Breaking News

Trik Budidaya Buah Plum Agar Berhasil dan Berkualitas

Budidaya buah plum mulai mendapatkan perhatian dari banyak pelaku budidaya di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan, sebab buah plum sendiri menyimpan banyak khasiat baik untuk kesehatan. Ya, buah plum atau prem adalah jenis buah yang termasuk dalam genus Prunus. Jenis buah ini masih memiliki kerabat dengan buah ceri dan persik. Ukuran dari buah plum terbilang kecil dan memiliki warna kulit merah matang yang menarik.

Ukuran buah plum hanya berkisar dari 2 sampai 7 cm saja. Bentuk buahnya oval atau bulat. Daging buah plum memiliki cukup banyak air dan bertekstur sedikit keras. Kulit dari buah plum ini sangat mulus karena memiliki semacam lapisan lilin alami yang menempel pada permukaan kulit buah plum. Ciri khas lain dari buah plum adalah biji yang mengelilingi daging buah dan berukuran relatif kecil. Biji inilah yag nantinya menjadi bibit untuk budidaya buah plum.

Trik Budidaya Buah Plum yang Berkualitas 

Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin membudidayakan buah plum, maka artikel ini adalah jawaban yang Anda cari. Pada dasarnya, buah plum bukan termasuk jenis buah yang cocok dengan iklim tropis. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa menanam buah ini. Agar budidaya berhasil, Anda membutuhkan beberapa trik supaya penanaman buah plum bisa berjalan lancar. Terutama pada saat awal penanaman. Inilah langkah budidaya buah plum yang bisa Anda ikuti:

1. Pahami Syarat Hidup Buah Plum 

budidaya buah plum
(sumber gambar: Mediatani.co)

Sebelum menanam buah plum, Anda harus memahami syarat tanam buah plum. Pertama, buah plum tidak bisa tumbuh dengan optimal di daerah yang terlalu kering. Namun buah ini juga tidak sesuai pada iklim yang terlalu basah. Sebab, akan meningkatkan resiko busuknya buah plum. Maka dari itu, pastikan lokasi budidaya tidak terlalu kering ataupun terlalu basah supaya buah plum bisa tumbuh dengan baik.

Kedua, bunga buah plum akan muncul pada awal musim semi. Pohon plum akan penuh bunga ketika masa ini tiba. Setelah itu, sekitar 50% atau setengah bagian dari pohon buah plum akan mengalami proses penyerbukan dan menjadi buah plum.

2. Tentukan Jenis Plum dan Pilih Bibit Terbaik

Langkah budidaya buah plum selanjutnya adalah memilih jenis plum yang akan Anda tanam. Anda bisa memilih jenis buah plum dari Australia atau yang memiliki sebutan Aussie Plum, Plum Amerika atau American Plum, dan Plum Jepang atau Japanese Plum. Setiap jenis plum ini akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, kebanyakan pembudidaya akan memilih jenis plum Australia dan Plum Amerika.

Setelah menentukan jenis plum mana yang akan Anda tanam, maka selanjutnya adalah memilih bibit plum berkualitas. Bibit yang berkualitas juga akan menghasilkan buah plum yang sehat. Pilihlah bibit plum dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki batang yang kuat, tidak bengkok, dan berukuran tidak terlalu kecil
  • Daun memiliki warna yang segar dan tidak kering
  • Akar kuat dan tidak kering

Itulah berbagai ciri bibit buah plum yang sehat. Usahakan membeli bibit dengan ciri-ciri tersebut supaya buah plum yang Anda hasilkan berkualitas. Untuk mendapatkan bibit, Anda juga bisa memperbanyaknya sendiri. Caranya bisa melalui proses vegetatif ataupun generatif. Cara terbaik untuk memperbanyak bibit adalah dengan melakukan cangkok. Umumnya, dalam waktu 6 sampai 1 tahun maka sudah bisa berbuah.

Baca Juga: Cara Menanam Durian Cepat Berbuah 

3. Penanaman Buah Plum 

budidaya buah plum
(sumber gambar: Limcorporation.com)

Budidaya buah plum bisa dilakukan dalam 3 (tiga) jenis penanaman. Pertama, menanam plum dalam pot. Kedua, menanam di dataran rendah. Ketiga, menanam plum di perkebunan. Anda bisa memilih cara mana yang sekiranya lebih mudah untuk Anda lakukan. Penjelasan tiap cara adalah sebagai berikut:

a. Menanam Buah Plum dalam Pot 

Budidaya buah plum bisa Anda lakukan di dalam pot atau yang disebut sebagai tabulampot. Plum bisa tumbuh dengan baik di dalam pot sehingga jika Anda tidak perlu khawatir untuk membudidayakannya dalam pot. Caranya, Anda cukup menyiapkan bibit buah plum yang berasal dari pencangkokan. Setelah itu siapkan pot dan pupuk kandang.

Isi pot dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Perbandingannya adalah 1 banding 1. Pupuk kandang bertujuan untuk menunjang nutrisi tanah agar buah plum bisa tumbuh dengan lebih subur. Jika sudah ditanam, Anda bisa menyiram buah plum satu kali sehari apabila tanah sudah terlihat kering. Jangan lupa meletakkan buah plum dan pot pada lokasi yang terkena sinar matahari langsung agar pertumbuhannya lebih optimal.

b. Plum di Dataran Rendah 

Budidaya buah plum di dataran rendah bisa dilakukan saat ketinggian bibit adalah sekitar 1 meter. Saat menanam plum di dataran rendah, maka usahakan ketinggian tidak berada lebih dari 600 meter diatas permukaan laut. Sebab, hal itu bisa membuat pertumbuhan plum menjadi tidak maksimal.

c. Menanam Buah Plum di Perkebunan 

Jika Anda bertujuan melakukan budidaya buah plum untuk tujuan komersil, maka pilihan terbaik adalah di perkebunan. Terutama perkebunan yang luas, terbuka, dan terkena sinar matahari secara langsung. Langkah pertama, Anda harus membuat lubang tanam buah plum lebih dulu.

Buat lubang tanam dengan kedalaman 20-40 cm dan berjarak sekitar 6 meter dari satu lubang ke lubang lainnya. Hal ini dibuat karena diameter pohon buah plum bisa lebih dari 10 cm. Setelah itu tanam buah plum pada lubang tanam yang sudah tersedia.

4. Perawatan dan Panen Buah Plum 

Untuk perawatan budidaya buah plum, pastikan untuk memangkas cabang pohon plum yang kering atau mati. Sebab, hal ini bisa turut mempengaruhi bagian pohon yang sehat. Khususnya jenis Plum Jepang yang membutuhkan pemangkasan lebih sering daripada jenis plum lainnya. Sementara untuk  penyiraman, Anda bisa menyiram pohon plum setiap minggu atau saat tanah terlihat kering.

Anda juga bisa menambahkan pupuk agar pertumbuhan buah plum menjadi lebih optimal. Perhatikan pula ancaman hama yang bisa menyerang buah plum. Meski sebenarnya pohon plum cukup kebal terhadap hama, bukan berarti pohon ini tidak bisa bisa terkena hama. Jenis hama yang bisa menyerang plum adalah kutu daun. Nah, agar tanaman terhindar dari kutu daun, Anda bisa menyemprotkan obat kimia atau obat alami.

Untuk pemanenan, buah plum terbilang fleksibel. Ada bisa memanen buah ini ketika tekstur buahnya masih keras atau belum matang dan bisa juga memanen setelah matang sepenuhnya di pohon. Jenis plum Eropa lebih baik dipanen saat buah sudah matang di pohon, karena rasanya akan lebih enak. Anda bisa menekan bagian buah dengan lembut. Jika kulit terasa lunak, maka plum siap dipanen.

Sementara untuk plum Jepang, akan lebih baik dipetik dahulu setelah itu buah akan matang disuhu ruangan. Kemudian Anda bisa menyimpannya di kulkas dan bisa bertahan mulai dari 2-4 minggu.

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan 

budidaya buah plum
(sumber gambar: Kumparan.com)

Meski memiliki bentuk yang kecil, ternyata manfaat buah plum sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika buah ini banyak menarik perhatian para pelaku budidaya tanaman. Dalam buah plum terkandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin K, serat, kalium, mangan, fosfor, dan zat besi. Tidak heran jika manfaat plum sangat banyak. Berbagai manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membantu Proses Penurunan Berat Badan 

Buah plum ternyata bisa Anda pilih sebagai buah pendamping proses penurunan berat badan atau diet. Pasalnya, kandungan kalori buah ini terbilang rendah namun tetap kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin C.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Tidak hanya untuk diet, konsumsi buah plum juga bisa mebantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda lho. Ini diakibatkan adanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah plum. Antioksidan inilah yang mencegah kerusakan sel tubuh akibat dari radikal bebas.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Manfaat terakhir buah plum adalah untuk pencernaan. Serat alami yang ada pada buah plum terbilang cukup tinggi. Maka dari itu, konsumsi buah plum bisa membantu melancarkan pembuangan feses dan menyehatkan saluran pencernaan. Konsumsi buah plum yang teratur juga berpotensi menghindarkan Anda dari resiko sembelit.

Itulah cara budidaya buah plum sekaligus manfaatnya untuk kesehatan. Pada dasarnya, buah plum adalah jenis buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Peluang budidaya plum juga masih sangat terbuka lebar. Jadi, bagi Anda yang ingin menanam buah ini, jangan ragu-ragu ya. Yuk, segera budidayakan buah plum sekarang juga!

Check Also

How do you start your own small-scale business (2)

How do you start your own small-scale business?

Hasilbumi.net – Name and logo creation are easy tasks. But what about the other crucial, yet …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *