Breaking News

Pilihan dan Rekomendasi Susu untuk Bayi Kucing yang Sehat

Bayi kucing memang membutuhkan asupan nutrisi yang maksimal untuk pertumbuhannya. Susu untuk bayi kucing sangat baik sebagai sumber vitamin dan gizi. Untuk itu, Anda harus memberikannya secara rutin selain makanan lainnya. Lalu, apa saja pilihan dan alternatif pemberian susu untuk anak kucing itu? Yuk, simak informasi berikut ini!

Pentingnya Pemberian Susu untuk Anak Kucing

Bayi kucing tentu masih berada dalam fase pertumbuhan awal dan membutuhkan banyak nutrisi serta vitamin. Untuk itulah pemberian susu tergolong sangat penting dan bertujuan supaya kebutuhan anak kucing bisa terpenuhi dan pertumbuhannya menjadi maksimal. Anda bisa memberikan susu yang memiliki kandungan gizi tinggi untuk anak kucing yang belum melalui proses sapih atau masih meminum langsung dari induknya.

Jenis susu yang sangat dianjurkan untuk bayi kucing sebelum sapih adalah yang memiliki kandungan lemak tinggi dan juga protein. Selain itu sebaiknya Anda memberikan susu yang mengandung laktoferin. Laktoferin adalah zat yang berperan untuk melindungi anak kucing dari penyakit menular sekaligus meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Pilihan dan Rekomendasi Susu untuk Bayi Kucing

susu untuk bayi kucing
(sumber gambar: istockphoto.com)

Dari banyaknya merk susu untuk anak kucing, ada beberapa nama yang bisa kami rekomendasikan. Berbagai susu ini sudah terkenal luas akan kandungan nutrisinya yang tinggi dan baik untuk pertumbuhan kucing. Inilah beberapa rekomendasi tersebut:

1. Air Susu dari Indukan Lain

Pilihan susu terbaik untuk bayi kucing memanglah yang berasal langsung dari indukannya. Akan tetapi, banyak kasus terjadi ketika induk tidak bisa memberikan ASI dengan optimal. Untuk menyiasati hal ini Anda bisa memberikan asupan ASI yang berasal dari indukan kucing yang lain.

Carilah indukan kucing yang juga sedang berada dalam fase menyusui anak-anaknya. Meski begitu, Anda harus menjalankan proses uji coba terlebih dahulu. Pasalnya tidak semua induk kucing bisa langsung akrab dan menerima anak yang bukan berasal dari kandungnya sendiri.

Untuk itulah, coba dahulu apakah anakan kucing yang Anda miliki bisa indukan terima dengan baik. Jika iya, maka silahkan mempercayakan pemberian ASI kepada kucing. Dengan begitu, kesehatannya bisa terjaga karena memperoleh asupan ASI yang maksimal.

2. Growssy Cat Milk

Dari berbagai rekomendasi susu untuk bayi kucing, mungkin merk ini adalah yang paling populer. Anda bisa menemukan susu ini dengan sangat mudah di berbagai pet shop terdekat maupun membelinya secara online. Selain sangat populer harga susu ini juga terbilang sangat terjangkau. Meski begitu, Anda tidak perlu meragukan nutrisi yang ada di dalam susu ini.

Di dalam Growssy Cat Milk terdapat berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi yang berguna untuk kesehatan bayi kucing. Terutama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya supaya tidak mudah sakit. Selain itu, dalam susu ini juga terdapat kandungan laktosa yang rendah, sehingga anak kucing akan lebih mudah dalam mencernanya.

Baca Juga: Pilihan dan Cara Membuat Sendiri Makanan Kucing Kampung yang Mudah

3. PetAg Kitten Milk Replacer

Rekomendasi susu untuk anakan kucing selanjutnya adalah PetAg Kitten Milk Replacer. Susu ini secara khusus dibuat memang tanpa adanya bahan laktosa sama sekali di dalamnya. Tentu hal ini membuatnya sangat aman untuk Anda berikan bagi bayi kucing.

Selain itu, dalam PetAg Kitten Milik Replacer juga terkandung kalori, protein, lemak, vitamin, karbohidrat, serta mineral yang cukup. Anda bisa membelinya dalam bentuk bubuk dan harus Anda seduh lebih dahulu sebelum memberikannya pada bayi kucing. Sayangnya, meski sangat bernutrisi namun harganya memang cukup mahal. Untuk 1 kaleng besar susu ini, Anda harus merogoh kocek sekitar 400 sampai 500 ribu.

4. SGM LLM+

Selain ketiga merk yang sudah kami sebutkan, Anda juga bisa memilih SGM LLM+ untuk bayi kucing. Merk susu ini memang seringkali menjadi alternatif bagi pemilik kucing apabila kesulitan menemukan susu khusus anak kucing, karena memang SGM LLM+ ini sebenarnya untuk konsumsi bagi manusia. Namun, apakah aman untuk bayi kucing?

Anda tidak perlu khawatir karena susu ini tidak memiliki kandungan laktosa yang bisa membuat gangguan pencernaan pada kitten. Sama seperti susu sebelumnya, Anda bisa membeli susu ini dalam bentuk bubuk, sehingga Anda harus menyeduhnya terlebih dahulu sebelum mengonsumsi susu ini.

5. Royal Canin Baby Cat Milk

Merk susu yang satu ini memang sudah terkenal premium dan sangat baik untuk bayi kucing. Banyak yang memilih merk ini terutama bagi jenis kucing Persia maupun Anggora. Terdapat banyak nutrisi yang bisa mendukung perkembangan bayi kucing supaya senantiasa sehat dan lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Meski begitu, memang harga dari susu ini tergolong pricey. Anda harus merogoh kocek sekitar 250 sampai 300 ribu rupiah untuk tiap 1 kalengnya. Akan tetapi jelas harga yang mahal akan sebanding dengan nutrisi yang bisa diberikan untuk kitten kesayangan Anda.

6. Susu Beruang (Bear Brand) dan Susu Kambing

Selain SGM LLM+, alternatif susu lain yang bisa Anda berikan untuk bayi kucing adalah susu beruang (bear brand). Tidak hanya sangat bermanfaat untuk manusia, namun Anda juga bisa memberikannya pada kitten. Merk susu yang satu ini memiliki kandungan laktosa yang rendah dan sudah steril.

Rendahnya kandungan laktosa ini membuat bear brand aman bagi kesehatan pencernaan kitten sekaligus mudah untuk mereka cerna. Selain itu, proses sterilisasi juga membuatnya bebas dari adanya kontaminasi bakteri yang bisa berbahaya. Jadi jelas jika kesulitan mencari merk khusus untuk kucing, susu beruang bisa menjadi alternatif yang baik.

Selain bear brand, Anda juga bisa memberikan susu kambing untuk kitten. Jenis susu kambing memang boleh untuk Anda berikan akrena kandungan laktosanya yang rendah. Ini membuat kitten tetap bisa mencerna susu kambing dengan mudah dan kesehatan pencernaannya bisa tetap terjaga.

Cara Memberikan Susu Pada Kitten 

susu untuk bayi kucing
(sumber gambar: getpebby.com)

Ketika memberikan susu, untuk kucing dewasa dengan kitten tentu akan berbeda persoalan tekniknya. Anda harus lebih berhati-hati ketika memberikannya pada anak kucing agar tidak membuat kitten tersedak. Selain itu, pastikan selalu memberi susu dalam takaran yang sesuai dan tidak berlebihan. Inilah cara yang bisa Anda ikuti ketika memberikan susu pada bayi kucing:

  1. Siapkan lebih dulu sebuah spet atau dot khusus bayi kucing atau bisa juga dot bayi yang biasa Anda gunakan untuk manusia. Usahakan ukurannya tidak terlalu besar dan sesuai dengan ukuran kitten
  2. Khusus untuk susu yang berbentuk bubuk, silahkan baca aturan takaran pada kemasan susu dan mulai buat sesuai petunjuk. Ketika menyeduh usahakan menggunakan air hangat daripada air dingin. Jika menggunakan susu cair, maka langsung tuang pada dot yang sudah Anda siapkan sebelumnya
  3. Coba dahulu aliran keluarnya susu dari dalam dot dan usahakan jangan terlalu cepat atau besar agar tidak membuat kitten tersedak
  4. Jika sudah silahkan gendong bayi kucing dan letakkan pada genggaman salah satu tangan Anda secara perlahan. Lakukan secara hati-hati dan jangan sampai menyakiti kitten 
  5. Pada bagian tangan lainnya, silahkan genggam dot bayi dan mulai arahkan ke bagian mulut bayi kucing
  6. Mulai masukkan susu secara perlahan dan pastikan kitten meminumnya dengan baik. Jika kucing sudah menunjukkan tanda penolakan seperti sudah tidak mau meminum susu atau bergerak-gerak menolak dot, maka artinya ia sudah kenyang dan susu sudah cukup
  7. Setiap hari, usahakan untuk memberikan susu setiap 2 sampai 3 jam sekali. Tujuannya agar bayi kucing mendapatkan nutrisi dengan cukup, terutama bagi anak kucing yang sudah tidak memiliki indukan.

Catatan Tambahan

Sebagai catatan apabila Anda melihat ada tanda tidak cocok dari suatu merk susu tertentu pada kitten, maka Anda harus segera berhenti memberikannya. Setelah itu segera bawa kitten ke dokter hewan dan lakukan konsultasi soal asupan susu yang sudah Anda berikan.

Dengan begitu, kitten akan terjaga kesehatannya dan tidak muncul efek samping yang berbahaya. Untuk masalah merk susu, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter hewan supaya mendapatkan saran terbaik soal susu yang bisa Anda berikan bagi kitten. 

Nah sobat agribisnis, itulah beberapa hal yang harus Anda pahami soal susu untuk bayi kucing. Mengingat betapa pentingnya nutrisi bagi kitten maka selalu usahakan untuk memberi susu secara rutin ya. Terutama jika memang sudah tidak ada indukan yang bisa menyusui kitten dengan teratur. Dengan begitu, bayi kucing bisa sehat dan tumbuh dengan baik!

Check Also

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

Hasilbumi.net – La mayoría de los artrópodos tienen antenas, que son órganos sensoriales móviles ubicados …

Leave a Reply

Your email address will not be published.