Breaking News

Mengenal Varietas Mangga Miyazaki yang Viral!

Beberapa waktu lalu, mangga miyazaki menggemparkan dunia maya. Banyak masyarakat yang kaget dan heran dengan harganya yang mahal. Harga untuk 2 buah mangga miyazaki bahkan mencapai Rp.63.000.000. Wow, tentu harga yang sangat mahal hanya untuk buah mangga saja. Namun, pernahkah Anda bertanya, sebenarnya apa yang membuat mangga ini menjadi sangat mahal? 

Buah Mangga Miyazaki: Salah Satu Buah Termahal di Dunia 

buah mangga miyazaki
(sumber gambar: shopee.co.id)

Dunia kuliner termasuk buah memang selalu menghadirkan keunikan dan cerita tersendiri. Seperti cerita viralnya mangga miyazaki. Varietas mangga miyazaki berasal dari Jepang. Di negara asalnya, jenis mangga ini disebut sebagai Taiyo no Tamago. Dalam bahasa Inggris memiliki arti Sun Egg atau telur matahari. Warna mangga yang kuning membuatnya mirip seperti telur matahari. 

Negara Jepang memang terkenal akan kekuatan budaya mereka. Salah satunya adalah memberi buah-buahan kepada orang yang dihormati atau rekan bisnis. Bagi orang Jepang, buah bukan hanya sekedar simbol gizi dan makanan, tetapi juga bentuk “seni”. Maka dari itu, orang Jepang rela merogoh kocek yang tinggi hanya untuk membeli buah yang memenuhi standar tinggi. Contohnya mangga miyazaki. 

Lalu, apa yang membuat mangga miyazaki sangat mahal? Hal ini bukan tanpa alasan, karena rasa dan ciri fisik mangga miyazaki memang berbeda dengan mangga biasa. Bahkan banyak yang menyebut mangga ini sebagai mangga terlezat di dunia. Harga buah mangga miyazaki yang mahal juga berasal dari teknik budidayanya yang sangat rumit di Negara Jepang. 

Masyarakat Jepang harus membangun greenhouse dan menerapkan teknik khusus agar mangga miyazaki bisa berkembang dengan sempura. Apalagi Jepang adalah negara dengan 4 musim, sedangkan mangga termasuk ke dalam jenis buah tropis. Butuh usaha dan teknik yang benar agar mangga ini bisa tumbuh di Jepang. Tidak jarang, para pembudidaya mangga miyazaki menerapkan kedisipilinan dan perawatan yang sangat ekstra untuk perawatannya.

Baca Juga: Panduan Budidaya Buah Belimbing Cepat Berbuah 

Keunggulan Mangga Miyazaki Daripada Mangga Lain 

buah mangga miyazaki
(sumber gambar: pertanianku.com)

Inilah beberapa keunggulan buah mangga miyazaki yang membuat harganya sangat mahal:

1. Memiliki Tampilan yang Eksotis 

Mangga miyazaki memiliki warna kuning dengan gradasi merah yang sangat cantik. Kulitnya halus dan terdapat bintik-bintik kecil disekelilingnya. Kuncinya, semakin baik perawatan dan teknik budidayanya, hasil buah mangga miyazaki juga semakin bagus dan berkualitas.

2. Punya Reputasi yang Tinggi 

Reputasi mangga miyazaki memang sangat terkenal di seluruh dunia sebagai buah yang mahal. Hal ini turut membuat harga miyazaki menjadi semakin mahal. Bagai madu yang dikelelingi lebah, siapapun yang berhasil membudidayakan mangga ini, pasti akan viral dan banyak muncul diberbagai media.

3. Rasa dan Tekstur yang Unggul 

Keunggulan buah mangga miyazaki juga berasal dari rasa dan tekstur dagingnya. Daging mangga ini juga bewarna kuning cerah dan memiliki tekstur yang sempurna. Tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut. Kandungan air dalam daging mangga miyazaki juga terbilang cukup banyak sehingga segar ketika Anda memakannya.

4. Budidaya Lebih Mudah di Negara Tropis 

Bagi Anda yang tinggal di Indonesia, sepatutnya merasa senang karena budidaya mangga miyazaki lebih mudah di negara tropis seperti Indonesia. Seperti yang tertulis pada bagian sebelumnya, mangga adalah jenis buah tropis. Tidak heran jika penanamannya akan jauh lebih mudah di negara yang tropis juga.

5. Karakteristik Mangga Miyazaki  

Buah mangga miyazaki juga memiliki karakteristik yang unik dan berciri khas. Karakteristik tersebut diantaranya adalah:

  • Membutuhkan sinar matahari sepanjang masa penanaman
  • Penyiraman cukup 1 kali sehari dan tidak boleh terlalu sering
  • Menggunakan pupuk NPK daun 1 kali sebulan dan pupuk NPK buah saat masuk musim buah
  • Menggunakan humus dan tanah untuk media tanamnya
  • Tinggi bibit sekitar 40 cm
  • Baru menghasilkan buah setelah 2 tahun penanaman
  • Pembudidaya bisa menggunakan pot dengan diameter lebih dari 60 cm jika ingin menanam mangga miyazaki sebagai buah dalam pot

Dengan karakteristik tersebut, jelas buah ini memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda dari jenis mangga lainnya.

Teknik Perawatan yang Benar Agar Mangga Miyazaki Tumbuh Optimal 

buah mangga miyazaki
(sumber gambar: kompas.com)

Seperti yang Anda tahu, perawatan dari mangga miyazaki memang sangat kompleks. Jika Anda tertarik untuk menanam mangga ini, berikut tips yang harus Anda perhatikan:

  1. Jangan sampai membiarkan pohon mangga memiliki tinggi lebih dari 2 meter. Selalu pangkas secara berkala agar ketinggiannya konsisten. Pemangkasan juga berfungsi untuk meremajakan pohon miyazaki dan memancing agar bunganya cepat muncul
  2. Setiap cabang pohon yang ada, harus digantung dengan posisi menjulag keatas. Ini bertujuan agar serangga yang akan melakukan proses penyerbukan menjadi lebih mudah dan terbantu.
  3. Amati pertumbuhan buah mangga. Jika ada yang tumbuh tidak normal atau tidak bisa berkembang, maka potong dengan segera. Tujuannya supaya pertumbuhan mangga yang gagal tidak mempengaruhi buah lainnya yang masih sehat.
  4. Berikan kertas atau aluminium foil pada bagian bawah mangga yang sehat. Kerta dan aluminium foil ini akan memantulkan cahaya matahari ke buah. Dengan begitu, seluruh bagian buah mangga miyazakii mendapatkan sinar matahari dengan optimal dan perkembangan warnanya menjadi sangat indah.
  5. Jika buah sudah matang, Anda harus mengganti bungkus kertas dan alumunium foil dengan jaring. Jaring akan berfungsi untuk melindungi mangga ketika jatuh ke tanah agar tidak rusak tekstur buahnya. Para petani Jepang memang membiarkan mangga miyazaki matang dengan alami hingga jatuh ke tanah. Sebab, rasanya akan jauh lebih manis dibanding yang dipanen oleh manusia.
  6.  Kumpulkan buah mangga miyazaki yang jatuh di tanah kemudian bersihkan. Packing dengan kemasan yang ekslusif dan mewah supaya meningkatkan daya jual mangga miyazaki.

Budidaya Mangga Miyazaki di Indonesia

Sebagai negara yang tropis, miyazaki memang sangat sesuai ditanam di Indonesia. Ada banyak pembudidaya yang sudah berhasil menanam varietas mangga ini di Indonesia. Contohnya seperti pembudidaya asal Kabupaten Majalengka, Jawa Barat bernama Henda M. Suhenda. Meski begitu, jumlah budidaya mangga miyazaki memang masih sangat terbatas meski sudah ada perkumpulan atau ikatan yang menaungi pembudidaya mangga miyazaki.

Sebut saja Ikatan Alumni Mangga Jepang (IKAMAJA) yang menjadi wadah bagi pembudidaya mangga miyazaki di Indonesia. Namun, jika Anda ingin mencoba menanam buah ini, Anda bisa membeli bibit buah mangga miyazaki di berbagai marketplace populer Indonesia. Perawatan mangga ini memang sangat kompleks dan rumit, sehingga jumlah pembudidaya juga masih terbatas di Indonesia.

Itulah informasi seputar viralnya mangga buah mangga miyazaki. Harga mangga yang fantastis memang sebanding dengan perawatannya yang sangat rumit dan kompleks. Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba membeli bibit miyazaki kemudian tanam. Tidak lupa dengan menerapkan berbagai tips seperti yang sudah tertulis diatas. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menanam jenis mangga ini? Semoga informasi ini menambah wawasan dan pengetahuan Anda ya!

Check Also

5 Cara Menanam Buah Bit agar tumbuh baik

Bit adalah bagian akar dari tanaman bit yang umum dikenal di Kanada dan Amerika Serikat. Bit memiliki warna buah merah seperti bawang merah saat dimasak. Jadi bagaimana bit Anda bisa tumbuh? Kali ini, hasilbumi akan berbicara tentang bagaimana Anda bisa menanam tanaman bit. Cara menanam bit yang ringkas dan sederhana, sehingga mudah dipahami bagi pemula. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.