Ide Bisnis Ternak Lobster Air Tawar Skala Rumah Tangga

  • Whatsapp

Lobster merupakan salah satu komoditi laut yang sangat populer dan banyak diminati di Indonesia. Sayangnya laksana memiliki harga yang sangat mahal disertai dengan sulitnya didapatkan. Lobster dengan kualitas yang bagus, terutama langsung dari laut sangat mahal. Hal ini yang menyebabkan banyak pebisnis membuat ide untuk melakukan budidaya dan ternak lobster air tawar dengan skala rumah tangga. Dalam artikel ini akan membahas mengenai ide bisnis ternak lobster air tawar skala rumah tangga, yang bisa diikuti atau dicontoh.

Lobster Air Tawar

source tirto
source tirto

Air tawar merupakan salah satu jenis lobster, yang biasanya difungsikan untuk kuliner dan dimasak serta dijual dengan harga yang cukup mahal. Umumnya proporsi berkisar antara 35.000 hingga 80.000 khusus untuk di area Jakarta atau kota besar seperti Bandung dan Medan.

Bacaan Lainnya

Selain itu trend untuk bisa menyantap seafood dan juga makanan berbau laut seperti daging lobster ini sangat dipopulerkan sangat diminati dan juga meningkat. Namun karena tempat kuliner sendiri merasa kesulitan untuk memenuhi lobster dari laut. Maka mereka memutuskan untuk mengolah daging lobster dari air tawar. Hal ini ternyata tidak menyurutkan minat dan juga keinginan masyarakat Indonesia, untuk bisa wisata kuliner dan menikmati lobster air tawar.

Syarat Tumbuh Lobster Air Tawar

source kumparan
source kumparan

Sebelum memutuskan untuk melakukan budidaya tentu sangat penting agar kita mengetahui syarat tumbuh dari budidaya lobster tersebut. Jika dilihat dari syarat tumbuhnya ukuran kolam sendiri harus cukup besar. 

Karena nantinya lobster akan cepat tumbuh. Selain itu kadar air oksigen 4 ppm, disertai dengan suhu air kurang lebih 26 hingga 30 derajat celsius. Sedangkan untuk ph air bisa berada di ph netral mulai dari 7 hingga 8. Dengan adanya syarat tumbuh ini maka lobster tersebut akan tumbuh dan juga di budidaya dengan kondisi yang baik serta menguntungkan.

Bisnis dan Ternak Lobster Air Tawar

Lantas bagaimana sih pandangan para pebisnis mengenai usaha lobster air tawar ini? Sebenarnya ada banyak sekali yang mengatakan bahwa usaha ini cukup sulit untuk dijalankan. Tetapi jika sudah bisa kita bisa mendapatkan keuntungan bahkan hingga puluhan juta rupiah perbulannya.

Saat berusaha untuk mempelajari budidaya lobster ini kamu mungkin harus mengikuti beberapa kali seminar dan juga kelas pelatihan. Untuk memaksimalkan pemahaman mengenai budidaya lobster umumnya biayanya mulai dari 50.000 hingga 150.000 untuk seminarnya. 

Selain itu untuk usaha awal dibutuhkan modal kurang lebih 1 juta hingga 3 juta rupiah, untuk diolah sebagai modal. Sebenarnya bergantung pada jumlah atau pembesaran lobster yang kita ambil. Tidak lupa, area, alat dan bahan yang telah tersedia di rumah atau masih harus memilih sejak awal. Selain itu model juga digunakan untuk membeli indukan yang didapatkan dari tempat budidaya lobster pusat, yang umumnya terdiri dari beberapa lobster jantan dan juga betina.

Cara Ternak Lobster Air Tawar

source 99
source 99

Selanjutnya kita akan membahas mengenai cara budidaya lobster air tawar. Caranya memang ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan agar tidak salah berikut ini informasi lengkap ya.

1. Pembibitan

Pertama adalah proses pembibitan untuk bisa menciptakan hasil yang bagus kita harus bisa memilih lobster yang berkualitas tinggi. Agar bisa membedakan antara jantan dan betina. Perbedaan utama dari lobster air tawar baik jantan dan betina adalah warna capitnya umumnya jantan memiliki capit merah terang. Sedangkan betina relatif lebih gelap dan umumnya memiliki corak.

Ciri lain yang bisa dikenali apabila tersebut jantan. Umumnya memiliki lubang kecil di kaki ke-4 sedangkan terbang kecil tersebut berada pada di kaki kedua untuk betina. Hal penting lain ketika memutuskan untuk memilih indukan yaitu memastikan bahwa jantan dan juga betina bukan dari hasil indukan yang sama ataupun saudara.

Karena berpotensi merusak hasil benih dan menyebabkan hasil cacat. Usia minimal dari indukan adalah 6 bulan, dan memiliki tampilan yang cerah serta menawan dari indukan yang terlihat sakit karena bisa menimbulkan masalah ketika dilakukan pemijahan.

2. Ukuran Media

Selanjutnya adalah pembudidayaan dengan memperhatikan media hidup budidaya lobster memang cukup mudah. Apabila dibangun media khusus seperti parit dan juga tempat sejenisnya kamu bisa menggunakan model akuarium atau kolam tanah, untuk budidaya. Selanjutnya ukuran kolam harus dipersiapkan minimal 1 x 0,5 x 25 cm dan alternatifnya kamu juga bisa menggunakan kolam terpal dengan ukuran yang sama.

3. Perkawinan

Pada proses pengembangbiakan budidaya lobster ini harus memperhatikan perbandingan antara jumlah jantan dan betina yang berada di satu kolam untuk dikawinkan. Umumnya apabila terdapat 5 indukan betina. Maka sediakan 3 ekor jantan pada satu area pada proses perkawinannya.

Nntinya akan selektif memilih indukan betina mana yang akan menjadi pasangannya apabila dirasa tidak cocok. Ada baiknya untuk memisahkan antara indukan betina dan juga jantan yang tidak melakukan pemijahan. Selain itu tempat kan juga pipa paralon berukuran panjang 30 cm, dengan diameter 2 inchi. 

Tujuannya, untuk tempat lobster tersebut bersembunyi nantinya estimasi dari pemijahan tersebut. Hal ini dilakukan kurang lebih 2 minggu, barulah pada minggu ketiga indukan betina akan mulai bertelur dan mulai dilakukan pembesaran pada hasil perkawinannya.

4. Pembibitan

Jika sudah selesai melalui tahapan perkawinan. Maka selanjutnya adalah pembibitan ataupun pembesaran cara budidaya lobster tersebut. Dilakukan pada kolam terbuka ataupun akuarium dengan ukuran kurang lebih 100 x 30 cm x 50 cm.

Usahakan untuk membersihkan akuarium dan kolam dari zat-zat berbahaya. Misalnya bahan kimia ataupun bahan bahan tambahan yang tidak dibutuhkan. Karena hal tersebut akan membuat lobster lebih mudah atau cepat mati.

Jangan lupa untuk syarat budidaya harus dipenuhi sesuai dengan informasi di awal mulai dari ph. Kemudian suhu air, dan juga frekuensi pemberian makan cukup 2 kali sehari selama pagi dan juga sore hari. Untuk jenis pakan kamu bisa dapatkan di toko pancing terdekat.

Hama, dan Panen Lobster Air Tawar di Rumah

source mediaindonesia
source mediaindonesia

Selanjutnya hal yang paling penting dan harus diperhatikan adalah hama hewan dan tanaman. Umumnya tanaman seperti lumut bisa tumbuh di kolam dan hal tersebut ternyata membahayakan bagi lobster. Karena selain mengurangi adanya kandungan oksigen yang ada di dalam kolam tersebut lobster juga merupakan hewan sensitif .

Umumnya apabila ada gangguan maka akan menurun kualitas hidupnya. Sehingga dagingnya tidak terasa enak dan pada akhirnya mempengaruhi beberapa lobster yang hidup menjadi lebih mudah mati. Apabila kondisi ini terjadi pada kolam perkawinan maka pembibitan akan sulit dilakukan dan perkawinan, akan sulit dilakukan baik oleh lobster betina maupun lobster jantan.

Untuk panen, lobster umumnya menghasilkan 10 hingga 15 ekor saja. Bobotnya beragam disesuaikan dengan indukan yang digunakan, mulai dari 5 kg hingga lebih. Semakin besar ukurannya jika semakin mahal harganya. Agar kita bisa menghasilkan lobster yang besar, maka harus disesuaikan antara syarat tumbuh kolam yang baik dan juga pola makan yang teratur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *