Tutorial Budikdamber : Cara Budidaya Ikan dan Sayur di Dalam Ember

  • Whatsapp

Seiring berkembangnya teknologi ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk budidaya dan ternak ikan serta tanaman. Salah satunya yang paling  populer adalah Budikdamber atau singkatan dari budidaya ikan dalam ember. Uniknya, bukan hanya ikan saja tetapi bisa menanam sayuran air sekaligus. Simak tutorial budikdamber dan info lengkap cara melakukan budidayanya.

Apa itu Budikdamber

source Tribundepok

Bacaan Lainnya

Bagi yang belum tahu, budikdamber merupakan singkatan dari metode budidaya sederhana yaitu budidaya ikan dalam ember. Sesuai namanya budidaya ini memanfaatkan ember karena adanya kekurangan lahan para peternak ikan. Sedangkan kamu bisa memanfaatkan ember atau tempat terbatas tanpa harus kesulitan membudidayakan ikan.

Sayangnya, memang tidak semua jenis bisa. Hanya ikan seperti lele atau nila dan mujair saja yang masuk kedalam jenis ikan yang tidak mudah mati dengan metode ini. Hal lain yang bisa dilakukan dengan budikdamber yakni menanam sayuran air yang bisa dibesarkan dalam tempat yang sama misalnya saja kangkung. 

Budikdamber pertama kali dirilis oleh bapak Yuli Nursandi, sarjana asal kota Lampung yang memperdulikan mengenai lingkungan dan juga kesulitan orang kota yang ingin melepaskan penat atau menyalurkan hobi untuk bisa budidaya ikan dan sayuran. 

Nyatanya, cara ini bisa menjadi salah satu sumber uang dengan modal yang sangat murah. Bahkan tanpa perlu menggunakan lahan yang besar, kamu tetap bisa membesarkan ikan dengan jumlah banyak dan menjualnya. Dengan dua komoditi sekaligus yakni ikan dan sayuran.

Pembuatan Budikdamber

source Liputan6

Setelah memahami mengenai pengertiannya dan juga tutorial budikdamber. Selanjutnya bagaimana sih pembuatan metode ini? sebenarnya pembuatannya sangat mudah tidak memerlukan keahlian ataupun ketangkasan khusus. Kamu hanya perlu menyiapkan alat dan bahan serta memperhatikan bagaimana siklus pemeliharaan ikan dan  juga sayuran.

Seperti kangkung, ditambah lagi kamu juga harus memperhatikan pakan ataupun nutrisinya. Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal kangkung, dan ikan juga tidak cepat mati dan bisa berkembang biak dengan cepat.

Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang digunakan diantaranya yaitu:

  • Ember ukuran 10 liter (bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan)
  • Benih ikan lele yang berukuran 6-10 cm sebanyak 60-100 ekor
  • Bibit kangkung
  • Kawat kecil yang bisa di bengkokan disesuaikan dengan kebutuhan
  • Arang
  • Gelas plastic
  • Tang
  • Pakan ikan
  • Air bersih
  • Pisau atau Gunting
  • nutrisi tambahan seperti probiotik

Penggantian bahan bisa disesuaikan saat ikan dipanen. Terutama air yang digunakan untuk budidaya. Sehingga pastikan alat dan bahan yang digunakan bersih, tidak perlu mahal ataupun sulit untuk didapatkan bukan?

Tutorial Budikdamber

source kompas

Setelah membahas mengenai pengertiannya. Selanjutnya, langkah yang bisa dilakukan untuk bisa membuat budikdamber atau budidaya ikan dalam ember yang mudah. Jangan lupa pastikan untuk mempersiapkan alat dan bahan sebelumnya:

  1. Siapkan ember berukurang 10 Liter agar ikan bergerak dengan mudah. Selain itu, bisa juga menggunakan ember lebar, nantinya disesuaikan dengan ukuran air dan juga benih ikan yang diletakan.
  2. Setelah itu siapkan air mineral gelas, ataupun gelas plastik. Tujuannya untuk meletakan sayur diatas ember tersebut. Jangan lupa lubangi gelas plastik tersebut untuk bisa dilubangi dengan paku panas ataupun solder. Tidak perlu terlalu besar lubangnya namun bisa digunakan untuk masuknya air.
  3. Kemudian potong kawat lentur khusus kurang lebih 12-15 cm kemudian bengkokan layaknya huruf U.
  4. Lubangi di bagian atas kiri/kanan untuk mengaitkan kawat tersebut. Nantinya kawat akan dikaitkan dengan pinggiran ember agar tidak tenggelam atau terapung sembarang.
  5. Isi gelas dengan bibit sayuran khususnya kangkung yang telah ada akarnya. Potong dan sisakan bagian bawahnya/akarnya saja.
  6. Jika sudah selesai mengisi bibit, cukup isi gelas dengan arang 3/4 gelas saja. 
  7. Beralih ke budidaya ikannya, isi ember dengan air secukupnya, kemudian diamkan dulu 3 hari agar suhu stabil.
  8. masukan bibit ikan salah satunya lele kurang lebih 50 bibit per ember jika berukuran 10 liter.
  9. Kaitkan gelas yang berisi kangkung di bagian pinggir ember
  10. kangkung dapat dipanen berulang kali, sedangkan bibit lele yang sudah besar wajib dipanen dan yang dibudidayakan untuk ternak dipisahkan dari ember agar tidak menyerang lele lainnya.
  11. Jangan lupa beri makan ikan secara rutin jangan terlalu banyak agar tidak menutupi ember dengan sisa makanan.

Keuntungan Budidaya Ikan dan Sayur dalam Ember / Budikdamber

source beritalima

Lihat ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat memutuskan untuk menggunakan metode budikdamber diantaranya yaitu

1. Murah

Pertama keuntungan yang sangat penting dan seringkali disadari oleh pembudidaya yang menggunakan metode ini. Adanya modal yang sangat murah. Tidak perlu khawatir, karena biaya untuk budidaya ikan dan juga sayuran secara bersamaan ini , ahkan tidak memakan biaya hingga jutaan rupiah.

Kamu bisa menyesuaikan alatnya juga bahan serta benih yang digunakan dengan modal yang disediakan. Selain itu pilihlah ikan yang tidak mudah mati dan juga tidak terlalu sulit untuk memeliharanya. Misalnya ikan lele ataupun ikan nila. Dengan begitu kerugian akan lebih mudah ditangani dan benih ikan ataupun sayuran, bisa tumbuh dengan pesat.

Kamu bisa menjualnya dan menjadikannya sebagai ladang bisnis. Bahkan tidak jarang para pembudidaya menyebutkan seringkali untung. Karena pendapatan yang lebih besar dibandingkan dengan modal awal.

2. Mudah untuk Pemula

Keuntungan yang kedua yaitu mudah terutama untuk para pemula. Bagi yang ingin membuat aktivitas ataupun mengembangkan metode ini menjadi bisnis. Kamu hanya perlu mempelajari bagaimana merawat ikan dan juga sayuran. 

Dalam metode budidamber, bagi para pemula bahkan cara ini sangat mudah. Karena acaranya tidak memerlukan keahlian khusus. Cukup telaten dalam mengurus ikan dan sayuran, kemudian kedua komoditas tersebut dengan baik

3. Dapat Dikonsumsi dan Hemat Lahan

Ketika keuntungan yang bisa didapatkan yaitu memelihara ketahanan pangan. Terutama bagi kamu yang lebih senang untuk memanen makanan dari taman sendiri, dan juga tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas. Bahkan bisa jadi solusi untuk yang tinggal di perumahan.

Apabila tinggal di perkotaan dan juga menghadapi masalah yaitu kesulitan area tanam. Apakah kamu bisa menggunakan metode yang satu ini. Ditambah lagi beberapa orang biasanya lebih senang dengan makanan organik, yang ditanam langsung di taman rumah. Kamu bisa menggunakan cara mudik damber dan juga tutorialnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Menjadi Hobi Menarik

Terakhir keuntungan yang bisa didapatkan yaitu mengisi waktu dengan cara yang menguntungkan. Bagi beberapa orang yang mungkin sudah pensiun ataupun ingin mengisi kegiatan di rumah.

Kamu bisa menggunakan metode budidaya ini. Karena modalnya tidak terlalu besar tetapi bisa mendapatkan manfaat yang sangat banyak. Apabila tidak ingin dimanfaatkan sebagai bisnis kamu bisa mengolahnya menjadi sayuran untuk dikonsumsi secara pribadi, dan ikannya dikonsumsi untuk keluarga.

Itulah deretan informasi mengenai tutorial budikdamber, dan juga cara untuk melakukan budidaya ikan dan sayur di dalam ember sekaligus dengan benar dan tepat. Jangan khawatir lagi untuk bisa melakukan kegiatan positif yang menguntungkan ini. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *