang rumput. Peternak bisa melepaskan kuda secara bebas dan luar, dan bisa bertemu banyak kuda lainnya. Nantinya setelah kuda kawin dan hamil, barulah peternak harus memindahkannya ke dalam kandang khusus.

Tujuannya agar kuda bisa lebih terjaga dan bisa fokus dalam proses kehamilannya. Nanti barulah setelah melahirkan Anda mulai bisa mengambil susu dari kuda tersebut. Selama 6 bulan Anda bisa mengambil susu setiap hari untuk hasil panen yang optimal.

Dalam 6 bulan, estimasi keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah sekitar Rp. 13.500.000. Setiap bulannya, Anda bisa menghasilkan keuntungan sekitar Rp. 2.250.000. Tentunya dengan keuntungan ini bisa sangat menambah penghasilan Anda bukan? Baik untuk usaha utama maupun sampingan potensi bisnis yang bisa Anda peroleh dari usaha ini memang sangat menjanjikan.

Nah, itulah segala manfaat dan potensi bisnis dari susu kuda liar. Dari informasi ini bisa Anda ketahui bahwa manfaatnya memang sangat besar untuk kesehatan. Meski begitu masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan berbagai manfaat dari susu ini selengkapnya. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengonsumsinya?

Check Also

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

Hasilbumi.net – La mayoría de los artrópodos tienen antenas, que son órganos sensoriales móviles ubicados …

Leave a Reply

Your email address will not be published.