Breaking News

10 Daftar Tanaman Hias Termahal di Dunia

Tanaman hias termahal pasti memiliki keindahan, kecantikan, dan menciptakan kesan estetik yang berbeda dari tanaman hias pada umumnya. Tidak heran apabila saat ini makin banyak orang yang memelihara tanaman hias untuk memperindah halaman rumah, sebagai riasan, membuat karangan bunga ataupun hanya sebagai hobi saja. Tanaman hias memiliki jenis dan bentuk yang beragam, seperti bunga, semak, perdu, dan pohon.

Masuk ke dalam kategori tanaman hortikultura yang tidak hanya bagian bunganya saja yang bermanfaat. Namun seluruh bagian tanaman hias ini bermanfaat untuk menciptakan keindahan. Ada juga beberapa jenis tanaman hias yang batangnya mengeluarkan bau yang harum sehingga bisa bermanfaat untuk pengharum ruangan. Keberadaan tanaman hias ini cukup penting bagi arsitektur ruangan, penempatan tanaman hias di suatu ruangan sangat menjadi pertimbangan. Bahkan beberapa orang pun rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli suatu jenis tanaman hias.

Berikut Ini 10 Daftar Tanaman Hias Termahal Di Dunia

1. Sansivera atau Lidah Mertua

Lidah Mertua
Sumber foto : kompas.com

Memiliki nama latin Sansevieria trifasciata, biasa kita kenal dengan nama lidah mertua. Merupakan sebuah tanaman hias yang memiliki daun keras, tegak, kaku, ujung runcing, dan bentuk yang sukulen. Sansivera cukup dapat tumbuh dalam tempat yang memiliki kondisi sedikit air dan cahaya matahari. Tanaman hias termahal ini memiliki kemampuan yang cukup istimewa yaitu bisa menyerap berbagai zat racun yang bisa merugikan tubuh manusia. Seperti, karbondioksida, trichloroethylene, dan benzene.

Selain itu, tanaman Sansivera juga bisa berguna sebagai obat untuk mengatasi wasir, diabetes, menyuburkan rambut yang sering rontok, hingga menyembuhkan kanker. Tanaman Sansivera termasuk ke dalam golongan tanaman yang bisa beradaptasi dengan mudah di kondisi lingkungan yang berubah-ubah. Sansivera terbagi menjadi dua jenis tanaman, yaitu jenis yang memiliki tubuh panjang dan tumbuh ke atas dengan ukuran sekitar 50-75 cm dan jenis Saviera dengan daun pendek dan tumbuh melingkar dengan panjang 8 cm dan lebar 3 cm.

Salah satu tanaman jenis sukulen yang pastinya tahan terhadap kondisi lingkungan yang kekurangan air karena berdaun tebal yang memiliki kandungan air di dalamnya. Saviera tumbuh dalam warna daun yang berbeda-beda karena beberapa faktor. Mulai dari warna hijau kuning, abu, perak, putih kuning, hijau muda, dan hijau tua. Masyarakat Jepang juga memanfaatkan tanaman ini sebagai penghilang bau perabotan rumah di dalam ruangan. Karena cukup berpengaruh bagi kesehatan dan polusi lingkungan, maka tidak heran tanaman ini banyak kita temui di pinggir jalan.

2. Shenzhen Nongke Orchid

Shenzhen Nongke Orchid
Sumber foto : lingkarmadiun.pikiran-rakyat.com

Shenzhen Nongke Orchid merupakan salah satu tanaman jenis Orchidaceae yang berupa tanaman berbunga dengan bentuk bunga yang berwarna-warni serta memiliki bau yang harum. Tanaman jenis Orchidaceae ini lebih kita kenal sebagai tanaman anggrek. Jenis ini memiliki hampir sekitar 28.000 spesies yang sudah tersebar di sekitar 763 negara. Tanaman Orchidaceae cukup mudah kita bedakan dengan tanaman lain karena memiliki ciri khas dari bagian tubuhnya.

Beberapa karakteristik turunan synapomorphies yaitu bentuk bunga yang simetri bilateral, memiliki banyak bunga, memiliki biji bunga yang cukup kecil, dan ciri khas lainnya. Tanaman anggrek yang memiliki jenis Orchis dan Ophrys, mempunyai dua akar bonggol yang berada di bawah tanah. Di mana satu akar berguna sebagai cadangan makanan pada periode musim dingin dan berguna bagi kebutuhan lainnya. Tanaman anggrek ini merupakan salah satu tanaman yang bersifat epifit yang hanya tumbuh di atas tumbuhan lain atau di atas penyangga.

Shenzhen Nongke Orchid pada awalnya berasal dari seorang ilmuan yang ada di Universitas Nongke Shenzhen. Jenis anggrek ini cukup lama dalam berbunga sehingga termasuk dalam kategori anggrek yang langka. Salah satu anggrek yang berasal dari persilangan sehingga tidak heran jika harganya mencapai 2,6 miliar rupiah dan merupakan tanaman hias termahal yang memiki harga fantastis.

3. Juliet Rose

Juliet Rose
Sumber foto : Bobo.grid.id

Juliet Rose merupakan salah satu jenis dari bunga mawar yang masuk ke dalam varietas baru. Bunga mawar ini pertama kali dibiakkan oleh seorang pecinta tanaman yang bernama Tom Carruth Amerika di tahun 2004. Varietas baru ini juga telah sudah pernah Weeks Wholesale Rose Grower, Inc kenalkan ke Amerika Serikat. Saat ini bunga Juliet Rose sudah menjadi salah satu varietas bunga mawar dengan harga yang fantastis.

Tanaman hias yang satu ini memiliki bunga dengan ukuran sedang, daun yang berwarna hijau cerah, dan agak mengkilap menambah kesan cantik bunga ini. Tanaman ini termasuk dalam tanaman yang tahan dengan berbagai kondisi cuaca, tahan panas, tahan penyakit, dan waktu mekar yang relatif sama. Merupakan tanaman

4. Anthurium

Anthurium
Sumber foto : rumah.com

Anthurium biasa kita kenal dengan nama kuping gajah, tanaman hias anthurium masih berada dalam satu golongan dengan tanaman hias aglaonema, philodendron, dan alokasia. Merupakan genus asli dari Amerika yang kemudian menyebar melalui Meksiko utara dan Argentina utara. Anthurium masuk ke dalam tanaman keluarga Araceae yang memiliki genus dengan jenis sekitar 1000. Sama seperti tanaman anggrek, anthurium juga hidup secara epifit dan menempel pada batang pohon. Tanaman ini bisa hidup di wilayah dasar hutan.

Anthurium memiliki daya tarik utama di bagian bentuk daunnya yang indah dan unik. Bentuk daun yang menonjol dengan tulang daun yang besar membuat tanaman ini tampak kuat. Selain itu, bentuk daun tumbuh dengan bergerombol dan bentuknya bervariasi. Konon pada masa kerajaan, tanaman ini digunakan sebagai hiasan interior istana raja sehingg mendapatkan julukan tanaman raja. Anthurium secara umum dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu anthurium daun dan anthurium bunga. Perbedaan jenis tersebut juga menunjukan perbedaan pemanfaatan dari tanaman hias anthurium.

Tanaman hias ini mudah tumbuh subur di lahan yang memiliki kondisi lembab yang berbahan organik tinggi. Dalam iklim yang ringan, tanaman ini bisa berkembang biak di dalam pot tanah. Suhu yang cocok untuk perkembang biakan anthurium adalah sekitar 16-22 derajat celcius dengan kondisi intensitas cahaya matahari yang lebih rendah dari pada tanaman hias lain. Perawatan untuk tanaman hias ini juga tergolong mudah, sehingga banyak orang yang lebih tertarik untuk memeliharanya. Hanya dengan memberikan larutan pupuk secara rutin, membuang hama dan serangga yang mengganggu, serta menyeka daun dengan air agar tidak kotor.

5. Mature Fiddle Leaf Fig Tree

Mature Fiddle Leaf Fig Tree
Sumber foto : thetreecenter.com

Tanaman hias ini memiliki nama lain pohon ketapang biola yang memiliki bentuk daun lebar serta agak mengkilap. Ketapang merupakan  pohon yang banyak tumbuh di tepi pantai dan kerap dijadikan sebagai tempat berteduh dari panasnya tepi pantai. Pohon ketapang bisa tumbuh sampai tinggi 40 m dan lebar batangnya yang mencapai 1,5 m. Memiliki bunga dengan ukuran yang cukup kecil yang tumbuh bergerombol di dekat ujung ranting dengan warna hijau kekuningan. Tanaman hias ini tersebar di wilayah Asia Tenggara kecuali di daerah Sumatera dan Kalimantan yang sangat jarang ditumbuhi tanaman ini.

Iklim yang cocok untuk pertumbuhan tanaman ini yaitu iklim pesisir pantai dengan ketinggian hingga 400 mdpl dan curah hujan sekitar 1.000-3.500 mm pertahun. Ketapang biola biasanya menggugurkan daun sebanyak dua kali dalam setahun saat musim kemarau. Selain bermanfaat untuk desain ruangan, bagian dari tanaman ini juga bisa bermanfaat sebagai obat, pewarna alami, dan lainnya. Selain itu, Mature fiddle leaf fig tree juga banyak designer gunakan sebagai interior ruangan.

6. Bonsai

Bonsai
Sumber foto : tamanbonsai.com

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan nama tanaman hias yang satu ini, yaitu bonsai. Salah satu tanaman hias yang cukup unik dan menarik sehingga banyak digemari oleh para pengoleksi tanaman hias. Dalam istilah Jepang, bonsai merupakan tanaman seni tradisional yang pemeliharaannya dalam pot yang kecil. Melihat bentuk pohon yang seperti miniatur suatu pohon besar asli yang kerdil dan tidak akan tumbuh lebih besar seiring berjalannya waktu.

Bonzai merupakan salah satu seni pemangkasan tanaman dan teknik pengawetan tanaman dengan membentuk cabang pohon buatan menggunakan kawat. Beberapa perlakuan khusus juga diterapkan pada bonsai seperti pemberian pupuk, pembentukan tanaman, pemangkasan, penyiraman, dan penggantian pot dan tanah. Proses pembuatan bonsai memakan waktu yang lama tidak heran jika tanaman ini masuk ke dalam tanaman termahal yang memiliki harga mencapai 1,3 miliar rupiah.

Bonsai memiliki jenis yang bermacam-macam yaitu bonsai dengan pohon buah, bonsai dengan tumbuhan berbunga, bonsai pohon pinus, dan bonsai dengan bentuk daun yang unik. Bonsai bisa mencapai tinggi lebih dari 100 cm, memiliki beberapa macam dahan seperti dahan tegak lurus keatas, dahan yang tumbuh menyamping, batang menggantung, bentuk akar yang menonjol, dan lainnya.

7. Philodenron

Philodenron
Sumber foto : kompas.com

Tanaman hias ini masuk ke dalam keluarga tanaman suku Araceae. Philodenron berasal dari bahasa Yunani dari kata ‘philo’ yaitu cinta dan ‘denron’ yaitu pohon. Memiliki banyak habitat di tempat yang lembap, tepian sungai, pinggir jalan, dan sekitar rawa. Hidup secara merambat pada tanaman lain dengan bantuan akarnya yang menjulur. Banyak tumbuh di hutan tropis seperti yang ada di Indonesia. Ada sekitar 490-an spesies dari genus ini, namun sayangnya belum terlalu banyak dikenal orang. Tanaman hias biasanya desaigner pakai untuk interior dalam ruangan, memiliki harga yang fantastis yaitu sekitar 114 juta rupiah.

Philodenron merupakan salah satu tumbuhan yang bisa hidup secara epifit, hemiepifit, dan jarang terestrial yang hidup berdampingan dengan tanaman lain. Tanaman hias ini memiliki ukuran daun yang besar dan terlihat mengesankan. Daun tanaman philodensron ini berbentuk hati saat masih muda. Untuk membudidayakan tanaman ini, lebih cocok di tempat yang beriklim ringan dan tempat yang teduh. Pembudidayaan dengan bahan yang organik akan membuat philodenron lebih cepat tumbuh. Temperatur suhu yang cocok untuk tanaman ini yaitu antara 15 hingga 18 derajat celcius. Perawatan tanaman cukup dengan menyeka daun yang kotor dengan air akan menghilangkan debu dan kotoran.

8. Rothschild’s Orchid

Merupakan tanaman yang masuk dalam spesies anggrek dengan daun kering yang berukuran lebih besar. Memiliki nama sebutan lain yaitu anggrek sandal rothschild. Bunga ini biasanya mekar pada bulan April hingga Mei. Tanaman Rothschild’s Orchid memiliki habitat asli di hutan hujan yang berada di sekitar wilayah Kalimantan. Salah satu tanaman yang cukup bernilai karena miliki harga yang cukup fantastis yaitu mencapai 57 miliar rupiah sehingga masuk ke dalam salah satu tanaman hias termahal di dunia.

Tanaman Rothschild’s Orchid cocok tumbuh di tempat dengan ketinggian 500 hingga 1200 meter di atas permukaan laut. Biasanya akan cepat bertumbuh pada tanah yang ultrabasa atau berada di dekat sungai. Tanaman hias yang memiliki penampilan cantik dan menawan. Kelopak bunga yang memiliki bintik hijau dan merah menarik banyak perhatian serangga yang berguna untuk membantu proses penyerbukan nantinya.

9. Monstera Adansonii Variegated

Monstera Albo and other Variegated Monstera - The Variegated Monstera
Sumber foto : thevariegatedmonstera.com

Pecinta tanaman hias pastinya sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias Monstera Adansoni Variegated. Tanaman hias ini memiliki nama lain ‘janda bolong’ karena memiliki bentuk daun yang meruncing dengan lubang-lubang yang ada di daunnya. Merupakan tanaman yang masuk dalam kategori tanaman berbunga keluarga Araceae yang memiliki habitat luas di Amerika Tengah, Amerika Selatan, Hindia Barat, pulau Grenada, dan lainnya. Spesies ini banyak ditemukan di sekitar lokasi lembah sungai di ketinggian yang lebih rendah.

Perawatan yang mudah dan sederhana juga membuat tanaman ini menjadi kegemaran para pecinta tanaman hias. Memiliki varietasnya yang banyak dan semakin baru varietasnya maka akan semakin mahal harga tanaman. Keunikan dan bentuk warna dari tanaman ini menjadi daya tarik utama. Terutama saat pandemi Covid-19 saat ini yang membuat beberapa orang mendadak menjadi kolektor tanaman hias. Tanaman ini juga sudah dibudidayakan di Indonesia dan salah satu tanaman ekspor yang bernilai jual tinggi. Monstera Adansonii Variegated merupakan salah satu tanaman hias termahal di dunia yang memiliki harga mencapai puluhan juta rupiah.

10. Anggrek Hitam Papua

Misteri Anggrek Hitam Papua yang Langka | Berita Papua
Sumber foto : beritapapua.id

Memiliki nama latin Coelogyne pandurata yang memiliki habitat di wilayah Semenanjung Malaya, Sumatera, dan Kalimantan. Tanaman hias ini memiliki warna dan bentuk yang unik. Karena semakin menyusutnya lahan hutan yang berada di Kalimantan membuat populasi anggrek hitam ini semakin sedikit. Tanaman hias anggrek hitam masih bisa kita temui di dalam cagar alam Kersik Luway. Anggrek hitam salah satu tanaman yang termasuk langka dan keberadaannya terancam punah, untuk mendapatkan tanaman yang sau ini juga harus menyusuri pedalaman hitam. Tidak heran jika tanaman hias ini merupakan salah satu tanaman hias termahal di dunia yang bisa bernilai jual mencapai 100 juta rupiah.

Baca Juga: 10 Daftar Hewan Peliharaan Termahal di Dunia

Tanaman Anggrek Hitam Papua juga sudah sering ada di berbagai jurnal-jurnal penelitian international. Sehingga tidak heran jika anggrek ini sudah terkenal hingga tingkat international. Tanaman hias ini rencananya akan menjadi komoditas ekspor yang berpeluang besar. Anggrek hitam masuk ke dalam anggrek golongan simposial dengan bentuk yang agak membengkak di bagian bahwanya dan terdapat daun yang menjulur di atasnya.

Memiliki bentuk lidah yang berwarna hitam dan garis-garis yang berwarna hijau. Bentuk bunga yang indah dan memiliki harum yang cukup semerbak membuat tanaman ini cocok kita tanam di taman rumah, bunga biasanya mekar pada bulan Maret hingga Juni. Terutama tentang warna yang eksotis membuat tanaman ini semakin digemari banyak orang. Di bagian tengah bunga, memiliki warna yangt berbeda-beda terkadang merah, ungu, dan kadang juga memiliki warna yang terang.

Anggrek hitam cocok kita budidayakan di lahan yang lembab dengan intensitas cahaya matahari yang cukup. Indonesia patut bangga dengan tanaman anggrek hitam ini karena merupakan satu – satunya anggrek yang memiliki bunga yang berwarna hitam.

Itulah 10 tanaman hias termahal di dunia, memiliki harga yang mahal karena merupakan tanaman hias yang benar-benar unik dan langka di dunia. Untuk mendapatkan tanaman hias ini juga tidak mudah karena jumlahnya yang sangat terbatas. Namun tanaman hias ini masih banyak diminati oleh kolektor tanaman hias.

Check Also

How do you start your own small-scale business (2)

How do you start your own small-scale business?

Hasilbumi.net – Name and logo creation are easy tasks. But what about the other crucial, yet …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *