Breaking News

10 Koleksi Tanaman Hias Irfan Hakim Berharga Fantastis

Salah satu artis ternama yang menyukai tanaman hias yaitu Irfan Hakim. Tidak hanya memelihara berbagai hewan saja, namun Irfan Hakim kini juga ikut mengoleksi berbagai tanaman hias. Dalam channel YouTube deHakims, Irfan Hakim sering memperlihatkan koleksi tanaman hias yang ada di rumah joglo miliknya.

Tidak jarang, tanaman hias milik Irfan Hakim memiliki harga yang fantastis mencapai jutaan bahkan ada yang sampai puluhan juta rupiah. Irfan Hakim juga sering membahas jenis-jenis tanaman hias yang unik dan mahal di channel YouTube miliknya.

10 Daftar Tanaman Hias Koleksi Irfan Hakim

Berikut ini 10 daftar tanaman hias koleksi Irfan Hakim :

1. Philodendron Selloum Variegata

Philodendron Selloum Variegata
theandroidproject.com

Philodendron Selloum merupakan salah satu tanaman hias yang menjadi kegemaran para kolektor tanaman hias. Tanaman ini juga memiliki julukan lain sebagai philodendron jari karena memiliki bentuk daun seperti jari. Tanaman hias philodendron ini membawa kesan yang maskulin dan elegan.

Harga dari satu tanaman philodendron selloum variegata ini cukup mahal karena jumlah tanamannya yang cukup terbatas. Tanaman philodendron ini juga memiliki tampilan yang tanaman yang eksotis. Ada sekitar 450 varietas tanaman philodendron. Pada awalnya, tanaman philodendron Selloum ini memiliki habitat asli yang berada di Amerika Selatan yang bisa tumbuh tinggi mencapai 5 meter.

Tanaman Philodendron memiliki daun yang tebal dan batang yang kokoh. Ada beberapa jenis philodendron selloum yang sangat terkenal di kalangan penyuka tanaman.

Di antaranya yaitu philodendron hederaceum yang umumnya memiliki daun berbentuk hati, philodendron bipennifolium atau yang biasa kita kenal sebagai daun biola dan jenis ini memiliki penampilan daun yang mengkilap sehingga cukup menarik banyak perhatian orang lain, dan philodendron domesticum yang memiliki daun berbentuk segitiga dan bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 24 inch. Selain itu, jenis philodendron domesticum memiliki daya tahan yang lebih kuat sehingga perawatan tanaman akan lebih mudah.

Pertumbuhan tanaman philodendron selloum

Tanaman philodendrom memiliki ketahanan terhadap daerah atau tanah yang lembab, tanaman ini tidak menyukai udara atau cuaca yang panas. Sehingga sangat memerlukan keseimbangan tanah dalam membantu perkembangan tanaman. Namun tanah yang terlalu basah juga bisa memicu pembusukan tanaman. Perhatikan sistem pencahayaan tanaman.

Selain itu, tanaman philodendron yang tersimpan dalam tempat yang memiliki pencahayaan kurang maka pertumbuhan tanaman philodendron akan terhambat. Namun jika tingkat pencahayaan kurang maka akan menyebabkan kelembaban tanaman kurang. Perkembangbiakan tanaman philodendron ini bisa menggunakan metode stek batang. Pastikan bahwa pemangkasan batang yang kita lakukan tidak sia-sia dan tetap bisa menjadi tanaman yang baru.

Dalam stek batang, kita hanya memerlukan batang. Selain itu, batang akan memunculkan akar yang kemudian akan memperbanyak potongan batang di tanah atau air hanya dalam kurun waktu beberapa minggu saja. Untuk perbanyakan di media air maka cukup menempatkan potongan batang dalam toples air. Sedangkan untuk perbanyakan di media tanah maka cukup celupkan batang ke dalam tanah secara perlahan.

Perawatan tanaman philodendron yang sudah tumbuh bisa kita lakukan dengan pemangkasan daun. Dengan menggunakan gunting bersih atau gunting yang tajam, kita bisa memangkas daun yang mati atau rusak pada tanaman philodendron. Penyakit tanaman philodendron yang yang harus diwaspadai yaitu bakteri hawar yang menyebabkan bercak sangat gelap pada daun dan menyebabkan daun akan mati dan membusuk.

2. Philo Brekele

Philo Brekele
inkuiri.com

Philo brekele merupakan salah satu tanaman yang memiliki daun lebar yang bisa tumbuh merambat. Tanaman ini memiliki usia pertumbuhan yang sangat cepat. Semakin sering pemangkasan maka akan semakin cepat rimbun. Pertumbuhan daun akan cepat membesar dan lebih cepat menumbuhkan daun yang baru. Tanaman philo brekele memiliki tampilan daun yang mengkilap dan berwarna hijau.

Jika peletakan tanaman hias ini berada dalam tempat yang pencahayaannya kurang maka akan menyebabkan daun kecil dan berwarna kuning. Media tanam yang lembab juga akan membantu tanaman philo brekele tumbuh subur atau daunnya yang semakin meninggi. Pemangkasan bisa kita lakukan sebagai salah satu perawatan tanaman. Pemangkasan philo brekele ini hanya membutuhkan batang yang memiliki akar. Setelah dilakukan pemangkasan maka akar yang ada di batang harus terendam oleh air yang mengandung vitamin B1.

3. Keris Papua

Keris Papua
biggo.id

Tamanan keris Papua merupakan tanaman asli Papua. Suku kawasan papua yang mendiami pesisir kawasan sungai membrano yang menemukan tanaman ini. Keris Papua masuk ke dalam anggota suku tanaman keladi yang hidup di hutan. Tanaman ini bisa tumbuh subur di seluruh wilayah papua.

Memiliki bunga yang akan mekar dan memunculkan biji. Biji yang ada pada tanaman keris Papua ini bisa menjadi bibit tanaman baru. Tanaman keris Papua memiliki keunikan karena warnanya bisa berubah-ubah sesuai keadaan cuaca.

Tanaman keris Papua ini juga memiliki kemampuan khasiat yang dipercaya untuk mengobati penyakit HIV/AIDS. Jumlah tanaman keris Papua ini memiliki populasi yang sedikit. Sehingga tidak heran apabila tanaman ini memiliki harga yang cukup tinggi. Tanaman keris Papua ini sampai sekarang masih laku terjual meskipun dalam penjualannya secara online.

4. Janda Bolong Varigata

Janda Bolong Varigata
insight.kontan.co.id

Janda bolong masuk ke dalam tanaman yang berasal dari keluarga arum, Araceae yang berasal dari daerah tropis Amerika. Tanaman janda bolong saat ini memang sedang banyak menjadi perbincangan para pecinta tanaman hias. Selain karena namanya yang unik, tanaman ini juga memiliki harga yang cukup fantastis. Janda bolong memiliki nama latin Monstera Adansonii Variegated.

Tanaman ini banyak menjadi kegemaran karena memiliki keunikan tersendiri. Janda bolong memiliki daun-daun yang berlubang secara alami. Lubang yang ada pada tanaman janda bolong bukan karena hama atau sengaja oleh manusia. Harga janda bolong saat ini bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Tanaman janda bolong akan tumbuh subur di hutan hujan yang lebat dan akan menggunakan akar udara dari tanaman ini untuk merambat di pohon. Peletakan tanaman ini harus berada pada tempat yang memiliki cukup pencahayaan. Agar tanaman janda bolong memiliki daun dan batang yang tumbuh subur.

5. Philondendron White Knight

Philodendron White Knight
liagriffith.com

Koleksi tanaman hias Irfan Hakim yang lainnya yaitu philodendron White Knight. Irfan Hakim juga memelihara tanaman ini dalam rumah joglo yang berisi berbagai jenis tanaman hias. Philondendron White Knight merupakan salah satu tanaman tropis yang jumlahnya cukup terbatas.

Tanaman ini memiliki genus sekitar sebanyak 489 spesies berbunga. Tidak heran bila harga tanaman hias ini juga cukup tinggi. Tanaman ini pertama kali diperkenalkan pada abad ke-16. Philondendron white knight dapat tumbuh mencapai ukuran 3 meter.

Tanaman ini memiliki batang yang berwarna merah indah dengan variasi putih sementara untuk daunnya sendiri sangat beraneka ragam dan bervariasi ada dalam warna putih cerah. Seperti layaknya tanaman hias pada umumnya, philodendron harus berada pada tempat dengan kondisi yang cukup pencahayaannya.

Cahaya yang cukup akan mengakibatkan daun philodendron white knight menjadi tampak lebih hijau mengkilap dan segar. Kelembaban juga memiliki peranan yang penting untuk menghasilkan tanaman yang lebih indah dan tampak subur.

Dalam cuaca yang kering maka bisa memakai pelembab ruangan atau baki kerikil yang berisikan air. Daun philondrendron mengandung krystal kalsium oksalat tingkat tinggi, yang apabila tertelan atau termakan dapat menyebabkan reaksi alergi bibir, mulut, dan kerongkongan. Untuk itu, hindarkan tanaman philondrendron ini dari jangkauan anak-anak ataupun hewan peliharaan.

6. Monstera King

Monstera King
lyfe.style.kompas.com

Monstera merupakan salah satu spesies tanaman dari keluarga arum yang berasal dari daerah tropis Amerika. Tanaman ini masih satu kerabat dengan tanaman janda bolong. Memiliki daun yang berlubang-lubang. Tanaman hias ini biasanya merambat dan selalu berwarna hijau. Monstera dapat tumbuh hingga ketinggian 20 meter dan memiliki akar yang tumbuh kuat di dalam tanah dan memiliki ukuran daun lebih besar dari pada jenis lainnya.

Tanaman ini biasanya berada di dalam ruangan yang dan memiliki fungsi sebagai tanaman hias. Seiring berjalannya waktu, harga tanaman ini semakin meningkat di pasaran. Namun tanaman ini juga semakin menjadi kegemaran para pecinta tanaman hias. Para pecinta tanaman hias atau kolektor bahkan sampai rela mengeluarkan uang demi membeli tanaman hias monstera king ini.

Sebagai pembeli kita harus tau cara membedakan monstera asli dan palsu. Banyak jenis monstera yang seringkali membingungkan jenisnya. Untuk monstera king ini memiliki daun yang rapat antara satu dengan yang lainnya. Gagang daun monstera king tidaklah membulat melainkan pipih dan tidak mudah cekung ketika kita pencet.

Pembudidayaan monstera ini terbilang cukup mudah karena bis menggunakan stek batang. Dengan cara memotong bagian batang tanaman tersebut dan akar gantungnya. Perawatan untuk tanaman monstera ini juga cukup mudah yaitu dengan menyiram, menempatkannya di tempat yang lembab, memberikan nutrisi untuk tanaman, dan mengganti pot secara berkala. Tanaman monstera juga mengandung asam oksalat yang tinggi yang apabila tertelan maka bisa menyebabkan iritasi bibir, mulut, dan tenggorokan.

7. Caladium Srikandi

Caladium Srikandi
binggo.biz.id

Caladium srikandi merupakan salah satu kelompok tumbuhan keluarga keladi atau suku talas-talasan. Pada dasarnya tanaman keladi jarang membentuk umbi. Tumbuhan ini memiliki habitat asli di Brazil namun sekarang sudah tersebar di berbagai penjuru dunia. Salah satu ciri khas dari tanaman caladium ini yaitu daunnya yang membentuk jantung atau hati.

Selain itu, daun caladium juga mengandung lapisan lilin dan licin. Seluruh bagian tanaman keladi tidak boleh dikonsumsi karena bisa menyebabkan iritasi. Tumbuhan keladi sudah menjadi tanaman populer sejak abad ke-18 di wilayah Eropa. Caladium yang beredar di pasaran saat ini merupakan caladium hasil penyilangan. Penyilangan pada caladium ini mengakibatkan munculnya caladium-caladium baru yang lebih memukau dan semakin menaikkan eksistensi caladium di pasaran

Caladium srikandi memiliki bentuk yang unik dan cantik. Sangat cocok apabila sebagai menjadi tanaman hias. Tanaman ini memiliki warna daun yang menarik di antaranya warna merah, merah muda, putih, hijau, ataupun kuning. Perbanyakan tanaman caladium ini bisa memanfaatkan teknik pemisahan rumpun, menyacah umbi, menanam umbi melalui teknik kultur jaringan. Perawatan tanaman caladium ini cukup mudah dari tanaman hias yang lain, ukurannya yang kecil juga mempermudah dalam proses perawatannya.

8. Sabrina

sabrina
brilio.net

Tanaman sabrina memiliki julukan sebagai bunga melati Jepang mini. Memiliki habitat asli di Meksiko, Amerika Tengah dan Kolombia. Memiliki corak warna kuning dan bunga yang sangat indah membuat tanaman ini semakin populer.

Tampilan yang menarik juga memberikan kesan dan daya tarik sendiri bagi para pecinta tanaman hias. Biasanya pemilik tanaman ini akan menggantung sabrina pada pot gantung yang ada di langit-langit menggunakan sambungan kawat. Bagi yang ingin memelihara tanaman ini juga cukup mudah.

Hanya dengan melakukan stek batang pada pucuk batangnya. Pemotongan batang tidak boleh terlalu tua ataupun terlalu muda. Selain itu, potong pada pucuk batang sepanjang 5 cm. Setelah itu, tinggal menyiapkan media tanam berupa pot yang berisi tanah campuran.

Tanah sebelumnya sudah tercampur dengan sekal padi. Lalu tanamlah pucuk batang pada media tanam tersebut. Siramilah secara rutin setiap hari dan lebih baik meletakan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung serta boleh menutupnya dengan plastik.

Tambahkan pupuk untuk menunjang nutrisi dan kesuburan dari tanaman. Dalam penanganan tanaman ini juga harus hati-hati karena bisa menyebabkan iritasi kulit atau gatal-gatal. Terutama jika terkena getah dari tanaman ini.

9. Bromelia

Bromelia
athome.id

Bromelia merupakan salah satu tumbuhan yang berada dalam keluarga Bromeliaceae yang memiliki 3000 spesies. Tanaman ini berasal dari daerah Amerika dan memiliki penampilan mirip dengan nanas.

Tanaman bromelia memang menarik dan memiliki daun yang beraneka warna dengan corak yang unik. Beberapa jenis bromelia memunculkan bunga dengan bentuk yang indah dan cantik. Kebanyakan jenis bromelia tumbuh tanpa batang dengan ukuran yang bervariasi sesuai jenisnya.

Untuk pembudidayaan bromelia di Indonesia sudah banyak dilakukan. Proses pemeliharaan bromelia juga tergolong gampang. Penggunaan media yang dapat membuang air sangat penting dalam budidaya bromelia.

Akar bromelia tidak boleh tergenang oleh air karena bisa menyebabkan akar bromelia menjadi busuk. Beberapa jenis bromelia tumbuh di batang pakis atau pohon. Untuk penggunaan media tanah, pastikan bahwa jangan sampai akar bromelia tidak tergenang air.

Meskipun bromelia merupakan salah satu tanaman yang jarang terkena penyakit atau hama. Namun kita juga perlu memperhatikan hama dan penyakit yang bisa menyerang tanaman bromelia.

Seperti hama kutu putih, kutu sisik, dan belalang yang kita hilangkan dengan cara menyeka daun menggunakan kain lembut yang basah dengan sedikit deterjen.

Jika daun memang sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki maka sebaiknya daun di potong saja. Sedangkan untuk penyakit bromelia penyebabnya adalah bakteri. Untuk itu, rutinlah dalam menyemprot tanaman bromelia dengan larutan dithane.

10. Philodendron Micans

Philodendron Micans
katalog.or.id

Tanaman philondendron memang saat ini cukup melejit dan populer di kalangan para pecinta tanaman. Salah satunya yaitu philondendron micans yang memiliki bentuk sederhana namun sangat cantik jika menjadi tanaman hias pajangan. Tanaman ini berasal dari daerah Karibia dan Meksiko.

Alasan banyak orang menyukai tanaman philodendron micans ini yaitu karena bentuk daun dan tanamannya yang sangat sempurna. Memiliki tekstur daun yang beludru dan berbentuk hati yang memiliki ukuran tidak lebih dari 4 sampai 5 inch. Daunnya juga memiliki tampilan yang mengkilap seperti bercahaya.

Baca Juga : Jurus Jitu Sukses Ternak Burung Perkutut yang Wajib Kamu Tahu

Philodendron micans merupakan salah satu tanaman hias terbaik untuk menghilangkan racun di dalam ruangan. Perawatan tanaman philodendron micans ini juga tidak terlalu sulit karena tanaman ini sangat mudah diperbanyak. Philodendron micans merupakan tanaman yang tumbuh merambat mengikuti sulur yang akan sangat elegan dalam tempat yang tepat sesuai selera kita masing-masing.

 

Check Also

Esmambo jagung

Resep Es Jagung Ala Rumahan, Enak dan Pasti Ketagihan

Hasilbumi.net – Resep Es Jagung Ala Rumahan, Enak dan Pasti Ketagihan. Formula Es Jagung Versi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *